Begini Cara Membuat Lampion Sederhana dari Botol Bekas

Gemerlap lampion terkadang bisa kita nikmati saat perayaan Tahun Baru Imlek oleh masyarakt etnis Tionghoa. Saking cantiknya, cahaya lampion-lampion itu nampak begitu menarik di mata kita. Lantas bagaimanakah cara membuat lampion sederhana dari botol bekas? Dan bagaimana awal mula sejarahnya? Berikut liputannya.

Lampion mulai berkembang pesat di Indonesia semenjak era reformasi. Di orde sebelumnya atau disebut dengan orde baru, masyarakat etnis Tionghoa Indonesia biasanya merayakan hari raya secara tertutup.

Baca juga : Cara Membuat Lampion dari Benang Wol

Kemudian sebuah perubahan besar terjadi di era pemerintahan presiden keempat RI, yakni Bapak K.H. Abdurrahman Wahid. Ulama yang akrab disebut Gus Dur ini menyatakan bahwa Tahun Baru Imlek secara resmi ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Sejak saat itu, masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia merasa senang dan bahagia karena bisa merayakan hari raya Imlek secara terbuka. Sejak saat itu pula lampu-lampu lampion yang berhamburan di angkasa mulai menghiasi gelapnya langit di Indonesia.

cara membuat lampion sederhana

Sekitar 2000 tahun yang lalu, tepatnya di zaman kekaisaran Dinasti Han lampion telah melekat dengan adanya hari-hari perayaan dan momen bahagia lainnya. Sebagian masyarakat mengira bahwa pembuatan lampion saat itu menggunakan kertas sebagai bahan utama. Sebab penemuan lampion nyaris berbarengan dengan cara pembuatan kertas.

Meskipun pada kenyatannya, lampion sendiri dapat dibuat melalui berbagai bahan. Misal benang wol, botol bekas dan minyak kertas (jika ingin terbang). Seiring berjalannya waktu, lampion mulai terkenal dan sudah diperjual belikan secara bebas di Indonesia.

Jika kamu sedikit lebih kreatif, sebenarnya kamu tidak perlu membeli lampion. Karena seperti kita tahu bahwa harga pasaran lampion kini lumayan mahal. Antara 50 ribu hingga mencapai ratusan ribu rupiah, tergantung dari kesulitan proses pembuatannya.

Bahan dan Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas Sederhana

Mau tahu cara membuat lampion dari botol bekas? Yuk, siapkan peralatannya sebagai berikut.

  • Pisau
  • Tang
  • Baterai
  • Kawat berukuran pendek
  • Botol air mineral bekas (ukuran 600ml)
  • Lampu LED berbentuk lilin menggunakan daya baterai

Jika semua alat di atas telah disiapkan, kini saatnya kita menuju langkah membuat lampion secara sederhana. Selamat mencoba!

  1. Lepas label botol sembari dibilas hingga bersih
  2. Bagian bawah botol dipotong untuk membentuk sebuah lubang yang panjangnya 1,5 inci
  3. Haluskan potongan tersebut dengan menggunakan kikir untuk menghilangkan resistensi
  4. Potong sedikit kedua sisi garis, yakni sekitar 1,5 inci. Pastikan potongan tersebut tidak terlalu nampak.
  5. Bagian tengah pada tutup botol di buat lubang dengan menggunakan bor sebagai tempat masuknya kawat
  6. Setelah kawat masuk ke dalam lubang, jangan lupa tekuk bagian atas kawat menggunakan tang. Hal ini bertujuan agar kawat bisa digantung.
  7. Kemudian tutup botol dipasang secara rapat kebagian leher botol agar tidak mudah tergelincir
  8. Kemudian pasanglah lampu LED yang telah diisi dengan baterai ke dalam botol.
  9. Lampu bisa dimasukkan melalui celah yang ada pada sisi bawah botol. Jika sudah, maka lampu LED boleh dinyalakan.
    lampion sederhana dari botol

Sekian dari cara membuat lampion sederhana dari botol bekas. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di bagian kolom komentar.

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.