travelling.web.id

Wisata Kawah Ijen yang Menakjubkan dan Mendunia dengan Blue Fire nya

Posted on

Wisata Kawah Ijen – Wisata Kawah Ijen atau Gunung Ijen adalah salah satu venue wisata vulkanik nan eksotik yang berada di kawasan timur pulau Jawa, lokasi Kawah Ijen tepatnya berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur.

Gunung Ijen sampai saat ini masih tercatat sebagai gunung berapi aktif, ketinggiannya berkisar antara 2440 m , pertama kali meletus pada tahun 1796, terhitung telah empat kali meletus, dan terakhir kali letusan terjadi pada tahun 1936.

Kawah Ijen sangat dikenal oleh wisatawan lokal maupun internasional yang menggemari wisata alam tracking pegunungan berapi atau vulkanik, salah satu alasannya adalah karena si api biru (blue fame ) atau Blue fire .

Blue fire Kawah Ijen

blue fire kawah ijen
sumber: all-that-is-interesting.com

Api biru adalah salah satu fenomena alam yang terdapat di Kawah Ijen, Api biru ini tejadi karena semburat belerang cair yang ada di dalam daerah kawah, panasnya kawah yang beradu belerang inilah yang menyebabkan terjadinya fenomena blue fire, konon di dunia hanya ada dua tempat yang memiliki fenomena seperti ini yaitu islandia dan satu lagi di Indonesia, tepatnya di Kawah Ijen.

Woww,,ya, inilah mengapa banyak sekali para tracker mancanegara yang sengaja datang untuk membuktikan keberadaan dan keindahan blufame ini dari dekat, sungguh menakjubkan bukan.

Fenomena blufame atau blue fire ini dapat kita temukan sebelum matahri terbit saja, oleh sebab itu jika anda sudah berniat untuk tidak kehilangan momen blufame ini ketika berkunjung ke Kawah Ijen, maka anda harus sudah berangkat dari pos pendakian sejak dinihari.

Kawah Ijen Sulfur Mine

Kawah Ijen Sulfur Mine
sumber : lostininternet.com

Ketika anda datang ke Kawah Ijen, jangan heran jika anda akan menemukan banyak sekali penambang belerang yang berlalu lalang.

Mereka adalah para penambang belerang lokal yang memang sudah menjadikan kegiatan ini sebagai mata pencaharian.

Kawah Ijen memang kaya kan sumber belerang, sumber belerang ini berasal dari belerang cair yang dialirkan melalui pipa dari sumber gas vulkanik.

Setelah belerang cair ini membeku, penambang belerang akan memotong dan membawanya ke tempat pengepulan. rata-rata beban yang mereka bawa setiap kali proses adalah sekitar 80 sampai 100an kg, dan jarak yang harus ditempuh dalam sekali proses adalah 3 km, sungguh luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *