Dramatis!! Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2016 Usai Depak Vietnam dengan Agregat 4-3

Timnas Indonesia Lolos Final Aff 2016 Akhirnya Tim nasional Indonesia lolos ke putaran final piala AFF 2016, setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, rabu (7/12).

Hasil tersebut memastikan Indonesia lolos ke final dengan agregat gol 4-3 setelah di leg pertama di stadion Pakansari Indonesia menang dengan skor 2-1.

Hasil Pertandingan Vietnam vs Indonesia. Bermain di kandang Vietnam, anak asuh Alfred Riedl harus benar-benar bersusah payah untuk menyingkirkan Vietnam yang bermain sangat Spartan.

Memulai babak pertama dengan hati-hati, Indonesia terus menerus di gempur oleh Vietnam yang memang mengincar kemenangan. Namun berkat kedisiplinan dari pertahanan Indonesia membuat babak pertama ditutup dengan skor 0-0.

Vietnam terus melanjutkan dominasi dan serangannya di babak kedua. Akan tetapi, Indonesia justru sukses mencuri angka terlebih dahulu lewat gol yang dicetak pemain naturalisasi, Stefan Lilipaly di menit ke 54.

Gol Lilipaly memanfaatkan kecerobohan dari pemain belakang dan penjaga gawang Vietnam yang gagal mengantisipasi umpan dari Boaz Solossa. Indonesia unggul 1-0.

Vietnam semakin meningkatkan serangan untuk mengejar ketertinggalan, namun Vietnam harus bermain dengan 10 pemain setelah penjaga gawang mereka, Tran Nguyen Manh mendapat kartu merah dari wasit di menit ke-76.

Nguyen Manh mendapat kartu merah setelah dia menendang salah seorang pemain Indonesia, Bayu Pradana saat terjadi kemelut di dalam kotak penalti Vietnam.

Bermain dengan 10 pemain ternyata semakin meningkatkan semangat para pemain Vietnam, terbukti tuan rumah mampu menciptakan gol penyama kedudukan oleh Vu Van Tanh di menit ke-82. Gol tersebut berawal dari tendangan bebas, tanpa penjagaan Vu Van Tanh menyambar bola dengan tendangan keras.

Bahkan Vietnam mampu membalikkan kedudukan menjadi 2-1 di injury time lewat gol Vu Minh. Agregat 3-3 memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pertandingan Dramatis

indonesia lolos final piala aff 2016
analisadaily.com

Di babak perpanjangan waktu, Indonesia kembali mendapatkan keberuntungan setelah wasit menunjuk titik putih karena Ferdinand Sinaga dijatuhkan dengan keras oleh penjaga gawang dadakan Vietnam.

Manahati Lestusen yang pada pertandingan ini bermain cukup baik, maju sebagai eksekutor penalti dan sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Skor kembali imbang 2-2 di menit ke 97.

Setelah gol Manahati, Vietnam semakin meningkatkan serangan, bahkan sang penjaga gawang dadakan Vietnam pun ikut membantu serangan. Namun, berkat barisan pertahanan yang disiplin serta kerja keras pantang menyerah dari semua pemain Indonesia, akhirnya pertandingan pun berakhir dengan skor imbang 2-2 dan Indonesia berhak melaju ke babak final piala AFF 2016.

Dan di partai final nanti, Indonesia akan berhadapan dengan pemenang antara tim Thailand dan Myanmar yang akan bertanding, kamis (8/12) besok.

Susunan Pemain:

Vietnam (4-3-3): Tran Nguyen Manh; Truong Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh; Nguyen Trong Hoang, Luiong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung (Pham Thanh Luong 74′); Nguyen Van Toan (Vu Van Toan 57′), Vu Minh Tuan, Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet (Nguyen Cong Phuong 69′)

Pelatih: Nguyen Huu Tang

Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah (Dedi Kusnandar 88′), Rizky Pora, Stefano Lilipaly (Zulham Zamrun 85′); Boaz Solossa (Ferdinan Sinaga 72′)

Pelatih: Alfred Riedl

Leave a Comment