Cara Alami dan Murah Menggemukkan Kucing Kesayangan dengan Kuning Telur

Cara Alami dan Murah Menggemukkan Kucing Siapa yang tidak suka melihat kucing dengan tubuh yang semok dan berjalan dengan lucu. Badan yang gembul dan berisi, ditambah bulu yang lebat dan sehat.

Terkadang kita merasa heran mengapa kucing kesayangan kita terlihat sangat kurus dan badannya tidak terlihat berisi, padahal makannya juga banyak.

Sebagian pecinta kucing memang merasa kucing yang gemuk akan terlihat lebih menggemaskan, tetapi kucing yang terlalu gemuk juga tidak baik bagi kesehatan kucing.

Apalagi jika si kucing mengalami obesitas, walaupun terlihat lucu tapi tidak baik bagi kesehatan si kucing. Karena kucing yang terlalu gemuk akan rentan terkena penyakit, terutama penyakit jantung, diabetes dan penyakit kulit.

Jadi jangan sampai maksud hati ingin membuat kucing terlihat lucu dengan gemuknya malah si kucing menderita karena penyakit.

Hal ini tentu tidak baik bagi kucing dan kita sebagai pemilik pasti akan merasa tidak nyaman melihat kucing kesayangan terkena penyakit.

Sama seperti manusia dan makhluk hidup lainnya, hal pokok yang membuat gemuk badan si kucing kesayangan kita terletak pada apa yang dimakan.

Tentunya selain porsi makanannya, kandungan protein yang tinggi sangat dibutuhkan untuk membuat kucing menjadi gemuk. Untuk dry food kamu bisa pilih salah satu varian dari Royal Canin yaitu Royal Canin Exigent.

Selain Royal Canin Exigent, dry food merk lain yang juga mempunyai kandungan protein tinggi baik untuk kucing adalah Proplan. Royal Canin Exigent dan Proplan merupakan dua dry food yang terkenal oleh para pecinta kucing sebagai makanan yang baik dan tepat untuk menggemukan kucing kesayangan kita.

Bahkan beberapa pecinta kucing menyebutkan hanya dengan sebulan menggunakan produk ini kucing sudah terlihat gemuk. Tetapi bagaimana dengan harganya? Harga dari kedua makanan kucing tersebut bagi sebagian orang memang mahal.

Walaupun hal tersebut sebanding dengan manfaatnya. Tetapi jangan khawatir. Selain makanan pabrikan tersebut, kita juga bisa membuat kucing menjadi gemuk dengan makanan yang alami serta murah yaitu dengan menyajikan kuning telur pada si kucing.

Cara Menggemukan Kucing dengan Kuning Telur

Seperti kita tahu bahwa kuning telur mengandung kandungan gizi yang tinggi. Kandungan gizi pada kuning telur seperti kandungan air 49.4 gram, protein 10.8 gram, karbohidrat 0.7 gram, vitamin B20, vitamin B10, zat besi, asam nikotenat, fosfor, kalsium, potasium, asam pantotenat, seng dan sulfat.

Pada kuning telur juga terdapat omega 3 yang bermanfaat bagi tubuh. Jika pada manusia kuning telur dapat membuat tubuh segar dan bugar, begitu juga untuk kucing kesayangan kita. Selain untuk menggemukan badan kucing, manfaat kuning telur juga meningkatkan daya tahan tubuh kucing.

Kuning telur dapat diberikan pada kucing tanpa perlu direbus terlebih dahulu, yang kita berikan pada kucing hanya kuning telur mentah saja.

Caranya taruh kuning telur pada mangkuk kecil dan biarkan kucing kesayangan kita menjilatinya sampai habis. Kebanyakan kucing menyukai kuning telur mentah, tetapi ada juga kucing yang sulit untuk diberikan kuning telur mentah.

Untuk kucing yang tidak suka kuning telur mentah secara langsung, kita dapat juga mencampurnya dengan makanan basah seperti daging ayam atau ikan yang sudah direbus. Atau kita bisa juga membeli makanan basah seperti whiskas dan mencampurnya dengan kuning telur.

Agar manfaat kuning telur bisa maksimal, kita bisa menambahkan minyak ikan atau vitamin untuk campurannya. Beberapa pecinta kucing terkadang mencampurkan Natur E atau Scott Emulsion sebagai campuran.

Waktu pemberian kuning telur pada kucing 2 sampai 3 kali seminggu, untuk setiap pemberian hanya butuh 1 butir kuning telur. Perhatikan berat badan kucing setiap minggunya, bila kucing sudah terlihat gemuk dan ideal maka pemberian kuning telur dapat dikurangi menjadi 2 atau 4 kali dalam sebulan.

Perubahan berat badan pada kucing akan berbeda-beda antara kucing yang satu dengan kucing yang lain, hal itu disebabkan karena banyak hal.

Diantaranya penyerapan gizi pada tiap tubuh kucing berbeda, kondisi lingkungan kucing serta tingkat stres pada kucing. Rasa nyaman pada kucing merupakan hal yang utama, berikan waktu untuk kucing bermain, melompat, berlarian, berjemur, mencakar dan kegiatan-kegiatan lain yang menjadi kebutuhan kucing.

Karena perasaan nyaman juga dapat meningkatkan nafsu makan pada kucing. Oya, jangan sekali-kali memberikan ikan asin pada kucing walaupun si kucing sangat suka. Ikan asin dapat menimbulkan kerontokan pada bulu kucing, dan itu sangat tidak baik.

Kuning telur bagus untuk kucing karena mengandung gizi yang baik bagi kesehatan kucing kita. Tetapi bagaimana dengan putih telur? Jangan sekali-kali memberikan putih telur pada kucing kesayangan kita, apalagi putih telur yang masih dalam keadaan mentah.

Memberikan putih telur yang mentah pada kucing bisa berakibat defisiensi biotin. Hal ini karena putih telur mentah banyak terdapat protein yang bersifat mengikat biotin sehingga dapat mencegah penyerapannya pada tubuh kucing.

Biotin merupakan kelompok vitamin B Kompleks yang dibutuhkan untuk kesehatan kucing kita, karena biotin bersifat memelihara kesehatan kulit dan rambut, serta sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan pencernaan.

Selain itu biotin juga berguna agar otot dapat berfungsi dengan baik. Saran yang baik untuk memberikan putih telur pada kucing sebaiknya direbus terlebih dahulu, karena apabila putih telur direbus akan mengurangi zat avidin. Zat avidin adalah zat yang terdapat pada putih telur mentah yang dapat mengurangi ketersediaan vitamin B biotin.

Untuk yang ingin kucing kesayangannya menjadi gemuk dapat memberikan kuning telur seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Tetapi menjaga kebersihan kandang, tempat makan dan minum juga menjadi hal yang penting. Karena kandang atau tempat makan dan minum yang terkontaminasi kuman akan menyebabkan kucing kesayangan kita gampang sakit.

Sama seperti manusia, saat sakit kucing juga akan mengalami penurunan nafsu makan dan ini juga akan berpengaruh pada berat badan kucing.

Jadi kita sebagai pemilik kucing juga harus rajin membersihkan kandang serta tempat makan dan minum. Jangan lupa semprotkan cairan desinfektan agar kuman dikandang benar-benar mati.

Setiap pagi akan lebih baik apabila kucing kesayangan kita dijemur dibawah sinar matahari sekitar 10 sampai 15 menit, ajak kucing bermain diluar rumah, di teras maupun di halaman. Sinar matahari pagi pada kucing sangat baik untuk metabolisme tubuh.

Demikian sedikit informasi agar kucing kita dapat gemuk dengan cara yang alami serta murah. Intinya saat kita memelihara kucing harus baik untuk si kucing dan pemiliknya, karena banyak orang yang menjadi malas memelihara kucing karena biaya perawatan dan pemeliharaannya yang mahal.

Leave a Comment