Inilah 10 Masjid Terindah di Benua Asia yang Anda Harus Tahu

Masjid Terindah di Asia Lebih dari 60% presentase populasi muslim di dunia tinggal di Asia, yang tersebar di berbagai negara, di berbagai negara tersebut berdiri tempat ibadah kaum muslim yang indah-indah. Namun, di antara masjid-masjid tersebut ada 10 masjid  yang terindah.

Berikut gambar-gambar 10 mesjid terindah yang ada di benua Asia.

1. Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi, UAE

Masjid Sheikh Zayed adalah masjid terbesar di UEA. Masjid ini dapat menampung lebih dari 40.000 orang. Bahan-bahan alami seperti marmer, emas, batu semi mulia, kristal dan keramik digunakan untuk membangun masjid yang indah ini.

Halaman Masjid dibuat dari mosaik marmer terbesar di dunia seluas 180.000 kaki persegi. Biaya Konstruksi masjid ini menghabiskan dana sebesar 2 miliar dirham (US $ 545.000.000)

2. Masjid al-Haram, Makkah, Saudi Arabia

Juga disebut The Masjidil Haram atau The Grand Mosque, Masjid al-Haram adalah masjid terbesar di dunia. Hal ini dapat menampung hingga dua juta orang.

Ka’bah terletak di tengah masjid ini. Al-Masjid al-Haram mempunyai area seluas 356.800 meter persegi dan menjadi salah satu tempat pertemuan tahunan terbesar di dunia, Haji dan Umrah.

3. The Crystal Mosque (Masjid Kristal), Malaysia

The Crystal Mosque yang juga dikenal sebagai Masjid Kristal, Masjid Kristal adalah struktur bangunan mesjid besar yang terbuat dari kaca, baja dan kristal.

Mesjid ini berada di Islamic Heritage Park di Kuala Terengganu, Terengganu, Malaysia. Pembangunan masjid ikonik dimulai pada tahun 2006 dan dibuka pada tanggal 8 Februari 2008. memiliki kapasitas lebih dari 1.500 orang

4. Masjid Sultan Ahmed, (The Blue Mosque),di Istanbul, Turkey

Masjid bersejarah ini dikenal sebagai Masjid Biru karena keramik biru yang digunakan pada dinding interior nya. Desain masjid merupakan puncak dari dua abad pembangunan masjid Ottoman.

Juga salah satu masjid tertua di dunia; dibangun dari 1609 sampai 1616. Masjid biru adalah salah satu dari dua masjid di Turki yang memiliki enam menara.

5. Masjid Mashkhur Jusup Central, di Pavlodar, Kazakhstan

Arsitektur masjid yang menakjubkan ini terkenal dengan kemiripan nya dengan karakter Darth Vader dalam film Star Wars. Masjid ini dapat menampung 1.500 orang.

Terletak di Pavlodar, Kazakhstan, masjid ini memiliki dua ruang yang dapat menampung 1.500 orang, 1.200 laki-laki dan 300 perempuan. Keindahan arsitektur telah mempengaruhi desain perkotaan di kota ini.

6. Masjid Faisal, di Islamabad, Pakistan

Masjid terbesar kedua di Pakistan terletak di ibukota Islamabad. Arsitektur Masjid Faisal modern dan unik. Ia tidak memiliki kubah tradisional dan lengkungan, melainkan berbentuk seperti tenda padang pasir suku Bedouin, memiliki ruang segitiga besar dan empat menara. Dibiayai oleh Arab Saudi, biaya konstruksi lebih dari $ 120 juta.

7. Masjid Suleymaniye, di Istanbul, Turkey

Masjid peninggalan kekaisaran Ottoman ini adalah masjid terbesar di Istanbul. Ini adalah contoh klasik dari arsitektur Ottoman.

Seperti masjid kekaisaran lainnya di Istanbul, masjid ini lengkapi dengan sebuah halaman monumental di sisi baratnya.

Kamu akan menemukan empat menara di empat sudut halaman. Mesjid ini dibangun untuk Sultan Suleyman dari 1550 dan selesai pada tahun 1558.

8. Masjid Hazrat Sultan, di Astana, Kazakhstan

Masjid Sultan Hazrat adalah masjid baru yang juga mempunyai fungsi sebagai Gedung Acara, Masjid yang indah ini menyerupai istana oriental.

Memiliki aula untuk pernikahan, ruang untuk membaca Al-Quran, ruang jubah dan ruang wudhu. Kubah utama masjid dikelilingi oleh delapan kubah kecil.

Menjadi masjid terbesar di Asia Tengah dengan kapasitas 10.000 orang. Konstruksi pembangunan memakan waktu tiga tahun dan secara resmi dibuka pada bulan Juli 2012.

9. Masjid Sabancı Central di Turkey

Masjid Central Sabanci menjadi daya tarik wisata utama di Turki. Terletak di Adana, ini adalah masjid terbesar di Turki dan salah satu masjid terbesar di Timur Tengah dengan kapasitas 28.500 orang.

Berdiri di lahan seluas 52.600 meter persegi dan luas bangunan 6.600 meter persegi. Tampilan exterior masjid terlihat mirip dengan Masjid Sultan Ahmed (Masjid Biru) di Istanbul dan dekorasi interior mirip dengan Masjid Selimiye di Edirne.

10. Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah di Brunei

Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah, ini adalah masjid terbesar di Brunei. Empat menara teraso-ubin masjid indah ini mendominasi pinggiran Bandar Seri Begawan. Kompleks masjid dihiasi dengan 29 kubah emas. Masjid ini terkenal dengan interior yang menakjubkan.

Demikian 10 masjid terindah yang Ada di benua Asia. Bagaimana? Tertarik mengunjunginya?

Leave a Comment