Cara Membuat Burung dari Kertas Origami

Kita tahu bahwa origami memang dibuat khusus untuk membuat kerajinan tangan. Salah satunya adalah cara membuat burung dari kertas. Origami sejatinya berasal dari bahasa Jepang. Dimana “ori” berasal dari kata oru yang berarti melipat. Sementara “gami” berasal dari kata kami yang artinya kertas.

Jadi, origami secara bahasa dapat diartikan dengan seni melipat kertas. Origami kini tidak hanya marak di Jepang, namun juga hampir seluruh dunia. Kertas origami tersedia dalam bentuk persegi. Warnanya pun juga beraneka ragam, sesuai dengan selera.

Baca juga : Cara Membuat Pesawat dari Kertas

Sebagian masyarakat Jepang meyakini bahwa barang siapa yang membuat seribu burung dari kertas, maka keinginannya akan terkabulkan. Namun mitos tetaplah mitos. Kepercayaan tersebut hanyalah bagian dari sepenggal dongeng masa lalu yang tak perlu kita yakini seutuhnya.

Cara Membuat Burung dari Kertas Origami

Baiklah daripada banyak berbasa-basi, kini kita langsung mulai saja ke cara membuat burung dari kertas. Perlu diingat bahwa media yang digunakan dalam tutorial kali ini ialah kertas origami, bukan yang lain.

Gambar 1 | wikihow.com

Pertama, lipatlah kertas origami yang telah kamu siapkan secara diagonal. Yakni dengan mempertemukan sudut atas kertas menuju sudut bawah. Selanjutnya tekan garis lipatan kertas.

Gambar 2 |wikihow.com

Apabila kertas bentuknya telah berubah menjadi segitiga, maka buka kembali lipatannya. Sehingga bentuknya kembali menjadi persegi. Kemudian buat lipatan secara diagonal kembali. Kali ini dengan sudut lainnya antara bawah dan atas.

Gambar 3 |wikihow.com

Buka kembali, hasil kedua lipatan tersebut akan membentuk huruf X. Berikutnya lipatlah kertas secara horizontal dan vertikal. Jangan lupa untuk menekan kedua lipatan kertas tersebut untuk mempertegas. Lalu buka kembali lipatan.

Kali ini merupakan titik tersulit dari cara membuat burung dari kertas. So simak secara perlahan guys. Baiklah, dimulai dari sudut bawah kertas persegi yang sudah dilipat tadi menghadap bagian dada kamu.

Gambar 4 |wikihow.com

Kedua sisi kertas sepanjang lipatan horizontal dijepit agar sudut kanan dan kiri dapat dipertemukan ke sudut bawah. Nantinya kedua sisi tersebut akan menyatu di tengah. Sementara sudut atasnya akan terlipat menumpuk, sehingga menjadi persegi dengan ukuran yang kecil.

Gambar 5 |wikihow.com

Sudut bawah di bagian sisi kiri kertas kemudian di lipat menuju ke bagian dalam atau tengah. Tekan kertas agar lipatannya lebih dipertegas. Jika sudah, maka bagian tepinya akan sejajar dengan lipatan tengah.

Gambar 6 |wikihow.com

Begitu pula dengan sisi kanannya, juga diperlakukan seperti halnya sisi kiri. Lakukan lipatan lapisan depan kertas dari ujung sudut kiri menuju ke tengah agar lipatannya menjadi nampak sejajar. Jangan lupa tekan kertas yang dilipat.

Gambar 7 |wikihow.com

Kertas kemudian dibalik. Lalu lakukan lipatan yang sama (seperti nomer 5 dan 6). Kini kedua sisi kertas telah nampak seperti halnya layang-layang. Bagian atas layang-layang tadi selanjutnya dilipat dan ditekan. Jika sudah, maka buka kembali lipatannya.

Gambar 8 |wikihow.com

Dilanjutkan dengan membuka layang-layang itu Posisi kertas lalu diarahkan hingga sudut bawahnya menuju ke hadapan kamu. Lapisan depan diangkat dari sudut bawah menuju ke atas. Kemudian pipihkan. Kini kertas sekilas nampak seperti wajik dengan bentuk layang-layang diatasnya.

cara membuat burung dari kertas warna pink

Gambar 9 | wikihow.com

Ulangi lagi lipatan diatas dengan membalikkan kertasnya terlebih dahulu. Mulai dengan membuaka layang-layang pada kertas sisi belakang. Sudut bawah kertas kemudian diarahkan menghadap ke arah kamu. Dari sudut bawah lapisan depan kertas diangkat ke atas. Lalu pipihkan agar nampak rapi. Kini, sisi depan dan belakang kertas telah membentuk simbol wajik. Pastikan dua sisi wajik tersebut harus betul-betul sejajar dengan yang lain.

burung dari origami

Gambar 10 | wkihow.com

Kedua bagian yang ada di bagian bawah selanjutnya dilipat dengan cara diagonal. Bagian kanan dilipat ke sebelah kanan atas, bagian kiri juga dilipat ke sebelah kiri atas. Keduanya harus dilipat secara diagonal. Kini, kamu mempunyai tiga segitiga yang keseluruhan arahnya menghadap ke atas.
Langkah paling mudah dalam cara membuat burung dari kertas origami ialah melipat bagian sayap, seperti gambar berikut ini.

Gambar 11 | wikihow.com

Gambar 12 | wikihow.com

Gambar 13 | wikihow.com

Gambar 14 | wikihow.com

cara membuat burung dari kertas origami paling mudah

Gambar 15 | wikihow.com

Semoga tutorial cara membuat burung dari kertas ini dapat mengasah kerajinan tangan kamu. Selamat mencoba!

Video Tutorial Cara Membuat Burung dari Kertas Origami

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=QpwezRCO0d8]

to be continue…

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.