Jenis Kandang Kucing dan Cara Memilih Kandang Kucing yang Benar

Jenis dan Cara Memilih Kandang Kucing Kandang adalah salah satu benda yang paling dibutuhkan oleh para pecinta kucing (cat lovers). Namun pada kenyataanya, hanya sebagian saja yang membutuhkan kandang kucing.

Hal ini karena tidak semua pecinta kucing suka memelihara kucing kesayangannya di dalam kandang. Banyak dari mereka yang lebih suka membiarkan kucing kesayangannya berkeliaran di halaman atau rumah.

Namun para pecinta kucing juga membutuhkan kandang yang mempunyai banyak fungsi utama, semisal mudah saat membawa pindahan rumah dan menjaga kucing baru agar tidak pergi dan menghilang.

Selain itu, kandang juga berfungsi untuk menjaga kucing dari para predator atau kucing liar dan memudahkan pengawasan saat kucing sedang dalam proses melahirkan.

Kandang memiliki banyak sekali jenis, bahkan berbeda spesies hewan maka berbeda pula jenis dan model kandangnya. Berikut akan dijelaskan mengenai berbagai macam jenis kandang kucing yang biasa digunakan oleh para pecinta kucing atau cat lovers.

***Jual Kandang Kucing Lipat Murah dan Berkualitas ***

Untuk informasi pemesanan, harga dan keterangan lebih lanjut anda dapat menghubungi via telp/SMS/WA 085755946040 (Aziz) | BBM: 56779B40 | Email: muhammadnashrulaziz@gmail.com

Jenis Kandang Kucing

jenis-jenis kandang kucing yang baik
www.qatarliving.com

Setiap kandang kucing tentu mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda, diantaranya adalah kandang yang dipakai untuk keseharian di dalam rumah dan terdapat pula kandang yang dipakai untuk beternak atau mengembang biakan kucing dalam jumlah yang besar. Berikut jenis-jenis kandang kucing dan spesifikasinya secara lengkap.

1. Kandang Kucing Untuk Keseharian

Jika Anda memiliki peliharaan kucing di rumah, maka akan lebih baik jika diberi kandang. Karena tujuan utama dari kandang kucing adalah sebagai tempat tinggal kucing agar si kucing merasa nyaman, apalagi saat pemiliknya sedang tidak berada di rumah.

Fungsi lainnya adalah untuk tempat yang aman dari gangguan predator lain serta untuk menjaga kesehatannya juga.

Jika Anda hanya mempunyai beberapa ekor kucing saja, maka Anda tidak perlu mempunyai kandang kucing yang besar dan luas. Ukuran standar kandang kucing untuk peliharaan di rumah adalah 150 cm x 80 cm.

Dan di dalam kandang umumnya juga harus ada tempat tidur, tempat makan dan tempat minum kucing.

2. Kandang Kucing Untuk Ternak (Breed)

Berbeda dengan kandang kucing untuk keseharian, kandang kucing untuk ternak harus mempunyai ukuran yang luas dan besar.

Selain itu kandang kucing untuk ternak umumnya dibuat dengan sedemikian rupa yang menyesuaikan para peternak kucingnya.

Lebih baik lagi jika para peternak kucing merencanakan jumlah maksimal dari kucing yang akan diternak.

Berdasarkan standar CFA, maka ukuran ruangan pada kandang yang digunakan untuk beternak kucing adalah 4×6 m2, dengan jumlah kucing maksimal sebanyak 12 ekor.

Ruangan ideal pada peternakan sebaiknya memiliki luas sebesar 6×6=36 m2.

Untuk tata ruang yang baik pada kandang adalah harus terpisah untuk setiap ruangan, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kontaminasi saat seekor kucing terserang bakteri atau virus yang berbahaya.

Ruangan untuk peternakan juga harus mempunyai ventilasi udara yang baik yaitu sekitar 20-25oC.

Yang tidak kalah penting juga adalah jangan menggabungkan kucing jantan dewasa dalam satu ruangan, hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadinya perkelahian antar kucing dewasa.

Cara Memilih Kandang Kucing

Selain mengetahui jenis-jenis kandang kucing, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara memilih kandang kucing yang baik untuk kucing peliharaan Anda. Berikut penjelasan selengkapnya, simak!

cara memilih kandang kucing yang baik dan benar
www.drsfostersmith.com

1. Bahan Kandang Kucing

Dalam membeli atau membuat kandang kucing, sangat penting untuk mengetahui dan menggunakan bahan apa yang akan dibuat bahan dasarnya. Hal ini karena bahan kandang memiliki pengaruh terhadap kenyamanan dan kesehatan kucing.

Dalam membeli atau membuat kandang kucing, sebaiknya cari kandang kandang yang terbuat dari bahan tidak berbahaya, seperti bahan aluminium.

Bahan aluminium ini bagus karena awet, tidak mudah berkarat dan mudah dalam proses pembersihannya.

2. Alas Kandang yang Nyaman

Kandang akan lebih baik dan nyaman jika memiliki celah lebih sempit dan lebar dari kaki kucing, agar kucing Anda ketika berjalan tidak akan terjepit celah-celahnya.

Sangat penting untuk memilih bahan yang baik dan bagus untuk kandang kucing agar kucing kesayangan Anda bisa nyaman di dalamnya.

Salah satu bahan untuk alas kandang kucing yang bagus adalah plastik, hal ini agar alas tersebut tidak mudah karatan dan gampang dalam membersihkannya.

3. Kandang Harus Sesuai dengan Ukuran dan Berat Badan Kucing

Sebelum Anda membeli kandang kucing maka sangat penting untuk mengetahui ukuran dan berat badan kucing Anda, lalu di sesuaikan.

Jangan sampai membeli kandang yang lebih kecil dari ukuran dan berat badan si kucing karena akan dapat menyakiti dan membuat kucing Anda tidak nyaman.

Dalam pengukuran, hitung berat dan panjang kucing lalu sesuaikan dengan kandang yang akan di beli. Umumnya ukuran kandang yang lebih besar akan lebih baik untuk kucing karena kucing kesayangan Anda akan bisa lebih bebas bergerak.

Demikian penjelasan mengenai jenis kandang kucing dan cara memilih atau membuat kandang kucing. Jika ada saran, kritik atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

***Jual Kandang Kucing Lipat Murah dan Berkualitas ***

***Untuk informasi pemesanan, harga dan keterangan lebih lanjut anda dapat menghubungi via telp/SMS/WA 085755946040 (Aziz) | BBM: 56779B40 | Email: muhammadnashrulaziz@gmail.com***

Video Kandang Kucing Unik

***Jual Kandang Kucing Lipat Murah dan Berkualitas ***

***Untuk informasi pemesanan, harga dan keterangan lebih lanjut anda dapat menghubungi via telp/SMS/WA 085755946040 (Aziz) | BBM: 56779B40 | Email: muhammadnashrulaziz@gmail.com***

Leave a Comment