Yuk, Mengenal Lebih Dekat Kelinci Flam (Beserta Ciri-cirinya)

Kelinci Flam Kelinci adalah mamalia dari keluarga Leporidae. Binatang yang pada mulanya berkembang biak di Afrika sampai daratan Eropa itu mempunyai tampilan yang menggemaskan untuk dijadikan hewan peliharaan.

Kelinci flam merupakan salah satu kelinci yang banyak dikembangkan dan yang paling terkenal adalah kelinci jenis Flemish Giant.

Kelinci flam mempunyai tubuh yang benar benar bongsor dibanding jenis kelinci lain karenanya banyak diternakkan dengan tujuan diambil dagingnya.

Diberi nama flam berasal dari kata flemish. Ciri utama kelinci jenis ini ialah ukuran tubuhnya yang begitu besar, mempunyai bulu pendek serta kasar. Bobot induk kelinci jantan dapat sampai 8,5 kg, sementara kelinci betina bobotnya bisa mencapai 6,7 kg.

Kelinci varian ini diduga berasal dari Argentina. Hal itu ditunjang oleh fakta didapatkannya varian kelinci patagonia di wilayah tersebut di abad 14 sampai abad 17. Kemudian kelinci jenis ini dibawa sejumlah pelaut dari Belanda pada abad 16.

Sesudah itu, kelinci ini tersebar nyaris ke seantero penjuru dunia. Di Indonesia kelinci jenis ini sering dijumpai pada beberapa lokasi peternakan kelinci atau pada lokasi penjualan hewan peliharaan sebab agaknya masyarakat lebih suka menjadikannya sebagai hewan peliharaan ketimbang untuk dimakan.

Ciri lain kelinci jenis ini ialah mempunyai telinga panjang dan tebal menjuntai. Kelinci raksasa ini mempunyai tulang pinggul menonjol, akibatnya ketika berdiri tegak gayanya tak begitu bagus.

Tergolong jenis kelinci yang pandai dan penurut. Dalam beberapa bulan saja kelinci ini akan ingat dengan nama panggilan yang biasa didengarnya.

Keunikan lain dari kelinci ini ialah dia paham bagaimana membuang kotorannya sendiri. Sehingga anda tak usah repot repot mengajari cara membuang kotorannya. Tak aneh apabila masyarakat tertarik menjadikan kelinci ini menjadi binatang klangenan di rumah.

Kendati harganya mahal, kelinci flam selalu saja diburu orang. Dengan kisaran harga mulai 300 ribu hingga 900 ribu Rupiah. Bahkan, dapat berharga jutaan apabila bobotnya lebih besar.

Ukurannya yang super besar ini menjadikan kelinci ini sebagai favorit bagi peternak kelinci pedaging, sebab daging karkasnya lebih tinggi ketimbang kelinci lokal.

Di samping itu tingkat pertumbuhannya pun lebih cepat. Satu lagi, kelinci flam ini gampang menyesuaikan diri dengan tempat yang baru dan tidak gampang stres.

Leave a Comment