Cara Membuat Bunga dari Kantong Plastik/Kresek Bekas

Tak dapat dipungkiri jika kantong plastik bekas merupakan satu dari penyebab utama adanya pencemaran tanah. Meskipun begitu, siapa yang mengira jika sampah tersebut bisa menjadi kerajinan tangan bernilai tinggi. Salah satunya yakni dengan cara membuat bunga dari kantong plastik bekas.

Kantong plastik bekas memiliki bahan yang bersifat lentur, tipis dan transparan. Tampilannya pun bisa berwarna-warni, sehingga sangat cocok sekali sebagai bahan yang murah sekaligus mudah diperoleh dalam membuat bunga dan kerajinan tangan lainnya.

Sebelum memulai langkah-langkah membuat bunga dari kantong plastik, siapkan peralatan dan bahan sebagai berikut:

  • Kantong kresek (warna bisa disesuaikan)
  • Gunting
  • Benang dan Jarum

Tutorial Cara Membuat Bunga dari Kantong Plastik

Mula-mula buatlah pola terlebih dahulu. Disarankan untuk menggunakan kantong kresek tebal, bukan kresek tipis agar lebih mudah membuatnya. Diawali dengan menggunting kantong kresek sepanjang 4 hingga 5 cm. Kemudian potong kembali agar terbagi menjadi beberapa bagian pola. Lalu lipat.

membuat bunga

100gambarbunga.blogspot.com

Dilanjutkan dengan membuat potongan lagi, tergantung dari seberapa banyak kamu akan membuat bunga dari kantong plastik ini. Bentuk dan ukuran pola bisa kamu lihat melalui gambar di bawah ini.

cara membuat bunga dari kantong plastik

100gambarbunga.blogspot.com

Jika pola telah selesai dibuat dengan jumlah yang sesuai keinginan, maka langkah berikutnya yakni penyatuan. Lakukan penyatuan pola dalam cara membuat bunga dari kantong kresek berikut dengan menggunakan benang.

Gunakan jarum untuk memasukkan benang sesuai dengan lipatan yang telah dibentuk. Kemudian susun secara bersilangan. Apabila sudah nampak cukup banyak, maka kamu hanya mengikatanya saja di bagian kedua ujung benang seperti gambar berikut.

cara membuat bunga dari kantong kresek

100gambarbunga.blogspot.com

Jangan lupa untuk melengkungkan kelopak di bagian paling atasnya untuk menambahkan sentuhan artistik. Sehingga bunga dari kantong plastik ini terlihat kuncup agar nampak persis seperti bunga pada umumnya.

cara membuat bunga dari kantong plastik dan kresek bekas

100gambarbunga.blogspot.com

Demikian tutorial cara membuat bunga dari kantong plastik/kresek bekas. Kamu bisa memanfaatkan hasil kerajinan tanganmu di atas sebagi hiasan ruangan. Entah itu ditaruh di kantong atau di meja ruang tamu.

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.