Cara Membuat Tempat Pensil Dari Kain Flanel

Sebagaimana kita tahu bahwa tempat pensil merupakan wadah yang berfungsi untuk menampung seluruh alat-alat tulis. Lantas, bagaimana jika tempat pensil yang kamu miliki selama bertahun-tahun kemudian hilang dan rusak? Eits, jangan keburu beli yang baru. Asal kreatif, kamu bisa kok mencoba cara membuat tempat pensil dari kain flanel sendiri di rumah.

Percaya atau tidak, ternyata tempat pensil yang terbuat dari kain flanel ini lebih praktis sekaligus tahan lama jika dibandingkan dengan tempat pensil besi atau plastik.

Langkah-langkah yang ditempuh dalam cara membuat tempat pensil dari kain flanel ini terbilang mudah. Sebab kita hanya menggunakan kancing sebagai penutupnya, bukan resleting. Bahan yang dipakai pun juga sederhana, yakni kain flanel beserta peralatan jahit.

Baiklah, dalam tutorial kerajinan tangan kali ini kami akan mengulas dua cara membuat tempat pensil dari kain flanel. Yang pertama, cara membuat tempat pensil dari kain flanel tanpa resletleting. Yang kedua, cara membuat tempat pensil dari kain flanel yang bisa digulung.

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel Tanpa Resleting

Siapkan alat-alatnya terlebih dahulu…

  • Kain flanel
  • Kancing ukuran besar
  • Jarum dan benang
  • Gunting dan lem
  • Kain Pita dengan panjang 30cm
  • Mesin jahit (bila perlu)

Jika semua bahan dan alat telah dipersiapkan, maka selanjutnya kita akan memasuki langkah-langkah berikut.

1. Menggunting Kain Flanel Menjadi Dua Ukuran Berbeda

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel

blog.qlapa.com

Potong kain flanel yang telah kamu siapkan menjadi dua ukuran berbeda. Ukuran pertama, sesuaikan dengan peralatan tulis paling panjang kemudian beri jarak beberapa sentimeter.

Ukuran kedua, potonglah dengan ukuran lebih panjang. Kurang lebih sekitar 10 sampai 15 sentimeter dari ukuran kain flanel pertama. Lalu sisakan sekitar 10 sampai 12 sentimeter untuk ukuran lebarnya.

2. Mulai Menjahit Sisi Kain

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel

blog.qlapa.com

Jika dua kain tadi sudah dalam ukuran berbeda, maka saatnya kita menjahit agar kedua bergabung menjadi satu. Jahit tiap pinggiran kedua kain, kecuali bagian atas dengan menggunakan teknik jelujur agar lebih kuat dan memudahkan.

Mengapa bagian atas tidak dijahit? Karena nantinya akan menjadi akses keluar-masuk alat tulismu.

3. Memasang Kancing pada Sisi Kain Flanel yang Lebih Pendek

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel

blog.qlapa.com

Apabila jahitan sepanjang kedua sisi sudah terlihat rapi dan sempurna, kini saatnya kamu pasangkan alat pengaitnya yaitu kancing. Tak lain pengait ini berfungsi sebagai penutup tempat pensil agar isinya tidak mudah keluar.

Posisikan pengait di bagian tengah agak ke atas agar bisa dijangkau oleh sisa kain yang lebih panjang. Teknik menjahitnya sangatlah sederhana, asalkan kuat dan kencang.

4. Menambahkan Pita pada Kain Flanel yang Lebih Panjang

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel

blog.qlapa.com

Gunakan pita sebagai pasangan pengait kancing tadi yang sudah terpasang. Ke depannya, tempat pensil ini akan bisa buka tutup, cukup hanya dengan melilitkan pita ke sekeliling kancing.

Jika kamu malas menjahit, cukup gunakan lem kuat untuk memasangkan pita ke bagian atas belakang kain flanel yang lebih panjang.

5. Tempat Pensil dari Kain Flanel Tanpa Resleting Siap Untuk Digunakan

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel

livingwellmom.com

Taraaa! Selamat ya sudah berhasil bikin tempat pensil dari kreatifitas tanganmu sendiri. Kamu bisa memulai dengan mengisi beragam peralatan tulis penting seperti bolpen, pensil, stipo dan lain sebagainya.

Agar lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan hiasan dengan cara membuat paper flower, bunga dari kertas di bagian mana pun yang kamu sukai. Nah, semoga tutorial cara membuat dompet dari kain flanel tadi dapat mengasah keterampilanmu dalam berkreatifitas.

Baca juga:

  • Cara Membuat Dompet dari Kain Flanel
  • Cara Membuat Lampion dari Benang Wol

Cara Membuat Tempat Pensil Gulung dari Kain Flanel

Cara Membuat Tempat Pensil Gulung dari Kain Flanel

zhidiy.com

Berbeda dengan tutorial sebelumnya di atas, karena proses pembuatannya kali ini agak lebih sulit namun praktis digunakan. Anyway, tempat pensil gulung ini nantinya akan menempatkan pulpen dan pensil dalam slot khusus.

Penasaran kan modelnya kayak gimana? Yuk ikuti cara pembuatannya dengan mulai menyiapkan beberapa peralatan dan bahan sebagai berikut.

  • Kain flanel (bertekstur tebal)
  • Pita
  • Mesin jahit
  • Gunting dan pembolong/plong kertas
  • Jarum dan Benang
  • Pensil
  • Pin

Jika sudah, simak langkah-langkah cara membuat tempat pensil gulung dari kain flanel di bawah ini

zhidiy.com

Mula-mula kain flanel dipotong menjadi dua bagian berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang sama. Usahakan untuk tidak memangkasnya terlalu kecil agar kain tersebut nantinya lebih mudah saat digulung.

zhidiy.com

Kemudian berikan tanda pada salah satu kain flanel menggunakan alat pembolong/plong kertas pada 0,5 inch dari bagian tepi kain. Lanjutkan dengan memberikan tanda bolongan kembali pada bagian atas dan bawah garis di setiap jarak 3/4 inch.

Tiap bolongan usahakan berakhir pada titik yang berjarak 0,5 inci pula dari bagian tepi. Jika sudah, tumpuk kain flanel yang telah diberi lubang tersebut dengan kain flanel berikutnya yang tidak dilubangi.

zhidiy.com

zhidiy.com

Mulailah menjahit pada tiap tepi kedua kain flanel agar keduanya saling melekat. Lanjutkan dengan menjahit garis lurus di masing-masing sisi lubang yang telah dibuat. Sehingga muncullah sebuah garis yang memisahkan antara tempat pensil dengan peralatan tulis lainnya.

zhidiy.com

Jahit juga pita bagian luar kain flanel. Hanya menggunakan jarum dan benang saja. Tanpa harus menggunakan metode jahit yang rumit. Nantinya pita ini berfungsi sebagai pengkat tempat pensil agar segala sesuatu di dalamnya tidak mudah jatuh.

zhidiy.com

Sekarang cobalah untuk memasukkan bolpen dan pensil ke dalam tiap-tiap lubang yang telah dibuat. Agar terlihat rapi dan terorganisir, masukkan pensil pada lubang yang posisinya dalam satu garis lurus saja. Begitu juga dengan bolpen.

zhidiy.com

zhidiy.com

Sentuhan terakhir, cobalah juga menggulung dan mengikatnya dengan menggunakan pita yang sudah dipasang di bagian depan. Taraa!! tempat pensil gulung dari kain flanel siap untuk digunakan.

NB: Disarankan menggunakan mesin jahit agar proses menjahit tempat pensil kain flanel ini bisa segera selesai. Sebab dari banyak sekali bagian yang harus dijahit untuk menyelesaikannya.

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.