4 Faktor yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Saat ini, walaupun sudah memasuki era digital, tapi banyak masyarakat masih awam dan buta soal kecanggihan teknologi. Tentu hal ini bisa dibuktikan dengan pembelian laptop yang seringkali masih belum tepat sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Mau tidak mau, konsumen merasa dirugikan, padahal letak kesalahan adalah karena kurang tahunya beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop.

Semakin banyaknya laptop yang muncul dari banyak produsen dengan harga, spesifikasi dan banyak aspek lainnya justru menambah kebingungan konsumen dalam menentukan pilihannya.

Salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan adalah budget, harus menjadi bahan pertimbangan yang benar-benar untuk menentukan pembelian laptop.

Faktor Faktor yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Agar Anda mendapatkan laptop yang sesuai kebutuhan, maka, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Faktor yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

brilio.net

Sebelum membeli laptop, Anda harus benar-benar mengetahui kebutuhan saat menggunakan laptop tersebut. Anda bisa mempertimbangkan laptop yang dibutuhkan berdasarkan klasifikasinya seperti berikut.

  • Ultrabook

Laptop ini dikenal dengan bentuknya yang tipis, ringan dan layar berukuran 13 inci. Jenis Ultrabook muncul beberapa tahun lalu untuk menandingi kesuksesan Apple Macbook dengan spesifikasi premium atau kelas tinggi.

Ultrabook cocok bagi Anda yang bepergian atau memiliki mobilitas yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir karena Ultrabook memiliki baterai yang awet tahan lama.

  • Laptop Hybrid

Jika Anda menyukai kedua alat teknologi canggih yaitu tablet dan laptop, maka laptop ini cocok bagi Anda. Tipe laptop ini merupakan kombinasi antara laptop dengan tablet dengan keyboard-nya yang berbentuk detachable (bisa digeser atau dilipat) saat dibutuhkan dan menyembunyikannya saat tidak dipakai.

Umumnya laptop ini dilengkapi fitur dan spesifikasinya yang premium cocok digunakan bagi Anda yang memiliki aktivitas indoor dan outdoor yang seimbang.

  • Laptop Gaming

Laptop gaming biasanya dikenal dengan layarnya yang lebar dan bobot yang berat, kini sudah dapat ditemukan dengan bentuk tidak terlalu besar serta desain stylish-nya.

Komponen yang ditawarkan pada laptop gaming memiliki spesifikasi mumpuni seperti GPU yang berasal dari Nvidia dan AMD agar mendukung saat akan memainkan game cukup berat.

  • Laptop Sehari-hari

Laptop ini cocok digunakan dalam aktivitas yang ringan dengan varian layar mulai dari 11—15 inci. Spesifikasinya tergolong standar karena hanya difungsikan untuk mengetik di Ms.Word, melakukan browsing, ataupun juga melakukan aktifitas ngeblog.

2. Menentukan Laptop yang akan Dibeli

Faktor yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

today.line.me

Setelah memiliki pengetahuan tentang berbagai jenis laptop sesuai kebutuhan, Anda dapat dengan mudah menentukannya. Tentu Anda juga telah memperhitungkan dan mempersiapkan budget untuk mendapatkannya.

Jika Anda memilih laptop dengan spesifikasi tinggi, maka tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan software yang lebih rendah.

Namun, saat membeli jangan sampai salah dalam penggunaan. Misalnya, Anda membeli laptop gaming hanya untuk melakukan pengetikan di Ms.Word, tentulah dianggap sebagai sebuah pemborosan dengan harganya yang tak murah.

3. Memperhitungkan Garansi dan Servis

Faktor yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

TakTikTop.com

Memperhitungkan garansi juga faktor yang penting karena laptop adalah alat elektronik yang tak bisa dipastikan usia pemakaiannya. Biasanya produsen juga tidak bisa memberikan kepastian umur alat elektronik sehingga memberikan solusi berupa garansi penjualan kepada para konsumennya.

Oleh karena itu, Anda harus memperhitungkan laptop yang memiliki garansi ataupun servis yang bagus, terjamin, dan terpercaya. Perhitungan ini tentu menjadi antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada laptop yang sudah Anda beli

4. Mempertimbangkan Harga Jual Kembali

Faktor yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Boslaptop.com

Saat akan membeli, Anda dapat membandingkan laptop satu dengan laptop lainnya, seperti beberapa merk dengan tipe yang terbukti bagus, bahkan memiliki harga tinggi semisal dijual kembali.

Kadang laptop berkualitas bagus belum tentu memiliki daya jual kembali yang tinggi. Harga jual kembali juga disesuaikan dengan minat konsumen dalam sebuah lokasi, pada kota A merk X tinggi tetapi pada kota B belum tentu. Anda pastilah lebih paham dengan kondisi saat membelinya.

Jika Anda bingung saat ingin membeli laptop sesuai dengan kebutuhan, maka Anda bisa mencari referensi melalui gadget Anda di beberapa marketplace, seperti tokopedia, JD.id, bukalapak dan lain lain.

Anda bisa membandingkan merk satu dengan lainnya, Anda juga tidak perlu repot keluar rumah karena bisa langsung melakukan transaksinya kapan dan dimana saja.

Demikian beberapa hal atau faktor yang perlu Anda perhatikan saat akan membei Laptop sesuai kebutuhan.

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.