Daftar Stadion Terbesar, Terbaik dan Termegah di Indonesia

Stadion Terbesar, Terbaik dan Termegah Stadion secara bahasa berarti lapangan olahraga yang dikelilingi sebuah bangunan megah dan terisi banyak tempat duduk dan tempat berdiri untuk penonton.

Fungsi dari stadion ialah sebagai sarana dan prasarana untuk penonton, official club dan lain-lain.

Didalam bangunan ini terdapat ribuan bahkan puluhan ribu tempat duduk untuk menonton pertandingan secara langsung.

Selain untuk menggelar pertandingan sepak bola, terkadang bisa dipergunakan untuk olahraga dan acara lain semisal, atletik hingga konser.

Di seluruh dunia terdapat banyak sekali stadion, dari yang berkapasitas sedikit hingga kapasitas yang luar biasa banyak, dari yang bangunannya biasa saja hingga bangunan yang super megah dan besar.

Untuk saat ini, penyandang gelar stadion terbesar di dunia adalah stadion “Rungrado 1st Of May Stadium” milik Korea Utara. Stadion ini dibangun pada 1 Mei 1989 dengan kapasitas 150.000 tempat duduk.

Sedangkan di Indonesia sendiri juga mempunyai banyak stadion besar dan megah, dan salah satunya termasuk dalam stadion terbesar di dunia.

Penasaran stadion mana saja yang termasuk stadion megah dan besar di Indonesia? Berikut daftarnya.

Stadion Terbesar, Terbaik dan Termegah di Indonesia

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

stadion terbesar di indonesia
wallper.net

Stadion Gelora Bung Karno atau biasa disingkat menjadi Stadion GBK merupakan stadion yang paling populer dan salah satu termegah di Indonesia. Lokasi stadion Utama Gelora Bung Karno terletak di Jl. Pintu Satu Senayan, Jakarta.

Stadion Gelora Bung Karno dibagun pada 8 Februari 1960 dengan kapasitas awal hingga 100. 000 tempat duduk. Tetapi sesudah direnovasi pada 2007, kapasitas tempat duduknya dikurangi menjadi lebih kurang 88. 306 tempat duduk.

“Video Stadion Gelora Bung Karno”

2. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

stadion termewah di indonesia
stadiongbla.blogspot.com

Gelora Bandung Lautan Api ini dulunya terkenal dengan nama Stadion Gedebage. Stadion ini diresmikan pada tahun 2013 lalu. Stadion Gelora Bandung Lautan Api berlokasi di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Bandung.

Stadion ini adalah stadion yang dipakai oleh Persib Bandung untuk melakukan pertandingan kandang untuk menggantikan stadion sebelumnya, yaitu stadion Jalak Harupat.

Stadion ini mempunyai kemampuan menampung penonton sekitar 40. 000 orang. Kabaranya satu diantara stadion megah di Indonesia ini akan di beri papan billboard LED di tepi lapangan.

“Video Stadion Gelora Bandung Lautan Api”

3. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)

stadion terbaik di indonesia
miner8.com

Stadion Gelora Bung Tomo mulai dibangun pada tahun 2007 lalu diresmikan pada tahun 2010 lalu. Stadion ini merupakan pengganti Stadion Gelora 10 Nopember yang dipakai oleh Persebaya Surabaya.

Stadion yang umum disingkat menjadi stadion GBT ini berlokasi di Benowo, barat kota Surabaya. Stadion ini mempunyai kemampuan menampung penonton sekitar 55. 000 penonton.

Stadion Gelora Bung Tomo merupakan bentuk nyata Surabaya untuk kembali mencapai predikat kota penghasil atlet berprestasi di Indonesia.

“Video Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)”

4. Stadion Utama Riau

stadion terbaik dan terbesar di indonesia
www.kompasiana.com

Stadion Utama Riau ini selesai di bangun pada tahun 2012 yang lalu dan sudah digunakan untuk beragam event nasional diantaranya PON RIAU, Islamic Solidarity Game, serta Kualifikasi Piala Asia U22 Riau.

Stadion Utama Riaumempunyai kemampuan menampung penonton kurang lebih sekitar 44. 000 penonton. Sarana stadion sudah tersertifikasi A oleh AFC, dengan lampu, rumput, dan papan score yang berstandar Internasional.

“Video Stadion Utama Riau”

5. Stadion Jakabaring

stadion paling membanggakan di indonesia
www.skyscrapercity.com

Stadion Jakabaring Palembang di bangun dalam rangka untuk persiapan provinsi Sumatera Selatan menjadi tuan rumah PON XVI pada tahun 2004 yang lalu.

Stadion ini kini menjadi kebanggaan rakyat Palembang lantaran mempunyai kapasitas , fasilitas dan desain yang mengagumkan.

Stadion Jakabaring Palembangmempunyai sertifikasi stadion A oleh AFC, sehingga stadion di percaya untuk mengadakan sebagian event besar didunia sepak bola seperti penyelenggaraan AFC Cup, Piala Asia, dan Sea Games.

“Video Stadion Jakabaring”

6. Stadion Aji Imbut Tenggarong

stadion megah di indonesia
kutairaya.com

Stadion Aji Imbut Kutai Tenggarong mulai dibuka pada 18 Juni 2008, dengan menghabiskan biaya sekitar Rp. 899 Miliar. Stadion ini memiliki kapasitas diatas 40.000 penonton serta memiliki fasilitas penunjang yang sangat lengkap.

“Video Stadion Aji Imbut Tenggarong”

7. Stadion Palaran

stadion terbaik di indonesia
www.kompasiana.com

Stadion Utama Palaran adalah sebuah stadion serbaguna di Kota Samarinda, Kalimantan Timur yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Kompleks Stadion Utama Kaltim.

Stadion ini memiliki kapasitas 50.000 penonton lebih yang dilengkapi dengan kamera CCTV.

Stadion ini menjadi tempat diselenggarakannya acara pembukaan PON XVII, pada tanggal 5 Juli 2008, dan penutupan PON XVII, pada tanggal 17 Juli.

“Video Stadion Palaran”

8. Stadion Maguwoharjo

stadion terbagus dan terbaik di indonesia
www.bola.com

Stadion Maguwoharjo adalah sebuah stadion sepak bola di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, yang juga merupakan markas klub sepak bola PSS Sleman.

Stadion ini dibangun pada tahun 2005 dan mengalami pembenahan pada tahun 2007 akibat dari gempa bumi yang terjadi pada 27 Mei 2006.

Stadion Maguwoharjo memiliki kapasitas 40.000 penonton. Stadion ini memiliki tipe Stadion Sepak bola .odern dengan konsep “Mini San Siro”.

Ciri khas stadion ini adalah terdapat menara yang terletak di empat penjuru stadion dengan tangga berputarnya.

“Video Stadion Maguwoharjo”

Demikian daftar stadion terbesar di Indonesia. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment