Tips Mengurangi Efek Buruk Kafein Jangka Panjang

Tips Mengurangi Efek Buruk Kafein Kandungan kafein dalam kopi sudah tidak diragukan lagi dapat menghindarkan kita dari rasa lelah, kantuk dan membuat daya konsentrasi kita bertambah.

Karena itu banyak yang memanfaatkan kopi sebagai teman bergadang mereka.

Tetapi tahukah Anda bahwa kafein juga mempunyai beberapa efek samping yang kurang baik buat kesehatan kita, seperti menimbulkan kecanduan, menggangg keseimbangan kandungan lemak, tekanan darah dan menimbulkan nyeri pada sendi.

Selain itu juga mengganggu penyerapan beberapa nutrisi tubuh terutama mineral dan menyebabkan jantung berdebar serta gangguan tidur.

Berikut Beberapa Tips Mengurangi Efek Buruk Kafein Jangka Panjang:

  1. Hindari minum kopi di malam hari. Efek kopi bertahan dalam pembuluh darah selama 5 jam. Jadi hindarkan minum kopi di malam hari bila Anda tidak ingin mengalami kesulitan tidur.
  2. Minumlah kopi tanpa kafein. Dengan cara ini, para pecinta kopi tetap dapat menikmati minum kopi dan terhindar dari efek samping kafein. Kopi rendah kafein memiliki kandungan kafein 20x lebih rendah dari kopi instan.
  3. Pilih jenis kopi Arabika, karena mengandung kafein 75% dari jenis kopi Robusta (sering digunakan dalam kopi instan)

Demikian beberapa tips dalam mengurangi efek buruk kafein. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply