Sejarah, Pengertian, Manfaat, Cara dan trik Bermain Fidget Spinner

Fidget Spinner Akhir-akhir ini kamu pasti sering melihat mainan unik yang berseliweran di media social kan? Bentuknya unik, ada yang yang seperti shuriken, Batman, tamen Captain America, Laba-laba, ada yang berwarna warni dan lain-lain.

Yap, mainan itu namanya fidget spinner dan saat ini sedang populer di kalanagan para remaja Indonesia. Sebenarnya apa itu fidget spinner dan bagaimana sejarahnya?

Oke, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai sejarah, pengertian, manfaat dan trik memainkan fidget spinner.

Kami menjual FIDGET SPINNER dengan harga MURAH dan banyak variasi modelnya. Untuk tahu variasi model spinner yang ready dan harganya, silahkan Anda kunjungi Katalog Harga Fidget Spinner Murah Terbaru

Sejarah Fidget Spinner

Mainan Fidget Spinner ini pertama kali di patenkan pada tahun 1996 oleh Catherine A Hettinger. Dia berharap dengan mainan unik yang ia ciptakan ini bisa membuat seseorang dapat mengurangi dan menghilangkan berbagai kebiasaan buruk seperti menggigit kuku serta menghilangkan kebosanan.

Direktur Time Psycology, Rachel Andrew menerangkan bahwa Fidget Spinner dipercaya mampu menjadi alat untuk membantu orang-orang yang menderita gangguan psikologis seperti mudah gelisah, gangguan kecemasan, sulit fokus, serta Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

Akan tetapi, karena hak paten dari mainan tersebut sudah kadaluarsa maka banyak perusahaan yang langsung berlomba-lomba untuk mengembangkan mainan unik tersebut, sehingga dari segi bentuk dan tampilan menjadi jauh lebih menarik seperti sekarang ini.

Walaupun fidget spinner ini di Amerika sudah lama populer, namun di Indonesia mainan berbentuk baling-baling ini baru saja populer dan menjadi tren saat ini.

Meskipun sebenarnya masih banyak orang yang belum mengerti mainan ini apa dan mengapa banyak orang memainkannya.

Pengertian Fidget Spinner?

Jika dilihat dari namanya saja kita tentu sudah tahu fungsi dari mainan satu ini. Fidget dalam bahasa Indonesia sendiri mempunyai arti gelisah atau cemas, sedangkan spinner berarti pemutar. Jadi secara harfiah, nama mainan ini mempunyai arti sebuah alat pemutar yang dimainkan untuk mengurangi rasa bosan/kebosanan.

Fidget spinner merupakan sebuah mainan EDC (every day Carry) yang diciptakan untuk menghilangkan kebiasan-kebiasaan buruk Anda yang menjengkelkan, seperti menggigit kuku, menggaruk-garuk kepala, merokok dan kebiasaan buruk lainnya.

Saat ini fidget spinner menjadi salah satu mainan yang populer, sudah banyak orang yang menggunakan Fidget Spinner ini untuk menghilangkan kebosanan dan mengurangi kebiasaan buruk mereka. Dan BERHASIL!!

Kenapa Dinamai Fidget Spinner?

Dinamakan Fidget Spinner karena jenis mainan ini berfungsi sebagai benda pengganti bagi orang yang suka fidgeting atau melakukan kebiasaan seperti, memainkan tutup pulpen, memutar buku, menggigit kuku jari dan kebiasaan buruk lainnya.

Jenis mainan ini pastinya tidak mengganggu orang lain sebab memang tidak berisik. Selain itu, Fidget Spinner juga bisa meningkatkan focus seseorang  dalam mengerjakan suatu hal seperti membaca buku dan lain sebagainya.

Informasi Mengenai Fidgetting

Apakah Anda bingung memikirkan sesuatu atau gagasan, lalu tangan Anda tanpa sadar ketok-ketok meja? Atau Anda menggigit tutup bullpen ketika sedang memikirkan jawaban dari soal ujian yang ada didepan mata?

Nah, itulah yang dimaksud dengan Fidgetting.

Fidgeting ialah sebuah gerakan yang dilakukan tanpa sadar akibat dari rasa gelisah, kebosanan atau gabungan dari keduanya.

Fidgeting ini disebabkan oleh gen atau oleh alam bawah sadar seseorang. Umumnya fidgeting dilakukan dengan jari yang melibatkan rambut, dengan memakai barang yang ada di sekitarnya atau dilakukan dengan menggerakkan kaki secara berulang-ulang.

Tindakan fidgeting antara orang satu dengan lainnya itu berbeda-beda, kebanyakan dari fidgeting menjadi sebuah kebiasaan yang menjengkelkan bahkan negative.

Oleh karena itu, fidget spinner dapat menjadi solusi paling ampuh untuk menghilangkan rasa bosan dan kebiasaan buruk.

Penjelasan Mengenai Fungsi Fidget Spinner

Percaya gak kalau ternyata hanya dengan muter-muterin spinner ternyata berdampak positif pada hidup kamu.

Memang masih belum terbukti soal manfaatnya ini. Tapi, paling tidak mainan yang lagi happening ini mempunyai dampak baik yang tidak bisa dianggap remeh.

Fungsi dan Manfaat Fidget Spinner

Nah, mau tau apa saja sih manfaat fidget spinner yang sebenarnya? Kuy,baca artikel ini sampai selesai.

1. Menghilangkan Kebiasaan Fidgetting

Fidgeting adalah sebuah aktivitas yang dilakukan secara tidak sadar akibat dari rasa gelisah, rasa bosan atau gabungan dari keduanya.

Fidgeting disebabkan oleh gen atau oleh alam bawah sadar seseorang. Biasanya fidgeting dilakukan dengan jari yang melibatkan rambut, dengan memakai barang yang disekitarnya atau juga dilakukan dengan pergerakan kaki yang berulang-ulang.

Tindakan fidgeting antara orang yang satu dengan lainnya itu berbeda-beda, kebanyakan dari fidgeting menjadi kebiasaan yang menjengkelkan bahkan negative.

Oleh sebab itu, fidget spinner dapat menjadi solusi paling baik untuk menghilangkan rasa bosan dan kebiasaan buruk.

2. Melatih Ketangkasan Jari

Yah, percaya atau enggak buat kamu yang jarinya sering kaku, itu berarti kamu jarang melatih otot jari kamu, ya kan?

Nah, fungsi hand spinner salah satunya adalah bisa membuat jari kamu lebih lentur. Dan buat kamu yang baru nulis dikit capek, nah mainan ini cocok banget buat kamu.

3. Sebagai Obat Strees

Banyak orang yang mengatakan dengan memainkan hand spinner, strees akibat rasa bosan yang tinggi akan menghilang dengan sendirinya. Kalau kamu gak percaya coba deh mainin. Karena fokusmu dengan waktu akan beralih menjadi fokus terhadap fidget spinner.

4. Menghilangkan Kebiasaan Buruk) Merokok

fidget spinner ia berhenti dari kebiasaan merokok. Saat merokok orang selalu menggunakan tangan, sehingga tangan terbiasa memegang rokok dan efek menenangkan rokok ini direkam otak.

Ketika kegiatan ini berhenti (merokok) maka otak secara refleks akan mencari cara agar mendapatkan rasa yang sama. Sehingga kadang orang yang akan berhenti merokok lebih sering risau dan tangan terasa “aneh”, entah itu capek atau kaku.

Apabila terus didiamkan maka akan muncul kembali keinginan untuk memegang rokok, selain dari dorongan tubuh karena kekurangan asupan nikotin.

Oleh sebab itu dengan adanya Fidget Spinner bisa membantu mengatasi rasa tersebut dan mempermudah keinginan untuk berhenti merokok. Boleh juga nih buat kamu yang katanya ingin hidup sehat.

5. Bisa Menjauhkan Diri Dari Perbuatan Yang Tidak Terpuji

Yoih, kalau manfaat ini sih udah pasti bener. Contohnya nih ya, kamu gak bakal punya pikiran ngerampok bank kalau jari tangan kamu fokus untuk bermain fidget spinner. Bener gak sih gengs? Bener aja udah biar kelar.

6. Meningkatkan konsentrasi

Pada penelitian di New York menunjukan bahwa bekerja menggunakan tangan dapat meningkatkan memori dan kreatifitas, sebagai contoh kita akan lebih cepat menerima informasi bila menulis menggunakan pensil dan kertas daripada menggunakan keyboard.

Salah satu studi pada 2005, anak-anak yang diperbolehkan “fidgetting” selama kelas mampu belajar lebih cepat dari mereka yang tidak diperbolehkan “fidgeting”.

Itulah 6 manfaat positif spinner. Memang sih belum terbukti secara klinis fungsi-fungsi diatas. Tapi, jika alasannya positif maka gak ada salahnya kan buat dicoba. Tertarik gak kalian buat nyoba mainan keren ini?

Cara Bermain Fidget Spinner

Cara memainkan fidget spinner ini cukup sederhana dan sangat mudah, kamu hanya perlu memegang mainan dengan dua jari lalu memutarnya, bisa menggunakan jari tengah ataupun telunjuk. Kamu pun akan merasakan sensasi nikmatnya Fidget Spinner yang sedang berputar.

Jenis dan Trik Bermain Fidget Spinner yang Bisa Bikin Kamu Semakin Jago

1. Teknik Dasar (Menyeimbangkannya di Jari)

Trik ini adalah dasar yang harus kamu kuasai sebelum mempelajari trik-trik Fidget Spinner yang jauh lebih rumit. Caranya pun cukup gampang dan sederhana, kamu hanya perlu menyeimbangkan Fidget Spinner di jarimu.

2. Juggling

Di sini kamu tidak hanya menyeimbangkan Fidget Spinner di jarimu, akan tetapi kamu juga harus melempar-lempar fidget spinner tersebut dari satu tangan ke tangan lain.

3. Juggling Finger

Meski sama-sama juggling, tetapi yang membedakannya adalah juggling dari jari ke jari lainnya. Trik yang ini lumayan sulit untuk dilakukan, mengingat kamu butuh keseimbangan yang prima dan pastinya kualitas Fidget Spinner yang digunakan tidak sembarangan.

4. Double Throw

Jika kamu sudah menguasai trik bermain Fidget Spinner di atas, maka waktunya belajar trik yang jauh lebih sulit dan ekstrim, namanya adalah Double Throw.

Disini kamu tidak hanya menggunakan satu fidget spinner, tapi memakai dua Fidget Spinner sekaligus! Beh, susah bro, butuh keterampilan yang sangat luar biasa untuk bisa menggunakan trik ini.

Dengan hadirnya beragam trik di atas, maka turut membuat para pengembang semakin kreatif untuk menciptakan berbagai macam jenis Fidget Spinner agar semakin memanjakan para pengguna fidget spinner.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment