6 Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Berwisata di Pulau Karimunjawa

Wisata Pulau Karimunjawa – KarimunJawa memiliki gugusan pulau yang sangat indah. Hamparan pasir putih terbentang luas, airnya yang jernih membuat ikan – ikan kecil terlihat jelas dari permukaan. Itulah kesan pertama dari pulau karimunjawa.

“Perawan Jawa” adalah julukan yang sangat tepat untuk Karimunjawa, sebuah pulau yang bebas polusi. Pohon kelapa berjejer rapi di setiap sudut pulau, menantang semua wisatawan untuk mengarungi keindahan alam bawah airnya.

Bangkai – bangkai kapal sisa perang dunia II dan keindahan koral atau terumbu karangnya juga memikat. Jenis koral dan ikan hiasnya sangat beragam. Ada 241 jenis ikan hias yang siap menghibur para wisatawan.

Karimunjawa termasuk kepulauan indah yang ada di Indonesia, dan telah ditetapkan sebagai taman nasional. Hamparan pasir putih dan air yang jernih merupakan pemandangan yang akan Anda nikmati.

Suasana alami, asri dan tenang masih sangat terasa, dan akan membuat Anda merasa betah berlama – lama di sini.

Apa Saja Fasilitas Yang ada di Pulau Karimunjawa ?

Fasilitas disini sangat lengkap. Hotel, penginapan, restoran, mesjid atau musala, kios buah – buahan, kios cinderamata, tempat peristirahatn dan arena bermain, tersedia dengan berbagai variasi.

Ada Juga tempat penyewaan perlengkapan olahraga seperti memancing, menyelam, renang, dan kapal penjelajah laut yang dilengkapi kaca pada bagian bawahnya (glass bottom boat) untuk melihat keindahan ekosistem bawah laut.

Karimunjawa memiliki segudang daya tarik wisata yang mampu menghipnosis setiap pengunjung yang datang. Selain alam yang indah, ada juga beberapa kegiatan bisa kita lakukan disini seperti :

1. Menyelam

Kegiatan ini bisa dilakukan disemua kepulauan Karimunjawa.

2. Snorkeling

Aktifitas ini dapat dilakukan di pulau Menjagan Besar dan Menjangan Kecil, Sebelah barat Pulau Tengah, pulau Kemujan, pulau parang, sekitar pulau kembar, dan sebelah barat pulau bengkoang.

3. Berenang

Sobat bisa berenang di Hampir kepulauan Karimunjawa.

4. Berjemur

Hampir seluruh pantai di kepulauan karimunjawa berpasir putih dengan garis pantai yang cukup panjang, Sehingga cocok untuk berjemur (Mandi Matahari), bermain pasir, dan menyaksikan keindahan pemandangan matahari Terbenam serta Terbit, bersepeda atau bermain Voli pantai juga bisa dilakukan di sini.

5. Menjelajah Laut

Bagi yang tidak bisa berenang dan menyelam, tersedia kapal yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawahnya (Glass Bottom Boat).

Untuk menyaksikan keindahan bawah laut Karimunjawa. Dari Sini Sobat Bisa menyaksikan pesona alam yang sangat langka, beraneka flora dan fauna yang eksotik.

6. Melihat Akuarium Air Laut

Di Pantai Karimunjawa, tepatnya di Pulau menjangan besar terdapat area yang memiliki fasilitas akuarium air laut. Disini, kita dapat menikmati keindahan ikan hias dan kehidupan ikan hiu serta ikan – ikan lainnya dengan nuansa khas yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

Kekayaan flora dan fauna di pantai karimunjawa sangat mempesona, pemandangan yang eksotik dan unik merupakan kekayaan yang harus dilindungi.

Terumbu karang yang masih asri dan hutan manggrove (Padang Lamun), hutan pantai, dan hutan daratan rendah, semua begitu memanjakan mata, ditambah dengan 242 jenis ikan hias dan 133 genera akuatik.

Bagaimana Menuju Pantai Karimunjawa Jepara ?

Untuk menuju pantai karimunjawa ada 3 sarana yang bisa dilalui, yaitu laut, udara, dan darat.

Sarana Transportasi Laut

Karimunjawa dapat dicapai dari semarang lewat pelabuhan Tanjung Mas dengan Menumpang kapal KMC kartini 1 atau melalui pelabuhan Jepara dengan KMP Muria. Untuk informasi lebih lanjut mengenai waktu keberangkatan, silakan menghubungi alamat berikut.

KMC Kartini 1

Dinas Perhubungan dan Telekomunikasi Provinsi Jawa Tengah. Jalan Pamularsih No.28 Semarang. Telepon (+62-24) 7602952, atau Fax (+62-29) 591048.

KMP Muria

PT ASDP cabang Jepara. Jalan Kolonel Sugiono No.29 Jepara. Telepon (+62-24) 591048

Sarana Transportasi Udara

Perjalanan udara menuju karimunjawa dapat ditempuh dari bandara Ahmad Yani, Semarang. Dengan pesawat sewa jenis CASSA 212 yang disediakana oleh kura – kura Resort.

Waktu tempuh kurang lebih 30 menit dari bandara Ahmad Yani ke lapangan udara Dewadaru, Karimunjawa.

Sarana Transportasi Darat

Dari kota Semarang atau Jakarta, Anda Bisa naik bis jurusan Jepara, turun di terminal Jepara. Kemudian naik angkutan kota menuju Karimunjawa, dilanjutkan dengan penyeberangan dengan kapal feri.

Jadikan Pantai Karimunjawa sebagai Destinasi Tujuan wisata Anda, Temukan keindahan dengan harga yang sangat terjangkau. Hamparan pasir putih yang menawan dan sunset yang tak terlupakan.

Leave a Comment