Inilah 7 Tips Mudah Memelihara Kelinci Bagi Pemula

Tips Memelihara Kelinci Hewan kelinci memang lucu, terlihat sangat menggemaskan, serta suka bergerak secara lincah. Tidak mengherankan banyak orang yang jatuh cinta dengan hewan yang satu ini dan tidak sedikit pula orang yang ingin memeliharanya.

Namun kebanyakan orang awam tidak terlalu memahami bagaimana cara merawat kelinci yang tepat. Untuk itu berikut ini kami akan membahas tentang tips dan cara merawat kelinci :

1. Kandang yang bersih

Agar kelinci tetap sehat, kandang harus bersih, cahaya matahari dapat menerobos masuk, tak lembab dan upayakan kandang terbuat dari bahan yang memungkinkan aliran udara lancar. Bahan yang disarankan untuk membuat kandang kelinci adalah dari bambu atau kawat ram.

Sebuah kandang kelinci yang baik harus memiliki alas pijakan yang rata dan terdapat lubang yang cukup untuk membuat kotoran kelinci otomatis jatuh ke bawah.

2. Kandang disekat setiap ekor

Upayakan agar setiap kelinci memiliki ruangan masing-masing agar tidak saling melukai. Paling tidak sediakan ruang kandang dengan ukuran 50 x 50 cm. Tempatkan wadah makan dengan posisi cukup tinggi supaya tak terinjak-injak.

3. Khusus bagi kelinci yang hamil

Untuk kelinci yang akan melahirkan, sediakan kandang dengan ukuran lebih luas. Sediakan juga kotak kecil dengan sejumlah rumput kering supaya hangat dan nyaman.

4. Makanan kelinci

Sebenarnya ada beragam pilihan makanan kelinci yang dapat diberikan. Salah satunya adalah dari tanaman hijau, contohnya rumput-rumputan, kangkung maupun sayur-mayur jenis lain.

Upayakan rumput ataupun sayuran yang disuguhkan dalam kondisi layu, kecuali mereka mencari makan sendiri di alam bebas ketika dilepas.

5. Makanan tambahan

Di samping makanan pokok kelinci berupa sayuran hijau seperti di atas, berikan juga makanan tambahan berupa ubi jalar atau ketela, bekatul dan bungkil kelapa.

Upayakan juga agar setiap hari makanan kelinci berganti ganti. Sebab bila diberikan makanan yang sama terus menerus akan mengakibatkan kelinci manja dan sulit menyantap makanan lain.

6. Waktu memberikan makanan

Berikan makanan sore hari kurang lebih mulai jam 6 sore hingga jam 7 pagi harinya sebab memang kelinci sering makan sepanjang malam. Pada siangnya bisa disuguhkan makanan tambahan seperlunya. Tempatkan pada wadah tersendiri.

7. Perlakuan pada anakan kelinci

Upayakan supaya anakan kelinci tidak selalu ditempatkan pada tanah becek serta lembab. Dikhawatirkan akan terjangkit sakit gatal atau gudigen.

Kekebalan tubuh anakan kelinci sangatlah rentan. Ditempatkan di kandang lembab sebentar saja bisa mengakibatkan terkena flu dan akhirnya mati.

Bagi pemula, cara merawat kelinci kelihatannya susah dan ribet, namun dengan kesabaran dan ketelatenan hal itu akan menjadi mudah.

Leave a Comment