Cara Sukses Menanam Tomat Costoluto Genovese dalam Polybag

Cara Menanam Tomat Sudah tahukah Anda apa itu tomat costoluto genovese? Jika belum, simak penjelasan berikut ini tentang tomat costoluto genovese dan cara menanamnya didalam polybag.

Tomat Costoluto Genovese merupakan salah satu varietas tomat yang memiliki ukuran besar-besar. Diameter dari tomat ini bisa mencapai 10 cm setiap buahnya.

Bentuk dari buah tomat jenis ini ialah bergelombang, tidak beraturan dan keriting, seperti buah tomat belimbing.

Daging tomat Costoluto Genovese ini tebal dan teksturnya juicy dan berair. Tomat jenis ini memiliki cita rasa yang asam manis khas tomat Itali serta termasuk dalam golongan tomat beefsteak.

Berikut ini akan dibahas bagaimana cara menanam buah tomat costoluto Genovese dalam polybag.

Cara Menanam Tomat Costoluto Genovese dalam Polybag

cara Menanam Tomat Costoluto Genovese dalam Polybag
www.harvesttotable.com

Sebelum disemai, benih direndam selama 2 jam dalam air dingin kemudian disemaikan didalam tray persemaian yang diisi dengan campuran pupuk organik dan tanah dengan perbandingan 1:1 kemudian disiram dengan air sampai media lembab dan diletakkan ditempat teduh.

Benih akan tumbuh setelah 5-7 hari semai dan harus menunggu muncul 5-6 helai daun sebelum dipindahkan ke lahan.

Setelah daun muncul 5-6 helai daun, bibit siap dipindahkan kedalam polybag.

Polybag yang digunakan sebaiknya polybag yang berukuran 35 x 35 atau lebih besar, agar pertumbuhan akar dan simpanan air dalam media tanam nantinya cukup untuk menjamin pertumbuhan tanaman.

Polybag diisi dengan campuran tanah dan pupuk organik 1:1 dan usahakan tidak terlalu penuh mengisinya agar terdapat ruang untuk melakukan pembubunan nantinya.

Gunakan pencungkil (lihat cara memindah bibit disini) untuk memindahkan tray semai kedalam polybag agar perakaran tidak rusak dan tanaman tidak layu setelah dipindahkan.

Setelah tanaman dipindah kedalam polybag, beri pengairan yang teratur, pasang ajir dan lakukan pemangkasan/prunning untuk tunas-tunas baru dibagian bawah serta daun yang sudah menguning.

Jangan lupa menambahkan media tanamam serta pupuk organik ketika tanaman mulai kelihatan akarnya, ini disebut pembubunan.

Setelah muncul bunga pertama, bersihkan semua tunas baru dan daun yang tua dibawah bunga, sehingga pertumbuhan bunga baik dan iklim mikro sekitar tanaman cocok untuk proses pembungaan dan pembentukan buah.

Ketika buah sudah mulai terbentuk, lakukan pemupukan dengan pupuk organik 5 hari sekali sampai buah masak.

Bagaimana? Mudah sekali kan cara menanam tomat Costoluto Genovese dalam polybag. Anda bisa praktek di rumah dengan menggunakan cara diatas. Semoga berhasil.

Leave a Comment