Inilah Tips Mudah dan Ampuh Agar Lolos Wawancara Kerja

Tips Wawancara Kerja Banyak orang yang beranggapan bahwa dalam melamar pekerjaan itu tidak perlu adanya persiapan.

Tampil apa adanya dan biarkan perusahaan yang menilainya, seperti itulah pendapat mereka.

Pendapat tersebut benar, akan tetapi banyak juga yang salah kaprah mengartikannya. Tampil sebagaimana adanya berarti Anda tidak berbohong, namun itu juga bukan berarti Anda tidak melakukan persiapan dengan baik.

Hal semacam itu seperti kata pepatah, berangkat perang tanpa mengetahui musuh sama saja dengan bunuh diri.
Jadi melakukan persiapan sebelum wawancara itu sangat penting dilakukan agar calon perusahaan lebih yakin dengan kemampuan Anda.

Berikut beberapa hal yang mesti dipersiapkan dan dilakukan saat wawancara.

1. Membawa Salinan Resume

Salinan resume dibawa sebagai cadangan dan juga untuk jaga-jaga, siapa tahu dibutuhkan mendadak.

2. Berpakaian Secara Profesional

Di jaman sekarang, arti kata “professional” dapat berarti banyak hal. Jika Anda bingung, cukup gunakan setelan baju putih hitam seperti yang umum dipakai oleh orang yang melamar pekerjaan.

Saat akan wawancara, yang paling penting adalah tampil dengan rapid an sopan. Ciptakan kesan pertama yang baik.

3. Berbicara Detail Saat Wawancara

Persiapan yang Anda lakukan sangat berguna saat wawancara, selain itu juga dapat membuat Anda lebih percaya diri jika nantinya ditanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan atau diri Anda.

Jika ditanya jawab dengan detail, tentang diri Anda, pekerjaan Anda sebelumnya, keluarga maupun tentang kemampuan Anda.

Anda juga perlu untuk mencari lebih banyak tentang posisi yang ditawarkan ataupun tentang perusahaan. Semakin banyak Anda tahu, maka semakin baik.

4. Lakukan Kontak Mata

Yang paling sering terjadi saat wawancara adalah rasa takut dan muncul rasa tidak percaya diri, sehingga terkadang saat di wawancara malah menunduk.

Hal tersebut memberikan kesan yang kurang baik bagi pewawancara. Menunduk saat di wawancara menunjukkan Anda orang yang tidak percaya diri dan tidak focus terhadap tujuan.

5. Menunjukkan Minat Terhadap Perusahaan

Salah satu hal yang penting untuk Anda ingat adalah tunjukkan minat dan antusiasme terhadap perusahaan yang akan Anda masuki.

Anda bisa mencari tahu lewat teman yang kerja disana atau Anda bisa mencari tahu lewat internet tentang perusahaan tersebut, bergerak di bidang apa atau produk yang dihasilkan apa.

6. Dengar dan Jawab Pertanyaan yang Diajakan Secara Langsung

Hal ini sangat penting untuk memberikan kesan bahwa Anda adlah seorang yang cerdas dan mampu berpikir cepat atau responsif.

7. Jawab Pertanyaan Dengan Simpel dan Jangan Bertele-tele (Berbasa-basi)

Terkadang orang yang panjang, bertele-tele atau berbasa basi akan membuat pewawancara menjadi bosan, apalagi ternyata jawaban yang panjang tersebut tidak sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

Hati-hati, sudah pasti hal tersebut akan membuat nama Anda di coret dari daftar calon yang akan diterima di perusahaan tersebut.

Cukup jawab pertanyaan dengan tegas, jelas dan tepat sasaran sesuai dengan apa yang ditanyakan.

8. Jelaskan Kemampuan dan Prestasi yang Pernah Anda Buat

Hal ini penting untuk menjadi bahan pertimbangan dari pewawancara untuk memasukkan nama Anda pada calon favorit.

Jangan sekali kali sungkan untuk menjelaskan prestasi atau proyek apa saja yang sudah pernah Anda kerjakan di pekerjaan sebelumnya.

9. Bertanya

Bertanya disini bukanlah menanyakan pertanyaan-pertanyaan klise. Yang harus Anda tanyakan adalah pertanyaan yang tajam dan kritis, sehingga menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang proaktif.

Demikian beberapa hal yang harus Anda persiapkan dan lakukan saat melakukan wawancara. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Leave a Reply