Inilah 23 Air Terjun Terindah, Tertinggi dan Terbesar di Dunia

Air Terjun Terindah di Dunia Air adalah unsur yang bisa memberikan kesejukan, ketenangan ,kesegaran bagi setiap orang. Selain itu, air juga memiliki nilai seni atau keindahan sebagai bukti kekuasaan sang maha pencipta yang telah dan mampu menciptakan segala keindahan.

Baca Juga:

Air terjun merupakan salah satu keajaiban alam yang paling indah di Bumi ini. Air terjun biasanya dijadikan sebagai tempat wisata karena pemandangannya yang begitu indah.

Ada banyak sekali air terjun di dunia ini dengan berbagai keindahannya masing-masing. Untuk kamu yang ingin melakukan travelling ke alam, deretan air terjun berikut mungkin bisa menjadi pilihan tujuan destinasi selanjutnya.

Daftar Air Terjun Terindah, Tertinggi dan Terbesar di Dinia

1. Air Terjun Terindah di Dunia – Angel, Venezuela

air-terjun-terindah-di-dunia
findspicture.com

Air Terjun Angel atau Salto Angel yaitu air terjun jatuh-bebas paling tinggi yang ada di dunia dengan ketinggian mencapai 979 meter (3. 212 kaki) dengan jatuh tanpa ada hambatan lebih kurang 807 meter (2. 647 kaki). Air terjun ini terdapat di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela.

Walaupunpertama kali ditemukan pada awal abad ke-20 oleh penjelajah yang bernama Ernesto de Santa Cruz, namun air terjun ini tidak dikenal oleh dunia hingga ditemukan secara resmi oleh penerbang yang berasal dari Amerika, bernama James Crawford Angel yang tengah terbang mencari tempat tambang emas. Pada tahun 1936, James Angel kembali serta mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun tersebut.

Kemudian air terjun ini diberi nama ” Air terjun Angel ” untuk mengenang penemunya, yaitu James Crawford Angel. Suku Indian Pemon menyebut air terjun ini sebagai ” Auyan-tepui ” (” Aiyan-tepui “) yang mempunyai makna ” Gunung Setan “.

Ketinggian resmi air terjun ini ditetapkan oleh National Geographic Society pada tahun 1949. Air terjun ini menjadi atraksi turis paling populer dan paling ekstrim di Venezuela.

2. Air Terjun Terindah di Dunia – Ban Gioc Detian, Perbatasan China dan Vietnam

air-terjun-terindah-di-dunia
www.reddit.com

Air terjun Ban Gioc Detian di Vietnam dikenal sebagai thác Ban Giốc, yaitu rangkaian air terjun di Quy Xuan River di perbatasan Tiongkok-Vietnam, yang terdapat di dalam bukit Karst, Daxing County, di kota Chongzuo provinsi Guangxi, China, serta di Kabupaten Trung Khanh, provinsi Cao Bang, Vietnam, 272 kilometer di sisi utara Hanoi.

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai tiga puluh meter. Terpisah-pisah oleh batu karang serta pohon. Air terjun Ban Gioc Detian adalah satu diantara wisata air terjun paling besar di Asia dengan lebar lebih kurang 200 meter dan mempunyai 3 tangga aliran air terjun.

Air Terjun Ban Gioc Detian pun tercatat sebagai air terjun terbesar ke empat setelah air terjun Iguazu, Victoria, dan Niagara.

3. Air Terjun Terindah di Dunia – Browne Falls, New Zealand

air-terjun-terindah-di-dunia
www.wondermondo.com

Air terjun Browne Falls adalah air terjun raksasa yang terdapat di negara Selandia Baru, tepatnya di sekitar daerah Fiorland National Park. Air terjun ini mempunyai ketinggian lebih kurang 836 meter.

Air terjun Browne Falls bukanlah air terjun yang mengalir melewati tebing, namun berasal dari air yang mengalir menyusuri bentuk gunung yang sangat alami, yaitu dari danau sempit yang berada di pegunungan Browne.

4. Air Terjun Terindah di Dunia – Calf Creek, Utah

daftar air terjun terindah di dunia
www.templesquare.com

Air terjun Calf Creek ini berbeda dengan air terjun pada umumnya yang warna tebingnya adalah hijau dan basah dikarenakan banyak ditumbuhi lumut.

Air terjun Calf Creek mempunyai tebing berwarna cokelat yang terlihat seperti tebing yang sangat kering.

Calf Creek ini dikenal juga sebagai air terjun abadi yang terdapat di wilayah Grand Staircase Escalante Monumen Nasional di Utah.

Tinggi dari air terjun ini adalah 214 kaki dan 126 kaki, sehingga untuk mencapai ke atas air terjunnya bisa dengan berjalan kaki.

5. Air Terjun Terindah di Dunia – Dettifoss, Islandia

air terjun terbesar
guidetoiceland.is

Air terjun Dettifoss berlokasi di Taman Nasional Vatnajokull di timur laut Islandia, serta di kenal sebagai air terjun yang paling kuat di wilayah Eropa.

Air terjun Dettifoss juga termasuk air terjun paling besar di Eropa dalam hal debit volume air, yang mempunyai aliran air rata-rata dari 193 meter kubik/detik.

Volumenya seringkali bertambah, apalagi saat cuaca atau aktivitas vulkanik yang dapat memicu pencairan glasial pada gletser es Vatnajokull.

Karena sangat kuat debit airnya, air terjun ini bisa membuat batu di sekelilingnya bergetar, serta getarannya bahkan juga bisa dirasakan dengan tangan.

Dettifoss berlokasi di sungai Jokulsa a Fjollum, yang mengalir dari gletser Vatnajokull serta mengumpulkan air dari wilayah luas di timur laut Islandia.

Waktu musim gugur tiba, lebar air terjun ini dapat mencapai100 meter serta dapat menjatuhkan air setinggi 45 meter ke canyon Jokulsargljufur.

Bila dipandang dari barat, panorama air terjun inibakal terlihat seutuhnya, serta dengan berjalan kaki sebentar, pengunjung akan sampai diatas lava bendungan serta garis patahan, sebagai tempat paling strategis dalam menyaksikan keindahan air terjun ini.

6. Air Terjun Terindah di Dunia – Dunhinda, Srilanka

air terjun terbesar di dunia
dunhidawaterfall.blogspot.com

Air terjun Dunhinda merupakan air terjun yang terdapat lebih kurang 5 kilometer (3, 1 mil) dari Badulla kota di Sri Lanka. Air terjun Dunhinda merupakan satu diantara air terjun paling indah di dunia.

Air terjun Dunhinda ini memiliki ketinggian sekitar 210 kaki (64 m) serta memperoleh julukan air tetesan embun kabut.

Air terjun ini berasal dari aliran sungai Badulu Oya yang melintas di wilayah kota Badulla. Untuk dapat mencapai air terjun Dunhida, para pengunjung harus jalan kaki kira-kira lebih kurang 1 kilometer.

7. Air Terjun Terindah di Dunia – Gocta Falls, Peru

air terjun tertinggi di dunia
aimperu.blogspot.com

Air terjun Gocta Falls merupakan sebuah air terjun yang terletak di hutan Amazon. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 771 meter.

Air terjun ini termasuk air terjun istimewa dengan panorama dan keindahan hutan hujan amazon di sekelilingnya.

8. Air Terjun Terindah di Dunia – Gullfoss, Islandia

air terjun terindah di dunia
gullfoss.is

Air Terjun Gullfoss merupakan air terjun yg berlokasi di sungai Hvítá, Islandia. Air terjun Gullfoss adalah salah satu objek wisata paling populer di Islandia.

Air terjun ini mempunyai ketinggian berkisar 32 meter dengan 2 tingkatan.

9. Air Terjun Terindah di Dunia – Iguazu, Amerika Selatan

air terjun terbaik di dunia
www.wondermondo.com

Air terjun Iguazu merupakan salah satu air terjun yang berlokasi di wilayah perbatasan antara negara Brazil dan Argentina.

Air terjun ini pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah asal Spanyol yang bernama Conquistador Álvar Núñez Cabeza de Vaca pada tahun 1541.

Air terjun Iguazu ini membagi sungai menjadi dua bagian yaitu sungai atas dan sungai bawah, sehingga air terjun ini juga terbagi menjadi dua susun atau dua tingkat.

10. Air Terjun Terindah di Dunia – Niagara, Kanada/Amerika Serikat

air terjun paling indah dan paling besar
www.beautytour.info

Air terjun Niagara merupakan air terjun besar di sungai Niagara yang terletak di garis wilayah perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat, New York dengan provinsi Kanada, Ontario.

Air terjun Niagara berjarak kurang lebih 17 mil (27 km) di sebelah utara-barat laut dari Buffalo, New York dan 75 mil (120 km) sebelah tenggara Toronto, Ontario.

Walaupun air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan paling populer di dunia.

Debit air yang dijatuhkan oleh air terjun ini lebih dari 6 juta kaki kubik (168.000 m3) air per menit dan menjadikannya sebagai air terjun yang paling kuat di wilayah Amerika Utara.

11. Air Terjun Terindah di Dunia – Nohkalikai, India

air-terjun-terindah-di-dunia
easyvivek.wordpress.com

Air terjun Nohkalikai merupakan air terjun tertinggi di India dan berada pada ketinggian sekitar 335 meter. Air terjun Nohkalikai terletak di dekat salah satu tempat paling basah di bumi yaitu Cherrapunji.

12. Air Terjun Terindah di Dunia – Ouzoud, Maroko

air-terjun-terindah-di-dunia
www.moroccoculturetravel.com

Nama Ouzoud ini diberikan karena di wilayah tersebut terdapat sebuah pabrik. Ouzoud memiliki arti penggiling biji-bijian.

Air terjun ini terletak di dekat desa grand Atlas Tanaghmeilt. Berjarak kurang lebih 150 km dari Marrakech, Maroko.

13. Air Terjun Terindah di Dunia – Air Terjun di Danau Plitvice, Kroasia

air-terjun-terindah-di-dunia
www.dailyforest.com

Salah satu air terjun terindah di dunia adalah air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Danau Plitvice, Kroasia. Keindahan dari air terjun-air terjun kecil tersebut akan membuat Anda berdecak kagum.

Meskipun disebut sebagai danau Plitvice, namun sebenarnya kawasan ini tak sepenuhnya adalah danau. Kawasan ini malah hampir di penuhi oleh batuan kapur yang membentuk tebing-tebing eksotis nan indah.

Tebing-tebing kapur tersebut yang memiliki puluhan air terjun indah dan mempesona. Air nya yang biru kehijauan mengalir dengan deras dari berbagai titik.

14. Air Terjun Terindah di Dunia – Puente de Dios, San Luis Potosí, Mexico

air-terjun-terindah-di-dunia
www.trekearth.com

Air terjun Puente de Dios terletak di di Tamosopo, San Luis Potosi, Meksiko. Air terjun ini memiliki pesona yang sangat indah dengan air yang sangat jernih.

Selain indah, pada air terjun ini terdapat jurang sempit dan gua bawah air di sungai Gallinas. Banyak sekali para wisatawan yang berenang di sungai yang berada di kawasan air terjun Puente de Dios ini.

15. Air Terjun Terindah di Dunia – St Nectan’s Glen, Cornwall

air-terjun-terindah-di-dunia
www.toptenz.net

Air terjun St Nectan’s Glen ini terletak di kawasan hutan Trethevy, sebelah utara kota Cornwall, Inggris.

Yang membuat air terjun ini menarik adalah bentuk tengahnya mirip lubang yang menghubungkan antara air tejun di atas dengan air terjun dibawahnya.

Lubang tersebut seolah menjadi sebuah gerbang pengantar antara air terjun berketinggian 60 kaki tersebut dengan sungai yang ada di bawahnya.

16. Air Terjun Terindah di Dunia – Sutherland, New Zealand

air-terjun-terindah-di-dunia
www.hdfinewallpapers.com

Air Terjun Sutherland disebut sebagai salah satu air terjun paling tinggi yang ada di Selandia Baru. Air terjun ini terletak di Milford Sound, Pulau Selatan, New Zealand. Ketinggian totalnya adalah kurang lebih 580 meter.

17. Air Terjun Terindah di Dunia – Tanap Avis Falls, Filipina

air-terjun-terindah-di-dunia
www.flickr.com

Air terjun Tanap Aviv berlokasi di Burgos, Ilocos Norte, Filipina. Air terjun indah ini masih jarang di kunjungi karena letaknya yang terisolasi dan akses jalan menuju kesana bisa dikatakan cukup sulit.

Namun perjalanan yang sulit dan terjal akan hilang saat sampai di lokasi air terjun yang menawarkan keindahannya ini. Berwarna biru transparan dengan kombinasi pemandangan alam sekitar yang membuatnya semakin indah.

18. Air Terjun Terindah di Dunia – Triple Falls, Glacier Park, USA

air-terjun-terindah-di-dunia
quotesgram.com

Air terjun Triple Falls merupakan air terjun indah yang terletak di kawasan Glacier National Park, Amerika Serikat.

Bentuk dari air terjun ini sangatlah unik, yaitu terdapat tiga air terjun bias yang dapat dilihat langsung dalam satu pemandangan, oleh karena itu disebut Triple Falls.

19. Air Terjun Terindah di Dunia – Tugela, Afrika Selatan

air-terjun-terindah-di-dunia
www.craiglotter.co.za

Air terjun Tugela disebut sebagai air terjun tertinggi kedua yang ada di dunia. Air Terjun Tugela terletak di Afrika Selatan.

Air terjun ini memiliki ketinggian total sekitar 948 meter dalam beberapa lompatan air. Selain tinggi, air terjun ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa indah.

Pemandangan yang sangat indah bisa didapati sesudah hujan lebat atau waktu sore saat air terjun nampak berkilau dari pantulan sinar matahari sore.

20. Air Terjun Terindah di Dunia – Vinnufossen, Norwegia

air-terjun-terindah-di-dunia
www.allamazingplaces.com

Air terjun Vinnufossen adalah salah satu air terjun tertinggi yang berada di Norwegia. Selain tertinggi, air terjun ini juga terkenal karena memiliki keindahan pemandangan yang sangat luar biasa.

21. Air Terjun Terindah di Dunia – Walkway, St. Beatus Caves, Switzerland

air-terjun-terindah-di-dunia
www.tolkienlibrary.com

Air terjun ini sebenarnya merupakan bagian dari Gua St Beatus yang memiliki lokasi yang luar biasa mempesona.

Pada gua tersebut terdapat pintu masuk yang strukturnya bergaya lama atau kuno tergantung  di sisi wajah batu besar dengan air terjun (Walkway) di bawahnya.

22. Air Terjun Terindah di Dunia – Yosemite, California

air-terjun-terindah-di-dunia
www.ewallpapers.eu

Air terjun Yosemite yang indah dan tertinggi di wilayah Amerika Utara. Ketinggian totalnya adalah kurang lebih 739 meter atau 2425 kaki.

Air terjun ini terletak di Taman Nasional Yosemite di Sierra Nevada of California. Air terjun Yosemite menjadi daya tarik utama di taman Nasional ini, apalagi di akhir musim semi, yaitu saat aliran air berada pada puncaknya.

23. Air Terjun Terindah di Dunia – Yumbilla, Peru

air-terjun-terindah-di-dunia
www.wondermondo.com

Air terjun Yumbilla ini terletak di Cuispes Peru, di bagian wilayah Amazon. Air terjun ini termasuk salah satu air terjun tertinggi di dunia.

Ketinggian dari air terjun ini telah diukur menggunkan peralatan laser oleh Peru National Geographic Institute. Tinggi dari air terjun ini adalah kurang lebih 895 meter, yakni hampir 3 kali lebih tinggi di banding menara Eiffel di Paris.

Demikian beberapa air terjun terbaik dan terindah di dunia. Jika ada saran, kritik atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Video Air Terjun Terindah, Tertinggi dan Terbesar di Dunia

Video Air Terjun Terindah di Dunia

Video Air Terjun Terbesar di Dunia

Leave a Comment