Inilah Cara Mudah Merawat Burung Kenari Agar Hasilnya Maksimal

Cara Merawat Burung Kenari Siapa yang tidak ingin melihat burung kenari dengan suara yang indah serta bulu yang cantik. Setiap pemilik burung kenari pasti ingin melihat burungnya sehat, lincah, mempunyai bulu yang bagus dan bersuara indah.

Apalagi bila si burung kenari dapat menjuarai kontes, tentunya akan menjadi kebanggaan bagi kita pemilik burung. Dan tentunya burung yang menjuarai kontes akan mempunyai nilai harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung kenari yang biasa-biasa saja. Selain itu burung kenari yang bagus jika diternakan maka akan menghasilkan keturunan yang bagus juga.

Pada dasarnya perawatan burung kenari hampir sama dengan perawatan burung kicau lainnya, dimana intinya kita sebagai pemilik burung harus tekun merawat dan konsisten.

Karena sebagai pemilik burung kita juga akan merasakan masa-masa jenuh merawat burung kenari kesayangan kita, seperti sibuk akan rutinitas pekerjaan yang membuat burung kenari kita lupa untuk diperhatikan. Maka dari itu konsistensi dan ketekunan dalam merawat burung kenari sangat dibutuhkan.

Berikut tips merawat burung kenari dengan mudah namun akan menghasilkan hasil yang maksimal. Kata ‘mudah’ disini tentunya bukan sesuatu yang berlebihan, karena walaupun mudah namun jika tidak dilakukan dengan tekun dan konsisten tentu hasilnya tidak akan maksimal. Adapun berikut hal-hal yang bisa diperhatikan dalam merawat burung kenari agar hasilnya maksimal.

1. Memperhatikan Sangkar untuk Burung Kenari

Sangkar merupakan hal pertama dan utama dalam merawat burung kenari. Bahkan sebelum kita membeli burung kenari maka persiapan pertama adalah menyiapkan sangkar. Sangkar burung kenari jangan yang berukuran kecil.

Sangkar yang berukuran kecil akan membuat burung kenari tidak nyaman dan tidak leluasa dalam bergerak. Hal ini dapat membuat burung kenari menjadi stres, yang tentunya ini tidak baik untuk burung kenari yang kita pelihara.

Sangkar yang sudah kita persiapkan untuk burung kenari juga harus ada kayu tangkringannya. Pilih diameter kayu tangkringan yang tidak terlalu besar, tetapi jangan juga yang terlalu kecil.

Intinya diameter kayu tangkringan sesuai dengan cengkeraman kaki burung kenari yang kita pelihara. Pemasangan tangkringan untuk burung kenari pun harus kokoh, jangan sampai tangkringan mudah goyang. Kayu yang digunakan pun harus kasar.

Karena burung kenari mempunyai kecenderungan untuk mengasah kuku kakinya. Akan lebih baik apabila dalam sangkar burung kenari terdapat lebih dari satu tangkringan, idealnya mungkin dua buah tangkringan sudah cukup karena terlalu banyak tangkringan akan membuat sangkar menjadi sempit. Usahakan ukuran kandang sesuai dengan jumlah tangkringan sehingga burung kenari leluasa untuk bergerak.

Selain tangkringan, didalam sangkar burung kenari juga harus terdapat cepuk tempat makan dan minum. Usahakan letak cepuk tempat makan dengan cepuk tempat minum tidak berdekatan.

Cepuk tempat makan dan minum yang berjauhan akan memaksa burung kenari untuk bergerak, karena ada jarak antara cepuk tempat makan dengan cepuk tempat minum.

Apabila didalam kandang terdapat dua tangkringan, kita dapat meletakan cepuk makanan di tangkringan satu dan cepuk minuman di tangkringan dua.

Jangan lupa juga kebersihan sangkar burung kenari serta kotorannya harus secara rutin dibersihkan setiap hari. Karena sangkar kenari yang kotor dapat mengundang penyakit.

2. Burung Kenari Harus Rajin Diembunkan dan Dimandikan

Ini termasuk perawatan harian untuk burung kenari. Biasakan untuk melakukan pengembunan sekitar pukul 5 pagi. Seperti habitat burung kicau lainnya di alam liar, saat pagi hari burung kicau terbiasa keluar sarang.

Sama seperti itu, kita juga harus meletakan sangkar burung diluar rumah. Tujuannya agar burung kenari seperti berada di alam bebas, burung juga dapat melihat matahari terbit.

Biasanya pada pagi hari begini burung akan lebih intens berkicau. Hal ini juga sekaligus melatih burung kenari agar membiasakan diri untuk rajin berbunyi.

Apabila matahari sudah nampak terang, sekitar jam setengah tujuh sampai jam tujuh. Lakukan penyemprotan yang lembut pada burung kenari sampai badannya terlihat basah. Jemur sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam.

Apabila badan burung kenari sudah kering, pindahkan sangkar ke tempat yang teduh. Usahakan sangkar berada didekat lalu lalang orang, hal ini akan membuat burung kenari cepat beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya. Setelah dimandikan dan dijemur kita bisa memberikan makan dan minum pada burung kenari.

3. Memperhatikan Faktor Makanan pada Burung Kenari

Dalam memberikan makanan pada burung kenari yaitu rutin setiap hari. Walaupun makanan sebelumnya tidak dihabiskan, wajib untuk diganti dengan makanan baru.

Makanan burung kenari yang tidak dihabiskan dapat timbul jamur yang tentunya ini tidak baik untuk kesehatan burung kenari. Begitu juga dengan tempat minum burung kenari, airnya wajib diganti setiap hari.

Waktu yang ideal memberikan makan burung kenari adalah saat burung kenari selesai dimandikan dan dijemur pagi hari. Karena sinar matahari pagi yang didapatkan burung kenari juga bagus untuk metabolisme tubuhnya.

Selain biji-bijian, kita juga dapat memberikan sayuran segar pada burung kenari kesayangan kita. Sayuran segar yang diberikan pada burung kenari bermanfaat untuk menjaga kondisi badan burung agar tetap fit.

Kita dapat memberikan sayuran segar pada burung kenari 3 kali dalam seminggu. Sayuran segar yang akan diberikan pada burung kenari harus dibersihkan terlebih dahulu, hal ini untuk menghilangkan pestisida yang mungkin menempel pada sayuran segar tersebut.

Selain sayuran segar, kita juga dapat memberikan buah-buahan untuk burung kenari. Berikan buah 1 minggu sekali. Pada dasarnya burung kenari adalah pemakan biji-bijian, jadi pilihlah pakan yang mengandung banyak jenis biji-bijian didalamnya.

4. Pengkrodongan Sangkar Burung Kenari

Pengkrodongan pada sangkar akan membuat burung kenari lebih tenang. Selain itu pengkrodongan juga berfungsi melindungi burung kenari dari gigitan nyamuk.

Biasanya nyamuk suka untuk menggigit kaki burung kenari, dan gigitan nyamuk tersebut akan membuat kaki burung kenari menjadi bentol-bentol sehingga burung kenari sering mematuk kakinya.

Waktu yang baik untuk mengkrodong sangkar burung kenari adalah sore sampai dengan pagi hari. Pastikan saat dikrodong makanan serta minuman untuk burung kenari tersedia disangkar.

Saat dikrodong kita juga dapat memberikan masteran untuk burung kenari. Karena saat dikrodong burung kenari akan lebih konsentrasi untuk mendengarkan tanpa terganggu suasana sekitar.

Suara masteran yang bagus untuk burung kenari diantaranya adalah suara burung ciblek. Kita bisa memutarkan suara mp3 untuk mastering burung kenari.

Demikian sedikit informasi tentang cara merawat burung kenari dengan mudah namun hasilnya maksimal. Pada dasarnya perawatan harian untuk burung kenari tidak berbeda jauh dengan perawatan harian burung kicau lainnya.

Yang membuat burung kenari kita menjadi bagus adalah konsistensi dan ketekunan kita sebagai pemilik yang secara rutin merawatnya.

Karena sebagus-bagusnya trah keturunan burung kenari yang kita miliki bila tidak dirawat dengan ketekunan dan konsistensi secara rutin maka akan percuma saja.

Leave a Comment