Inilah 7 Hewan Peliharaan yang Mudah Dipelihara di Rumah

Posted on

Hewan Peliharaan Keberadaan hewan peliharaan didalam rumah akan memberikan nuansa yang berbeda. Beberapa orang akan memelihara hewan peliharaan sebagai penghilang penat dan stres setelah rutinitas kerja seharian.

Selain itu ada juga orang yang menjadikan hewan peliharaan sebagai hobi, serta rela menghabiskan banyak uang untuk perawatan hewan peliharaannya.

Tetapi terlepas dari motif apa kita memelihara hewan tentunya juga harus memperhatikan banyak hal, seperti lingkungan tempat tinggal kita, biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan hewan, faktor kesehatan yang akan mempengaruhi kita apabila memelihara hewan peliharaan tersebut dan lain sebagainya.

Hewan Peliharaan yang Mudah di Pelihara

Berikut beberapa jenis hewan peliharaan yang mudah dipelihara dirumah, semoga dapat menjadi referensi buat kamu yang ingin memelihara hewan peliharaan.

Kucing

Siapa yang tak kenal hewan yang satu ini. Kucing termasuk salah satu hewan peliharaan yang mudah untuk dipelihara. Kucing bukan hanya sekedar menjadi hewan peliharaan dirumah, tetapi dapat menjadi sahabat bagi pemiliknya.

Konon seekor kucing yang sudah sangat dekat dengan pemiliknya dapat merasakan suasana hati yang dialami pemiliknya. Apabila kita sedang sedih, kucing dapat menjadi penghibur yang sangat baik.

Walaupun kucing merupakan hewan yang mudah dipelihara dirumah tetapi biaya yang dikeluarkan untuk memelihara kucing termasuk mahal, terutama jenis kucing ras.

Selain itu apabila kita memelihara kucing disarankan untuk memberikan vaksin, hal ini untuk menghindari penyakit yang akan menjangkiti kucing nantinya.

Burung Kicau

Burung adalah salah satu hewan peliharaan yang mudah untuk dipelihara. Selain suaranya yang merdu, kita juga dapat menikmati indahnya warna-warni bulu burung.

Burung seperti lovebird selain suaranya yang dapat dinikmati, kelincahan dan bermacam warna pada bulunya juga menjadi daya tarik tersendiri. Perawatan burung kicau juga relatif mudah, yang terpenting adalah makanan dan minuman yang selalu tersedia serta kebersihan sangkar yang tetap terjaga.

Beberapa jenis burung kicau yang sering menjadi hewan peliharaan yang mudah dipelihara antara lain burung kenari, parkit, lovebird, murai, kacer, ciblek dan burung-burung kicau lainnya.

Mendengar kicauan burung peliharaan kita memang membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Tentunya akan memberikan rasa bahagia bagi pemiliknya.

Kelinci

Kelinci juga termasuk hewan peliharaan yang mudah untuk dipelihara. Hewan yang satu ini memang cukup menggemaskan. Hal ini karena bulunya yang terlihat cantik serta tingkahnya yang menggemaskan.

Karena tingkahnya yang menggemaskan ini maka kelinci sangat disukai oleh anak-anak. Mengenai harga, kelinci ini mempunyai beragam harga. Mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, mahalnya harga kelinci ditentukan oleh jenisnya.

Kelinci termasuk hewan yang mudah berkembang biak, bagi pemilik yang ingin beternak kelinci tentunya hal ini sangat menguntungkan dan dapat menjadi sumber penghasilan.

Anjing

Dibeberapa negara anjing merupakan hewan yang paling popular untuk dipelihara. Sama seperti kucing, anjing juga merupakan hewan yang dapat bersahabat dengan manusia.

Keperluan dasar dalam memelihara anjing diantaranya makanan, tempat untuk makanan dan tempat untuk minum anjing, tempat tidur yang nyaman untuk anjing dan kebutuhan lain seperti mainan.

Hamster

Hewan kecil yang satu ini memang cukup menggemaskan. Hamster sangat mudah untuk dipelihara, bahkan tidak menyita waktu dan tenaga kita.

Ukuran yang kecil tersebut tentunya tidak akan menghabiskan tempat dirumah kita, cukup menaruhnya didalam akuarium kecil yang sudah dialasi serbuk kayu.

Untuk penghilang penat dirumah, kita dapat memberikan mainan didalam kandang hamster dan biarkan hamster peliharaan kita itu bermain dengan mainannya. Melihat hamster bermain dengan mainannya akan menjadi pemandangan yang sangat menggemaskan.

Sugar Glider

Sugar glider juga termasuk hewan peliharaan yang mudah dipelihara. Hewan ini dapat sangat jinak kepada pemiliknya, tentunya itu dapat terjadi bila kita cukup intens berinteraksi dengan sugar glider peliharaan kita.

Saat membeli pastikan pada penjual bahwa sugar glider tersebut bukan sugar glider WC (Wild Caught) atau tangkapan liar. Sugar glider WC adalah sugar glider yang ditangkap dari hutan.

Sugar glider WC biasanya sangat liar, hal ini tentunya beresiko membawa penyakit. Maka dari itu sebaiknya membeli sugar glider hasil ternakan.

Kura-kura Kecil

Kura-kura kecil adalah salah satu contoh dari hewan yang mudah untuk dipelihara. Perawatan kura-kura kecil ini juga sangat mudah. Makanan utama dari kura-kura kecil ini adalah pelet yang berukuran kecil.

Selain karena memang kura-kura suka, pellet kecil ini mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kura-kura. Untuk menghindari kebosanan kura-kura dengan pelet, kita bisa memberikan variasi makanan seperti cacing sutra dan bisa juga diberikan daging ikan yang tentunya sudah kita cincang.

Selain makanan, kura-kura juga harus ditempatkan dengan cahaya yang cukup. Karena kura-kura termasuk hewan yang suka berjemur, apabila tidak memungkinkan kura-kura diletakan ditempat yang terkena sinar matahari maka kita dapat menggunakan lampu ultraviolet sebagai pengganti.

Demikian sedikit informasi tentang hewan peliharaan yang mudah untuk dipelihara. Perlu diingat, memelihara hewan dirumah itu harus penuh tanggung jawab dan konsistensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *