2 Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Membuat Website

Di jaman sekarang, siapa sih yang gak tahu website? Mayoritas orang akan mencari informasi yang dibutuhkan melalui internet, dan nantinya akan di arahkan ke suatu website tertentu sesuai dengan keyword yang di cari.

Untuk membuat sebuah website Anda perlu mempersiapkan beberapa hal. Ingin tahu hal-hal apa saja itu? Simak penjelasan dari masirul.com di bawah ini.

1. Menentukan Tujuan

Setiap orang yang akan membuat sebuah website, sebelumnya harus mempunyai tujuan terlebih dahulu. Membuat website tanpa tujuan akan menyusahkan Anda dalam manajemen kerja.

Ada beberapa tujuan dalam membuat website, namun secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu tujuan bisnis dan tujuan nin-bisnis.

Contoh website yang di tujukan untuk bisnis adalah websie toko online, karena dasarnya adalah bisnis toko online hanya menampilkan informasi terkait barang atau produk yang di jual.

Misalnya toko online herbal, maka yang di tampilkan adalah artikel tentang jualan herbal atau artikel tentang inforasi herbal yang terkait dengan produk yang di jual.

Website yang memiliki tujuan non-bisnis biasanya berisi konten yang bermotif sosial, politik, ideologi, keagamaan, dll. Sebagai contoh website dari organisasi lingkungan hidup/LSM, website partai politik, website instansi pemerintah, dan lain sebagainya.

Namun, website yang memiliki konten demikian tak selamanya tidak memiliki motif bisnis. Sebagai contoh banyak website-website keagamaan yang memiliki konten tentang sejarah suatu agama atau tokoh agama, tata cara beribadah, motivasi-motivasi rohani yang ternyata disisipi iklan yang sifatnya menawarkan produk tertentu, sehingga website demikian masih tergolong atau bisa diklasifikasikan sebagai website bertujuan untuk bisnis.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan berfokus pada pembelajaran mengenai cara membuat website yang bertujuan untuk bisnis.

2. Menyiapkan Pendanaan

Untuk membuat website setidaknya anda harus mengeluarkan sedikit modal agar web anda bisa mengudara di dunia maya. Memang betul, banyak sekali fasilitas gratis yang disediakan oleh blogspot, wordpress, atau pun penyedia hosting lainnya yang menyediakan fasilitas secara gratis.

Namun, walaupun gratis biasanya memiliki keterbatasan dari segala sisi, seperti nama domain yang masih numpang seperti “namadomain.blogspot.com” atau “namadomain.wordpress.com”, ada pula hosting gratis namun space-nya kecil sehingga tidak bisa memuat banyak data yang hendak kita publish ke internet, atau ada juga yang tidak bisa diinstall oleh beberapa platform seperti website berbasis flash, joomla, dll.

Biaya-biaya yang umumnya dikeluarkan untuk membuat website antara lain:

• Biaya Domain

Domain adalah nama alamat yang akan mengarahkan ke isi website anda. Dalam menentukan nama domain, usahakan sesuai dengan isi website anda, tidak terlalu panjang, mudah diingat dan mengandung gambaran dari website anda. Anda bisa memilih extensi domain seperti .com .org .info .net .biz .cc .co.id .or.id .tv .ac.id .gov.

Memiliki nama domain sendiri merupakan keuntungan bagi kredibilitas website kita, apalagi jika website itu dibuat untuk perusahaan. Akan sangat tidak elegan sekali jika ada perusahaan yang tidak mau mengeluarkan biaya untuk domain dan hosting. Nama domain sendiri akan memberikan kesan profesional bagi website anda.

• Biaya Hosting

Hosting adalah tempat menyimpan file-file atau script yang menyusun tampilan dan fungsi-fungsi yang ada di website. Apabila anda hendak memasukan gambar yang cukup banyak, video, animasi, dll. anda tentu harus memiliki hosting dengan kapasitas yang besar.

• Biaya Desain Template/Appearance

Biaya ini biasanya dikeluarkan jika anda tidak memiliki desain sendiri atau tidak mau menggunakan template gratisan yang bisa kita dapatkan di internet.

Template-template premium memang biasanya dihargai cukup mahal oleh pembuatnya. Oleh karena itu, banyak desainer-desainer yang menciptakan dan mendapatkan penghasilan dari penjualan karya-karyanya.

• Biaya Maintenance

Biaya ini biasanya dikeluarkan oleh perusahaan yang tidak sanggup mengelola webya sendiri. Oleh karena itu, siapapun yang memiliki website, hendaknya ia bisa memaintain dan mengoptimasi sendiri.

Poin nomor 1 dan 2 adalah hal mutlak yang harus anda siapkan untuk memiliki website sendiri. Harga yang bisa dikeluarkan bervariasi tergantung penyedia. Jika anda ingin memiliki hosting berkualitas dengan space dan bandwidth yang cukup besar anda bisa membeli nya di web hosting Hostinger.

Hostinger memiliki 3 paket shared web hosting dengan harga yang bisa dibilang sangat terjangkau. Web hosting single ditujukan untuk pemula dalam dunia web hosting atau blogging. Cukup 9900 untuk bisa mendapatkan paket ini per bulan.

harga paket web hosting Hostinger

Web hosting premium cocok dipilih untuk blog atau website yang mulai berkembang. Harganya juga tidak terlalu mahal, cukup dengan Rp19.989 per bulan. Paket web hosting terakhir ini ditujukan untuk website yang sudah maju dan butuh resource yang lebih besar.

Hal menarik lain dari Hostinger adalah pengguna bisa dapat domain gratis jika memilih paket web hosting premium atau bisnis selama setahun. Selain itu Hostinger juga memiliki fitur website builder yang bisa dimanfaatkan untuk mendesain website atau blog sehingga terlihat menarik dan profesional.

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.