Cara Menghitung Penghasilan Google Adsense

Ditengah kepopuleran Google Adsense dikalangan para blogger dan pemain Youtube, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan media partner iklan yang satu ini.

Google Adsense merupakan sebuah media bagi para pemilik blog, website, dan pemiliki channel di Youtube untuk mendapatkan tambahan penghasilan dengan cara menampilkan iklan yang sebelumnya sudah bekerjasama dengan Google.

Sudah banyak kisah dari para pemilik blog, website, serta pemain youtube yang berhasil mendapatkan ratusan dollar dari Google Adsense hanya dengan menampilkan iklan di media mereka.

Namun apakah benar? Untuk mendapatkan bonus penghasilan di Google Adsense semudah itu?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, ada baiknya anda mengetahui cara menghitung penghasilan Google Adsense.


Istilah-istilah dalam Google Adsense


Untuk mengetahui bagaimana Google Adsense membayar para publishernya, tentu anda harus tahu terlebih dahulu aktivitas seperti apa saja yang masuk kedalam hitungan para publisher adsense.

Berikut beberapa hal yang harus anda pahami sebelum menghitung penghasilan adsense anda. Pertama yakni mengetahui istilah dalam Google Adsense.

Setelah anda mengetahui istilah- istilah dalam Google Adsense, tentu anda sudah sedikit memiliki gambaran tentang bagaimana cara menghitung penghasilan Google Adsense lengkap dengan bonus yang akan di dapatkan.

1. CPC

CPC bisa kita artikan sebagai Cost Per Klik atau nilai yang akan anda dapatkan jika ada visitor yang melakukan klik iklan.

Nilai iklan satu dan lainya juga mengalami perbedaan, tergantung dari apa yang di iklankan dan kata kuncinya.

2. CTR

Sedangkan untuk istilah dalam Google Adsense yang satu ini berarti untuk mengatahui seberapa besar jumlah klik iklan dalam sebuah laman yang dibagi dengan tampilan iklan dalam laman tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua iklan bisa tampil dalam sebuah blog, website, atau vidio di youtube.

Maka dari itu dalam Google adsense akan ada tampilan yang memperlihatkan seberapa besar iklan yang tampil dalam sebuah laman.

3. CPM

Istilah dalam Google Adsense yang satu ini sebenarnya sama BPS atau biaya per seribu. Sebuah nilai yang akan anda dapatkan setiap laman anda sudah ditayangkan sebanyak seribu kali.

4. RPM

RPM yang berasal dari singkatan Revenue Per Thousand Impresion memiliki makna nilai pendapatan yang akan didapatkan oleh publisher adsense dari setiap seribu impresi.

Publisher satu dan lainya memiliki penghasilan RPM yang berbeda-beda, hal ini biasanya akan sangat berkaitan dengan relevansi iklan dengan laman, konten, serta wilayah publisher itu sendiri.

Ada tiga jenis RPM yang selama ini dikenal oleh Google Adsense yaitu RPM permintaan iklan, RPM halaman, dan yang terakhir adalah RPM Kueri.

Jadi ketika anda sudah berhasil menjadi publisher Google Adsense, pendapatan yang akan anda dapatkan tidak hanya dari besaran klik iklan saja, namun Google adsense juga akan menghitung penghasilan lainya seperti CTR dan RPM.


Cara menghitung penghasilan Google Adsense


Memahami istilah- istilah dalam Google Adsense mungkin hanya akan membuat anda sedikit tahu, namun belum begitu paham betul tentang bagaimana cara menghitung penghasilan Google Adsense lengkap dengan bonusnya.

Jangan kuatir, penjelasan dibawah ini akan membuat anda tahu apa yang selama ini tidak anda ketahui.

Sebelum kita menghitung penghasilan Google adsense, anda harus tahu terlebih dahulu seberapa besar prosentase page CTR yang dapat kita ketahui dengan membagi jumlah klik iklan dengan tampilanya.


Rumus : klik iklan/page view x 100%

Misalkan blog anda mendapatkan klik iklan sebanyak 20, dengan nilai CPC 0,05 kali dan tampilan laman sebanyak 4292. Untuk menghitung page CTR berarti:

20/4292 x 100% = 0.93196644920 yang dibulatkan menjadi 0,93%

Setelah page CTR ditemukan, selanjutnya kita akan menghitung estimasi penghasilan yang dapat kita ketahui dengan rumus berikut ini.

Estimasi penghasilan = pageview/100 x CPC x CTR

Perhitungan : 4292/100 x 0,05 x 0,93 = 1,99578 yang dibulatkan menjadi 2$


Itulah cara mudah untuk perhitungan bonus Google Adsense. Dengan perhitungan seperti ini anda bisa melihat sendiri seberapa besar penghasilan yang akan anda dapatkan baik untuk menghitung penghasilan perhari, perminggu, atau perbulan ketika sudah berhasil menjadi publisher di Google Adsense.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.