Manfaat Sarapan Pagi yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sarapan Pagi Fakta menyebutkan bahwa banyak dari kita mengawali hari dalam keadaan perut kosong.

Alasan yang banyak kita dengar adalah tidak terbiasa dengan sarapan di pagi hari, ngantuk ketika di sekolah atau di kantor jika sarapan terlebih dahulu dan berbagai alasan lainnya.

Padahal manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh kita sangatlah banyak.

Sarapan pagi adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sesibuk apapun kita, haruslah menyempatkan diri untuk sarapan.

Sarapan adalah modal energi utama untuk dapat mengawali hari dengan kebugaran badan.

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Selain memberikan kekuatan untuk mengawali hari, sarapan juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh kita adalah:

1. Memberi Kekuatan Metabolisme Tubuh

Sarapan selain mengisi tenaga untuk menghadapi aktivitas hari ini adalah juga sebagai pengganti waktu malam yang tak terisi makanan dan juga menambah kebutuhan gula dalam tubuh kita.

Setelah tidak mengonsumsi makanan selama 12 jam ketika tidur, zat gula dalam tubuh kita akan turun drastis ke tingkat terendah.

Saat itu terjadi tubuh kita akan menggantinya dengan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glycogen.

2. Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Ketika perut dalam keadaan kosong, pastinya akan sangat sulit bagi kita untuk berkonsentrasi dan itu pastinya akan membuat kita tidak bisa mengawali aktivitas dengan baik.

Dengan sarapan,perut yang terisi akan memperbaiki kemampuan berpikir dan menjaga kita agar tetap berada dalam penampilan mental terbaik.

Dengan sarapan, akan menyediakan bahan bakar bagi otak untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan ingatan.

3. Dapat Mengontrol Makan Berlebih

Sarapan yang dilakukan dengan baik maka akan menjaga kita dari rasa lapar berlebih pada waktu makan siang.

Dengan tidak melaksanakan sarapan, rasa lapar akan mendorong kita untuk ngemil sampai siang hari. Dan pastinya akan balas dendam dengan makan siang yang sangat banyak.

4. Dapat Menurunkan Berat Badan

Dengan sarapan pagi yang baik yaitu mengonsumsi maanan sehat seperti sayuran, telor, susu akan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak dalam tubuh dan bisa menurunkan berat badan.

Itulah tadi manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh kita. Sudah cukup jelas bukan kenapa sarapan itu penting? Tapi kan sarapan akan membuat kita ngantuk dan malas.

Bagaimana mengatasinya? Ok. Masih ada orang beranggapan sarapan akan membuatnya ngantuk sehingga malas untuk melakukan sarapan.

Ada beberapa tips sarapan yang benar sehingga tidak akan membuat kita ngantuk.

Tips Sarapan yang Baik dan Benar

1. Sarapanlah dengan porsi kecil, jangan terlalu banyak agar kita tidak terlalu kekenyangan. Jika terlalu kenyang dampaknya pasti kita akan merasakan ngantuk beberapa saat kemudian.

2. Hindari makanan dengan komposisi gula yang sangat banyak. berikan porsi kecil gula dalam sarapan kita, sperti teh dan kopi dengan gula yang sedikit dari biasanya.

3. Hindarilah merokok. Dengan menghidandari kebiasaan buruk ini, tubuh kita akan tetap segar dan akan siap menjalani aktivitas padat hari ini.

Manfaat sarapan bagi tubuh kita sangatlah banyak. Dengan sarapan yang sehat tentunya akan membuat tubuh kita bugar untuk memulai hari yang cerah ini. Selamat beraktivitas.

Leave a Comment