Inilah Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Kita sering mendengar sebuah kata mutiara bahwa “Sehat itu mahal”. Iya memang, pada saat sehat terkadang kita tidak merasakan arti sehat yang sesungguhnya.

Namun jika kita sedang dalam keadaan sakit, kita baru akan merasa betapa berharganya kesehatan tubuh.

Beberapa cara menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan karena kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan sakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Jika tubuh sakit, kita tidak akan bisa melakukan berbagai pekerjaan sehari-hari. Semua akan terhambat karena sakit yang kita derita. Biaya yang akan kita keluarkan tidak murah jika kita sampai dirawat di rumah sakit.

Selain itu, akan ada banyak orang yang akan cemas dengan keadaan kita. Jadi sehat tidaklah untuk kita sendiri namun juga untuk keluarga.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Bugar

Kesehatan badan akan didapatkan jika badan dalam kondisi fit dan mampu untuk diajak bekerja dan menjalankan semua aktivitas keseharian kita.

Dan untuk mendapatkan kondisi badan yang fit ini, kita harus menerapkan beberapa cara menjaga kesehatan tubuh kita.

Menjaga kesehatan bisa ditempuh dengan berbagai cara mulai dari yang biayanya murah sampai yang mahal.

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh. Meskipun terkesan sepele, namun sangatlah penting perannya dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

1. Banyak Minum Air Putih

75% tubuh kita adalah terdiri dari air, maka air sangatlah penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Tubuh kita memerlukan asupan air yang cukup.

Dengan asupan air yang cukup ini akan membantu memudahkan sistem pencernaan kita. Jika sistem pencernaan lancar, maka metabolisme tubuh akan baik juga.

Kita membutuhkan sedikit 8 gelas air setiap harinya. Air yang dapat dikonsumsi adalah air yang telah matang, karena kandungan zat yang berbahaya dalam air yang sudah matang sudah hilang.

Banyak mengonsumsi air putih juga sangat diperlukan bagi kita yang banyak duduk ketika bekerja. Dengan banyak meminum air putih ini, akan mengurangi rasa pegal dan juga sakit punggung karena kebanyakan duduk.

2. Perbanyak Memakan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi sayur dan buah sebaiknya selalu ada dalam menu keseharian kita.

Mengonsumsi sayuran khususnya sayuran hijau juga dapat mencegah timbulkan kanker dalam tubuh.

Klorofil pada sayuran banyak mengandung magnesium yang berguna untuk menangkal kanker.

Dengan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, maka asupan gizi kita akan seimbang dan akan membuat sistem kekebalan tubuh kita kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

3. Olahraga Secara Rutin dan Teratur

Olahraga ringan minimal 15 menit setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Apapun olahraga yang kita pilih dan kita lakukan secara rutin, dapat membuat tubuh menjadi bugar dan fit.

4. Turunkan Berat Badan

Tubuh yang ideal adalah gambaran dari tubuh yang sehat. Jika kita kegemukan, biasanya kita sangat jarang berolahraga.

Kegemukan juga sarangnya penyakit. Penyakit yang mengintai ketika kita sedang gemuk adalah darah tinggi, kolesterol, stroke dan juga obesitas.

Selain itu, tubuh akan terasa tidak nyaman untuk bergerak akibat berat badan kita yang tidak ideal. Penampilanpun pastinya akan terganggu bukan jika badan kita gemuk? banyak cara untuk bisa mendapatkan tubuh ideal.

Salah satunya adalah dengan diet. Namun yang perlu digaris bawahi adalah diet yang dapat menurunkan berat badan dengan aman adalah diet sehat. Lalu barengi juga dengan olahraga rutin agar diet berhasil.

Di atas tadi adalah cara menjaga kesehatan tubuh kita. Ingat kesehatan sangatlah berharga. Kita akan merasakan ini jika sakit sudah datang.

Jadi sebelum sakit menyerang, mari kita menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Jika ada saran, kritik atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment