25 Destinasi Wisata di Lumajang Terbaru yang Keren dan Wajib di Kunjungi

Posted on

Wisata Lumajang – Siapa yang tidak tahu dengan kabupaten Lumajang? Lumajang adalah kabupaten yang terkenal sebagai penghasil buah pisang, jadi jangan heran kalau Lumajang dijuluki kota pisang.

Wilayah Lumajang berbatasan dengan daerah yang memiliki alam pegunungan seperti Jember di sebelah timur, Malang di sebelah barat, Probolinggo di sebelah utara. Sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan samudra Hindia sehingga akan kita dapati banyak pantai.

Berbicara tentang destinasi wisata di Lumajang, maka tidak akan pernah terlepas dari Gunung Semeru sebagai topik utama.

Tapi bukan berarti di kabupaten Lumajang hanya ada Gunung Semeru, masih banyak destinasi luar biasa yang dapat kita kunjungi di kota pisang ini. Berikut destinasi wisata luar biasa yang ada di kabupaten Lumajang.

Daftar Destinasi Wisata di Lumajang

1. Wisata Lumajang – Gunung Semeru

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
anekatempatwisata.com

Gunung semeru merupakan destinasi paling terkenal di kabupaten Lumajang. Gunung Semeru terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Kawasan wisata ini terletak di antara 4 kabupaten yaitu kabupaten Lumajang, Pasuruan, Malang, dan Probolinggo. Jadi bisa dikatakan Gunung Semeru ini dimiliki oleh keempat kabupaten tersebut.

Bagi anda pecinta alam, rasanya belum lengkap jika belum menaklukkan puncak Gunung Semeru yang bernama Mahameru ini.

Dengan segala keindahan yang dimilikinya, sangat mudah untuk menjadikan gunung ini sebagai tujuan utama perjalanan.

Tidak harus sampai ke puncak untuk menikmati keindahan alam Gunung Semeru, karena setiap bagian gunung ini adalah jajaran keindahan yang hanya mampu dibuat oleh Allah SWT sang maha pencipta.

2. Wisata Lumajang – Gunung Lamongan

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
wisatalumajangku.blogspot.co.id

Namanya memang Gunung Lamongan, tapi gunung ini tidak berada di daerah Lamongan. Gunung ini terletak diantara Probolinggo dan Lumajang.

Meskipun ketinggiannya hanya sekitar 1651 mdpl, namun banyak yang bilang gunung ini merupakan replika dari Gunung Semeru, karena keindahannya tak jauh berbeda dari semeru.

Gunung ini cocok buat anda yang sedang dalam persiapan untuk menaklukkan Mahameru.

3. Wisata Lumajang – Gunung Sawur

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
hafidhmind.wordpress.com

Gunung Sawur merrupakan lokasi pemantauan aktivitas Gunung Semeru yang terletak di desa Sumbermujur, Candipuro, Lumajang.

Selain sebagai tempat pemantauan, gunung ini biasa dikunjungi oleh banyak orang untuk melihat keindahan Semeru dari jarak jauh.

4. Wisata Lumajang – Gunung Wayang

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
gunungwayanglumajang.blogspot.com

Gunung ini terletak di desa Sumber Mujur, kecamatan Candipuro, kabupaten Lumajang. Lokasinya berada di sebelah Gunung Sawur yang biasa digunakan sebagai pos pengamatan Gunung Semeru.

Sama seperti Gunung Sawur, gunung ini juga memiliki keindahan yang luar biasa. Selain itu, dapat digunakan sebagai alternatif camping dan pendakian bagi para pendaki pemula.

5. Wisata Lumajang – Puncak B29

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
bertemanangin.wordpress.com

Puncak B-29 terletak di desa Argosari, kecamatan Senduro sekitar 40 km dari kota Lumajang. Puncak B29 berada di sebelah tenggara Gunung Bromo dan merupakan puncak tertinggi dikawasan Gunung Bromo, dengan ketinggian sekitar 2900 mdpl.

Di puncak ini terkenal dengan pemandangannya yang sangat luar biasa indah, ditambah dengan udara yang sangat dingin karena terletak di tempat yang bahkan lebih tinggi dari puncak Gunung Bromo.

Pokoknya, ketika anda berada disana maka bersiap-siaplah untuk terkagum-kagum dengan pemandangan indahnya.

6. Wisata Lumajang – Ranu Kumbolo

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
www.youtube.com

Ranu kumbolo termasuk bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dengan luas sekitar 15 ha dan di ketinggian 2.400 mdpl.

Semua pendaki yang mau menuju ke Mahameru pasti akan berkumpul dan berkemah terlebih dahulu di sekitar danau ini.

Pemandangan di Ranu Kumbolo sudah tidak perlu di ragukan lagi, apalagi ketika sinar matahari muncul di sela-sela bukit dan dipadu dengan beningnya air danau, sungguh indah.

Ranu Kumbolo merupakan tempat terakhir pengambilan air untuk para pendaki sebelum meneruskan perjalanannya menuju mahameru.

7. Wisata Lumajang – Ranu Pani

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
www.backpackerindonesia.com

Di lereng Gunung Semeru terdapat tiga Ranu yaitu Ranu Kumbolo, Ranu Pani dan Ranu Regulo. Ranu Pani merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), terletak di desa Ranu Pani, kecamatan Senduro.

Para pendaki yang akan ke puncak Semeru pasti melewati ranu ini. Selain keindahan ranu atau danaunya, dari sini kita bisa melihat Gunung Semeru yang berdiri dengan megahnya.

Ranu Pani juga merupakan jalur yang paling aman untuk menuju pendakian Gunung Semeru.

8. Wisata Lumajang – Ranu Regulo

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
wisatalumajang.com

Ranu Regulo letaknya berdekatan dengan Ranu Pani. Ranu ini memiliki luas sekitar 0,75 ha dan terletak di ketinggian 2.200 m diatas permukaan laut, tak jauh dari start pendakian Semeru.

Ranu ini sama dengan dua ranu sebelumnya, yaitu merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Setiap ranu memiliki keindahan masing-masing, dan tetap yang menjadi andalan adalah pemandangan melihat megahnya Gunung Semeru. Ranu Regulo juga bisa dijadikan tempat untuk berkemah dan menikmati sunyinya alam.

9. Wisata Lumajang – Ranu Klakah

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
novidaismiazizah.wordpress.com

Ranu Klakah terletak di sebelah utara kota Lumajang, tepatnya di desa Tegal Randu, kecamatan Klakah sekitar 10 km dari kota Lumajang.

Objek ini berada pada ketinggian 900 m dpl dengan luas 22 ha dan kedalaman 28 m. Pemandangan yang sangat indah dengan latar belakang Gunung Lamongan ditambah udara yang segar dan sejuk membuat ranu ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Ranu ini merupakan salah satu obyek wisata dari kawasan segitiga ranu (danau) bersama Ranu Pakis dan Ranu Bedali, yang satu sama lain terhubung oleh jalan yang dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

10. Wisata Lumajang – Ranu Pakis

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
hafidhmind.wordpress.com

Ranu pakis memiliki luas sekitar 112 ha dengan kedalaman sekitar 26 m. ranu pakis berada di desa Ranu Pakis, kecamatan Klakah dan masih dalam satu kompleks dengan Ranu Klakah dan Ranu Bedali.

Dari Ranu Klakah hanya membutuhkan waktu berkisar 5-10 menit menuju Ranu Pakis ini. Pemandangannya juga sama indahnya dengan dilatar belakangi Gunung Lamongan dan kondisi alam yang masih alami.

Di Ranu ini terdapat budi daya ikan mujaher dan nila yang menggunakan sistem keramba jaring apung.

11. Wisata Lumajang – Ranu Bedali

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
jalan2.com

Ranu Bedali memiliki ketinggian berkisar 700 mdpl dengan luas sekitar 25 ha dan kedalaman 28 m. Ranu ini memiliki keunikan yaitu permukaan airnya yang berada jauh di bawah permukaan tanah, sehingga untuk mencapai tepi danau dibutuhkan tenaga lebih dan kehati-hatian yang tinggi.

Ranu Bedali berada pada ketinggian 700 mdpl dengan luas area sekitar 25 ha. Setiap ranu memiliki keunikan sendiri-sendiri seperti, Ranu Klakah yang airnya biru berkilau dan Ranu Pakis memiliki warna biru kehijauan. 

12. Wisata Lumajang – Ranu Lading

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
bumi-nusantara.blogspot.com

Ranu Lading terletak di desa Papringan Kecamatan Klakah, sekitar 25 km dari kota Lumajang.

Ranu Lading terletak di tengah-tengah kebun kopi peninggalan Belanda dan di atas ranu ini masih berdiri rumah peninggalan Belanda yang masih terawat. Pemandangan yang sangat indah dapat kita lihat dari sini.

13. Wisata Lumajang – Pantai Bambang

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
surabaya.panduanwisata.id

Pantai bambang terletak di desa Bago, kecamatan Pasirian sekitar 24 km dari kota Lumajang. Pantai Bambang merupakan pantai yang sangat indah dan menjadi pantai favorit untuk mengisi waktu liburan.

Masyarakat sekitar menganggap Pantai Bambang adalah tempat bersemayam Nyi Roro Kidul, adanya ombak besar yang tiada henti semakin menambah kepercayaan mereka akan hal ini.

14. Wisata Lumajang – Pantai Watu Pecak

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
www.pergiberwisata.com

Pantai Watu Kecak terletak di desa Selok Awar-awar, kecamatan Pasirian sekitar 18 km dari kota Lumajang. Pantai ini biasanya digunakan sebagai tempat melasti atau sesuci bumi umat Hindu.

Upacara dilakukan saat perayaan hari raya nyepi dan menyambut tahun baru, agar mereka benar-benar suci lahir dan batin.

15. Wisata Lumajang – Pantai Wotgalih

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
pictigar.com

Pantai Wotgalih merupakan salah satu pantai indah di Lumajang, sekitar 35 km dari pusat kota. Pantai ini terletak di Kecamatan Yosowilangun, tidak jauh dari pasar Yosowilangun.

Pemandangan yang disuguhkan sangat indah, karena warna air laut yang eksotik dan pasir yang halus, bersih dan berwarna hitam.

Bahkan, pasir hitam di pantai Wotgalih dikenal dengan pasir besi yang mengandung mineral tambang bermutu tinggi.

16. Wisata Lumajang – Pantai Tlepuk

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
lintasanpelangi.blogspot.com

Pantai Tlepuk terletak di kecamatan Pasirian, sekitar 31 km kearah selatan kota Lumajang.  Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan gulungan ombak yang menakjubkan.

Para pengunjung biasanya melakukan banyak kegiatan disini seperti berjemur, berenang atau sekedar berjalan-jalan menikmati suasana yang menyenangkan.

Selain itu, di pantai ini terdapat rawa yang biasanya digunakan untuk tempat memancing.

17. Wisata Lumajang – Pantai Dampar

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
www.travelmatekamu.com

Pantai dampar ini terletak di dusun Dampar, desa Bades, Kecamatan Pasirian sekitar 1 jam perjalanan dari kota Lumajang. Sebelum menuju ke Pantai Dampar para pengunjung akan lebih dulu menjumpai danau dampar, yang letaknya bersebelahan.

Danau dan Pantai Dampar ini hanya dibatasi oleh hamparan pasir yang hitam dan bersih. Setelah menyeberangi danau menggunakan sampan, pengunjung akan sampai ke pantai Dampar.

Dari pantai ini, para pengunjung dapat melihat Pulau Barong secara samar beserta tebing-tebing yang menjulang tinggi dan terjal.

Lokasi pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat peristirahatan, berjemur, selancar air, menyelam ataupun berenang.

18. Wisata Lumajang – Pantai Watu Godek

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
aininalmira28.wordpress.com

Pantai Watu Godek terletak di Kecamatan Tempursari, Lumajang. Tepatnya di desa bulurejo 80 km dari pusat kota.

Panorama pantai ini sangat indah, pemandangan laut lepas dengan latar belakang bukit dan ditambah dengan batu besar dipantai yang bergoyang terkena ombak seperti bergoyang, godek (geleng kepala).

19. Wisata Lumajang – Pemandian Alami Selokambang

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
www.cacakyuklumajang.org

Pemandian Alam Selokambang  ini terletak di desa Purwosono, kecamatan Sumbersoko, sekitar 7 km dari kota Lumajang. Pemandian ini sangat ramai, apalagi akhir pekan.

Aktivitas yang biasa  dilakukan para pengunjung adalah berenang dan menikmti alam, namun juga dapat bermain perahu, sepeda air dan olahraga tenis. Disini terdapat banyak sekali wahana permainan untuk anak kecil.

20. Wisata Lumajang – Kolam Renang Veteran

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
singgahlumajang.blogspot.com

Kolam Renang Veteran ini terletak di jl. Veteran, Lumajang. Kolam ini mempunyai luas skitar 2 ha dan biasanya  sering dipakai untuk perlombaan tingkat kabupaten maupun nasional.

Kolam ini sering dipakai oleh anak-anak untuk kursus berenang.

21. Wisata Lumajang – Water Park KWT (Kawasan Wonorejo Terpadu)

destinasi-wisata-di-lumajang-yang-harus-kamu-kunjungi
hafidhmind.wordpress.com

Water Park KWT merupakan kolam renang baru di Lumajang, yang terletak di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) desa Wonorejo.

Kolam ini memiliki banyak sarana yang menarik seperti arus air dan sarana seluncuran. Selain kolam renang, aktivitas lain yang daat dinikmati adalah kereta gantung, komedi putar dan fasilitas bom-bom car.

22. Wisata Lumajang – Candi Mandara Giri

wisata lumajang terbaru dan paling keren
Travel.detik.com

Objek Wisata Candi Mandara Giri merupakan candi yang menawarkan sejarah agama Hindu. Candi ini terletak di kecamatan Sendoro dan letaknya sekitar 25 km dari pusat kota Lumajang di bagian barat.

23. Wisata Lumajang – Wisata Sejarah Situs Biting

wisata sejarah di lumajang paling keren
kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.co.id

Jika Anda sangat suka dengan wisata yang bernuansa sejarah, maka situs biting harus masuk dalam daftar tujuan Anda. Situs Biting ini terletak di desa Kutorenon, kecamatan Sukodono.

Situs Biting adalah situs arkeologi yang diperkirakan sebagai peninggalan dari kerajaan Lumajang. Di kawasan situs ini ada banyak bangunan menarik, salah satunya adalah bekas tembok benteng yang mempunyai panjang sekitar 10 km, lebar 6 m, dan tinggi sekitar 10 m.

24. Wisata Lumajang – Coban Sewu

wisata lumajang paling keren
Malang-Guidance.com

Coban sewu berarti air terjun seribu, hal ini karena banyak sekali air terjun disini. Air terjun yang menjulang tinggi di tebing-tebing seakan-akan  membentuk sebuah tirai. 

Wisata Coban Sewu ini menjadi salah satu wisata yang recomended bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam air terjun dan juga uji nyali.

Disebut uji nyali karena untuk mencapai ke tempat ini, Anda harus berjalan kaki menuruni tebing tinggi yang curam hanya dengan menggunakan tangga buatan dari banmbu dan rotan.

25. Wisata Lumajang – Coban Pawon

wisata lumajang paling indah
TripAdvisor.co.id

Coban Pawon merupakan salah satu wisata Lumajang yang terletak di Dusun Kertowono, Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit. Lokasi dari wisata ini berdekatan dengan kebun teh Kertowono.

Disebut Coban Pawon karena air terjun ini berada di dalam gua yang bentuknya mirip pawon atau dapur. Konon katanya, setiap percikan dari air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Itulah 25 destinasi yang bisa kamu kunjungi saat berada di Lumajang. Sebenarnya masih banyak daftar destinasi yang belum dimasukkan, namun untuk sekarang cukup ini dulu. Kalau ada yang mau nambahi daftarnya, monggo ditulis di komentar.

Video Wisata di Lumajang

1. Wisata Gunung Semeru

2. Wisata Puncak B29

3. Wisata Danau Ranu Kumbolo

4. Wisata Pantai Dampar

5. Wisata Pantai Watu Godek

Sementara ini dulu video tentang wisata di kota Lumajang. Segera di tambah lagi nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *