6 Tips Menjadi Seorang Pembuat Games Profesional

Games merupakan salah satu sarana hiburan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang senang memainkan game.

Saat ini game bergenre mobile telah banyak beredar dengan berbagai produk yang sangat menarik dan inovatif.

Para perusahaan mobile dan pengembang game kenamaan seperti Rovio melalui Angry Bird, Gameloft dengan beragam produk game racing, dan Zeptolab melalui Cut The Rope telah mengembangkan berbagai model role game fantastis.

Tentu saja produk – produk yang beredar di pasaran tersebut adalah hasil kreasi dari para expert mobile developer.

Kesuksesan dari para developer game ini tentu telah menginspirasi banyak orang untuk ikut menjadi pembuat game.

Bahkan tidak sedikit yang tadinya sangat hobi bermain game beralih menjadi pembuat game untuk mewujudkan game yang benar-benar sesuai dengan keinginan mereka.


Tips Menjadi Seorang Pembuat Games Profesional


Jika Anda selama ini berniat untuk menjadi seorang pembuat game profesional dan hobi mengutak-atik komputer agar dapat membuat game idaman, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan jika ingin terjun ke dunia pembuat games.

1. Bergabung Dengan Komunitas Pembuat Game

Komunitas pembuat game atau game developer memang belum terlalu dikenal di Indonesia karena kebanyakan game diproduksi di luar negeri. Padahal sebenarnya cukup banyak game developer asli Indonesia.

Indonesian Game Developer Community merupakan komunitas berbasis media online yang menjadi tempat berkumpulnya game developer lokal di Indonesia.

Melalui komunitas inilah para developer saling bertukar pikiran tentang game dan menemukan ide membuat game baru.

Komunitas ini dapat menjadi acuan bagi para game developer yang masih pemula dan siapapun yang ingin menjadi developer yang handal.

Sekedar informasi, game developer pada prinsipnya tidak dapat berdiri sendiri. Agar dapat menjadi developer sukses dan terkenal, Anda harus kenal dengan banyak orang.

Oleh sebab itu Indonesia Game Developer Community menjadi wadah yang tepat untuk saling terhubung dengan developer lainnya.

2. Menciptakan Game yang Unik

Sesuatu yang unik selalu menjadi incaran dan memiliki peminat yang banyak.

Oleh sebab itu game yang menawarkan hal berbeda dengan game lainnya yang sudah ada menjadi tand aawal kesuksesan dari suatu produk.

Biasanya ide – ide yang berasal dari pengembang game mobile kebanyakan berasal dari kondisi pikiran yang kondusif untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Tentu saja mereka juga belajar dari game yang sudah ada sebelumnya. Bahkan tidak sedikit yang menambahkan fitur baru dari game lama untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan kemasan lebih menarik.

Sebut saja game Pokemon GO yang meledak belakangan ini. Hal ini karena game tersebut menawarkan pengalaman dan keseruan yang berbeda sehingga membuat banyak orang tergila-gila dengan game tersebut.

3. Kerjasama Dengan Ahli Di Bidangnya

Game sebenarnya merupakan perpaduan dari berbagai bidang teknologi informasi dan sekitarnya.

Game yang memiliki kualitas bagus tentu memiliki desainer grafis yang ahli di bidangnya.

Kedua adalah composer musik dan sound effect yang mampu membangkitkan suatu game dari reaksi yang ada di dalamnya.

Ketiga adalah di sektor programmer yang mampu menjadikan game dapat hidup sekaligus menghibur pengunanya.

Terakhir adalah strategi pemasaran yang menjadi jembatan untuk bersaing di pasar dunia mobile game.

Kadang memang ada game developer yang multi talenta di mana ia mampu menciptakan game fenomenal tanpa dukungan pihak lain. Tetapi developer multi talenta sangatlah jarang.

Oleh sebab itu jika Anda ingin menciptakan game fenomenal, pastikan untuk menggandeng para ahli yang profesional dan sesuai dengan misi Anda.

4. Menguasai Programming

Sebuah game dapat hidup karena di dalamnya terdapat sistem yang berjalan.

Untuk membuat sistem tersebut, diperlukan programmer yang kreatif dan handal untuk menciptakan berbagai logika algoritma pada game.

Para produsen game yang berhasil di pasaran sekarang ini tentu mempunyai orang – orang dengan kemampuan programming yang hebat.

Developer programming harus dapat menciptakan ramuan algoritma yang terstruktur dan luar biasa.

Awalnya developer membuat alur untuk menemukan pemecahan masalah programming.

Mereka juga harus menelaah ratusan fungsi dan ribuan baris kode untuk menciptakan game yang berkualitas.

Jika Anda mampu menguasai core programming, maka tidak akan kesulitan untuk membuat game bagus.

5. Belajar Dari Aplikasi Pembuat Game

Bagi para pemula yang sedang belajar membuat game, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan game engine. Ini adalah software yang dirancang untuk membuat video game.

Dengan software tersebut, Anda dapat lebih cepat membuat game karena dasar – dasar programming sudah ditangani oleh software ini.

Ada beberapa aplikasi pembuat game yang sudah cukup populer digunakan dan diketahui memiliki kualitas yang bagus seperti Unity3D, Cocos2D, Cocos2D-x, dan Starling Framework.

6. Melakukan Uji Coba

Jika Anda sudah dapat membuat game dan ingin menjualnya, game mobile yang sudah selesai sebenarnya masih mempunyai tantangan tersendiri.

Tantangan tersebut adalah melakukan pengujian ke perangkat – perangkat yang akan menggunakan game tersebut entah itu smartphone, tablet atau bahkan PC.

Pengujian perlu dilakukan ke berbagai perangkat dengan spesifikasi berbeda. Tahap pengujian merupakan kunci sukses sebuah game sebelum sampai di tangan pemakai.

Pengujian kecocokan perangkat dan fungsionalitas fitur menjadi hal utama yang wajib dilakukan.

Sebuah game yang semakin sering diuji dan dibenchmark di berbagai perangkat akan membuat Ana semakin memahami berbagai kesalahan pada proses pengembangan.

Selain itu proses pengujian juga dapat menjadi sarana untuk menilai apakah grafik model dan cita rasa game sudah cukup baik untuk pengguna.

Demikian beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika terjun di dunia pembuat game. Pada dasarnya, Anda harus terus belajar dan melakukan inovasi agar dapat menciptakan game fenomenal yang mendunia.

Selain itu, Anda juga harus mampu bekerjasama dengan para developer lain dan para ahli teknologi untuk menjadi developer terkenal.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.