Inilah 7 Cara Ampuh Menghilangkan Kutu pada Kucing Kesayangan Anda

Cara Menghilangkan Kutu pada Kucing Apakah kucing kesayangan kita menggaruk tubuhnya lebih sering? Bila hal itu terjadi bisa jadi terdapat kutu pada tubuh si kucing.

Adanya kutu pada tubuh kucing akan membuat rasa tidak nyaman untuk kucing kesayangan kita, karena kutu tersebut akan menimbulkan rasa yang sangat gatal dan juga akan menyebabkan kulit kucing kesayangan kita menjadi lecet dan iritasi.

Jika itu terjadi coba kita amati bulu si kucing, apabila kita melihat kutu pada bulu kucing kesayangan kita itu jangan panik dahulu karena ada beberapa tips dan cara yang bisa dicoba untuk membasmi kutu pada kucing.

Sebelum membasmi kutu pada kucing, sebelumnya kita sebagai pemilik kucing juga harus paham bahwa pengobatan untuk membasmi kutu tidak bisa dilakukan sekali saja.

Karena pengobatan membasmi kutu biasanya hanya membasmi kutu dewasa sedangkan telur yang masih bersarang masih dapat menetas kembali dan melahirkan kutu-kutu baru, dan kutu-kutu baru itu apabila tidak segera dibasmi akan menjadi kutu dewasa yang akan bertelur kembali.

Untuk itu pengobatan untuk membasmi kutu pada kucing tidak hanya cukup dilakukan sekali saja. Berikut beberapa cara membasmi kutu pada kucing kesayangan kita yang bisa diterapkan.

Cara Menghilangkan Kutu pada Kucing

1. Gunakan Obat Tetes untuk Membasmi Kutu

Membasmi kutu kucing dengan obat tetes merupakan salah satu pengobatan yang paling sering digunakan oleh pecinta kucing karena penggunaannya yang cukup mudah.

Merk dari obat tetes pembasmi kutu juga bermacam-macam, kita dapat membelinya di petshop-petshop terdekat. Beberapa merk obat tetes yang biasa digunakan pecinta kucing diantara merk Revolution, Frontline dan Accurate.

Cara menggunakan obat tetes ini cukup mudah, kita hanya cukup meneteskan obat ini pada tengkuk (bagian leher belakang) kucing kesayangan kita.

Pastikan cairan obat tersebut mengenai kulit kucing, jangan sampai hanya mengenai bulu kucing. Penggunaan obat tetes di tengkuk kucing agar kucing tidak dapat menjilati bagian tersebut.

Supaya kutu pada kucing benar-benar hilang akan lebih baik apabila menggunakan obat ini diulang untuk 1 bulan kemudian. Oya, tidak disarankan untuk menggunakan obat tetes ini pada kucing dibawah 2 bulan dan tentunya ikuti aturan penggunaannya ya.

2. Gunakan Shampoo Khusus untuk Membasmi Kutu dan Jamur

Menggunakan shampoo khusus untuk membasmi kutu pada kucing merupakan salah satu solusi yang baik. Karena shampoo ini digunakan saat kucing kesayangan kita dimandikan, tentunya selain menghilangkan kutu juga dapat membuat kucing menjadi bersih.

Penggunaan shampoo khusus membasmi kutu ini sebaiknya digunakan 2 kali pada setiap memandikan kucing. Jadi begitu kucing dimandikan dengan shampoo ini lalu diulang sekali lagi agar kutu yang ada pada bulu dan kulit kucing benar-benar hilang.

Cara menggunakan shampoo ini sama dengan shampoo kucing lainnya, hanya saja saat kucing diberi shampoo diamkan kurang lebih 5 menit dan kemudian dapat dibersihkan lagi.

Memandikan kucing dengan shampoo khusus membasmi kutu ini dapat diulang 2 minggu kemudian. Sedangkan jika untuk mencegah kucing terkena kutu, memberikan shampoo ini dapat dilakukan sebulan sekali.

3. Gunakan Bedak Anti Kutu Kucing

Penggunaan bedak anti kutu pada kucing kesayangan kita merupakan salah satu jenis perawatan harian yang dapat dilakukan dirumah.

Pemakaiannya pun cukup mudah, hanya cukup dengan menaburkan bedak lalu oleskan pada tubuh kucing kesayangan kita dan ratakan. Biarkan bedak berada di tubuh kucing kurang lebih 15 menit, setelah itu mandikan kucing kita.

Dalam menggunakan bedak anti kutu ini sangat disarankan agarkita menjaga agar kucing kesayangan kita tidak menjilat bedak yang berada ditubuhnya. Waktu pemakaian bedak anti kutu ini dapat diulang seminggu setelahnya.

4. Gunakan Spray Anti Kutu Kucing

Obat anti kutu yang lain dapat berupa spray, seperti spray yang lainnya obat ini terdapat dalam sebuah botol. Cara penggunaannya cukup menyemprotkan obat anti jamur ini pada beberapa bagian tubuh kucing kesayangan kita seperti pada tengkuk dan ketiak kucing.

Karena pada bagian-bagian tersebut kutu kucing sering bersarang. Perhatikan juga aturan penggunaan yang tertera pada botol obat spray ini.

Menggunakan obat spray pada kucing tidak perlu disemprotkan hingga basah kuyup karena hal tersebut tidak baik bagi kucing kesayangan kita.

Oya perhatikan juga jangan sampai kita menyemprotkan obat ini didaerah mata kucing, karena obat kutu ini termasuk obat keras. Cairan yang mengenai mata kucing akan berdampak buruk bagi kesehatan kucing kesayangan kita.

Selain jangan mengenai mata kucing, obat kutu spray ini juga jangan sampai mengenai wajah dan mulut kucing. Untuk kucing usia 2 bulan atau kurang tidak disarankan menggunakan obat spray kutu ini.

5. Gunakan Kalung Anti Kutu Kucing

Salah satu cara alternatif dalam membasmi kutu pada kucing kesayangan kita adalah dengan mengenakan kalung khusus anti kutu. Sama seperti kalung kucing pada umumnya, cukup kita pasangkan kalung ini dileher kucing.

Waktu penggunaan efektif kalung anti kutu ini kurang lebih 1 bulan, setelah lewat 1 bulan manfaat dari kalung ini untuk membasmi kutu pada kucing akan berkurang. Cara kerja kalung ini yaitu dengan mengeluarkan aroma obat yang tidak disukai kutu.

6. Gunakan Obat Alami untuk Membasmi Kutu

Selain pengobatan kutu kucing diatas kita juga dapat menggunakan cara alami, caranya yaitu dengan mengoleskan minyak tawon pada bagian tubuh kucing yang kerap disinggahi kutu.

Biasanya kutu kucing suka berkumpul didaerah ketiak kucing dan daerah tersebut cukup kita oleskan minyak tawon dengan cara diusap-usapkan.

Minyak tawon sangat aman bagi kucing, hanya saja saat menggunakan ini kucing kesayangan kita akan sedikit merasa tidak nyaman.

Hal itu disebabkan karena minyak tawon yang kita oleskan pada tubuh kucing akan memberikan rasa panas, tetapi hal itu tidak berbahaya bagi kucing kesayangan kita.

Penggunaan minyak tawon untuk membasmi kutu pada kucing sangat aman digunakan bagi kucing hamil maupun kitten.

7. Suntik Ivermectin

Untuk membasmi kutu pada kucing kita dapat mengunjungi dokter hewan dan meminta suntik ivermectin. Suntik ivermectin ini hanya dapat membasmi kutu dewasa saja dan tidak dapat membasmi telur kutu yang ada ditubuh kucing kesayangan kita.

Untuk itu kita harus mengulang penyuntikan ivermectin pada kucing kita ini setidaknya sebulan kemudian, dan ulangi hingga sekurangnya 3 kali suntikan.

Penyuntikan ivermectin tidak disarankan untuk kucing dibawah 2 bulan, karena dapat menyebabkan keracunan pada kucing.

Dari beberapa cara membasmi kutu diatas kita sebagai pemilik kucing harus dapat dengan bijaksana memilih cara yang lebih efektif dan aman bagi kesehatan kucing kesayangan kita.

Kebersihan adalah kunci utama dari kesehatan kucing kesayangan kita, karena kutu dapat terus berkembang biak bila kucing tidak sering dimandikan.

Selain itu perhatikan kucing-kucing lain yang bersosialisasi dengan kucing kesayangan kita, karena penyebaran kutu sangat cepat menular dari kucing lain yang juga terkena kutu.

Demikian sedikit informasi dari admin hewanpeliharaan.info tentang berbagai cara membasmi dan menghilangkan kutu pada kucing, obat serta perawatannya.

Perhatikan selalu tingkah laku kucing kesayangan kita, apabila kucing tersebut selalu menggaruk-garuk tubuhnya terutama disekitar telinga dan leher maka segera mungkin kita periksa dengan seksama. Karena kemungkinan kucing kesayangan kita tersebut terserang kutu.

Bila terlihat tanda-tanda adanya kutu ditubuh si kucing, segera lakukan perawatan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Karena penanganan yang terlambat akan membuat kutu berkembang lebih banyak lagi dengan menghasilkan ratusan telur yang siap menetas dan menjadi kutu-kutu baru.

Leave a Comment