Lakukan 10 Tips Ini Agar Kamu Sukses dalam Ujian Nasional

Tips Menghadapi UN Ujian Nasional, bagi banyak orang merupakan sebuah momok yang sangat menakutkan.

Betapa tidak, sekolah yang dijalani selama 3 tahun nantinya akan ditentukan dengan ujian ini. Lulus tidaknya kamu, akan ditentukan dalam tiga hari yang sangat mendebarkan.

Kamu bisa lulus kalau mampu mengerjakan soal-soal ujian dengan baik dan mendapatkan nilai yang baik juga. Nah, sebelum menghadapi ujian tersebut, kamu perlu melakukan berbagai persiapan agar dapat mengerjakan soal ujian dengan maksimal. Berikut beberapa tips bagi kamu yang akan menghadapi Ujian Nasional.

1. Luruskan Niat

tips-sukses-dalam-ujian-nasional

www.satujam.com

Ini merupakan hal yang sering dilupakan oleh banyak siswa. Banyak dari mereka tidak memiliki orentasi yang jelas, mengapa mereka sekolah. Sekolah hanya asal sekolah saja, yang penting masuk sekolah terus mendapat ijazah.

Jika kamu salah satunya, maka segera luruskan niatmu. Niatkanlah sekolah untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Sehingga Ujian Nasional bisa kamu anggap sebagai ajang evaluasi yang akan menunjukkan seberapa banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa kamu dapat selama ini.

2. Buat Jadwal Belajar dan Konsisten dengan Jadwal

tips-sukses-dalam-ujian-nasional

fitfamilybootcamp.com

Mungkin selama ini kamu sudah terbiasa dengan belajar kan? Membaca, mengerjakan PR, membuat rangkuman atau menghafal merupakan bagian dari belajar.

Tapi untuk saat ini, coba buat jadwal belajar yang lebih baik  dari biasanya. Berikan alokasi waktu yang lebih untuk pelajaran yang kamu anggap sulit.

Dan yang paling penting adalah “konsisten” dengan jadwal yang kamu buat. Suatu hal yang terstruktur dan terpola secara rapi maka hasilnya akan memuaskan.

3. Memahami SKL atau Kisi-kisi Ujian Nasional

tips-sukses-dalam-ujian-nasional

www.postgraduatesearch.com

Ketika menjelang ujian, rasanya sangat kurang efektif jika kamu harus mempelajari semua materi. Jadi pelajari saja kisi-kisi yang sudah diterbitkan oleh BSNP. Akan lebih bagus lagi jika kamu bisa membuat rangkuman materi dari kisi-kisi tersebut.

Atau kalau memang sudah kepepet banget, kamu download dari internet, kamu bisa foto copy rangkuman milik temanmu atau membelinya di toko buku.

4. Banyak Berlatih Soal-soal Ujian Nasional

tips-sukses-dalam-ujian-nasional

infogroep.be

Selain belajar kisi-kisi, kamu juga harus mulai terbiasa untuk belajar mengerjakan contoh  soal-soal ujian. Sekarang ini untuk mencari contoh soal-soal ujian sangatlah mudah,  Kamu bisa download sebanyak-banyaknya dari internet.

Atau kalau ingin lebih yakin lagi, kamu bisa belu buku kisi-kisi UN yang disusun sesuai dengan SKL/ kisi-kisi soal UN.

5. Belajar Kelompok

tips-sukses-dalam-ujian-nasional

abovethelaw.com

Sebenarnya hal ini boleh kamu lakukan ataupun tidak, tergantung kenyamanan saja sih. Tapia da beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan belajar kelompok seperti , kamu bisa saling berbagi dan memecahkan hal-hal yang sulit dipahami bersama teman-temanmu.

6. Jangan Melakukan Hal Yang Kurang Bermanfaat

tips-sukses-dalam-ujian-nasional

www.pricebook.co.id

Mulai sekarang, kamu harus mengurangi melakukan hal-hal yang dirasa kurang bermanfaat, seperti bermain game, sepak bola, futsal, nongkrong ataupun hal-hal lain yang dirasa mengganggu aktivitas belajarmu.

Hal ini dilakukan agar waktumu tidak terbuang percuma. Lebih baik waktu habis untuk belajar daripada habis untuk sesuatu yang ndak bermanfaat itu. Ini juga kan cuma sementara.

7. Refreshing Untuk Menghilangkan Stres

tips-sukses-dalam-ujian-nasional

pakguruolahraga.blogspot.com

Refreshing ini sebenarnya juga sangat penting dilakukan. Otak dan tubuhmu juga perlu istirahat dan rileks agar tidak terlalu setres.

Sekedar jalan-jalan atau jogging dapat membuat pikiran lebih fresh dan siap untuk diajak bertempur kembali dengan soal-soal ujian.

8. Menjaga Kesehatan

tips-sukses-dalam-ujian-nasional

centreforhealthyaging.org

Hal yang sangat penting kamu lakuakan adalah menjaga kesehatan. Menjelang ujian kamu akan dihadapkan dengan banyak kegiatan belajar, baik belajar sendiri, kelompok maupun kelas tambahan.

Ndak lucu juga kan, kalau kamu sudah berjuang mati-matian belajar untuk ujian tapi pas hari H ujian kamu malah tidak bisa mengikuti ujian karena jatuh sakit. Jadi selalu jaga kesehatan dengan makan dan tidur yang teratur.

9. Selalu Berdo’a

tips-sukses-dalam-ujian-nasional

www.ctvnews.ca

Berdo’a disini bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk teman-temanmu yang lain, karena dengan begitu insyaAllah kamu akan dipermudah dalam menghadapi ujian dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

10. Berusaha dan Tawakal

tips-sukses-dalam-ujian-nasional

www.alkamalblitar.com

Yang benar-benar harus kamu lakukan adalah berusaha semaksimal mungkin dengan belajar sebelum ujian, lalu mengerjakan semua soal ujian.

Setelah itu serahkan semua hasilnya pada keputusan Allah sembari berdo’a. Karena yang harus kamu tahu, manusia hanya bisa berusaha dan berencana namun Allah yang berkehendak akan segalanya.

Itulah hal-hal yang harus kamu lakukan agar dimudahkan dan sukses dalam menghadapi Ujian Nasional. Jika kamu sudah belajar dengan semaksimal mungkin, kamu sudah berdo’a dan bertawakal kepada Allah, yakinlah insyaallah hasilnya juga akan memuaskan. Ingat, usaha tidak akan pernah menghianati!

Selamat menghadapi Ujian Nasional ya kawan, semoga kamu dimudahkan dalam mengerjakan semua soal-soal dan bisa lulus dengan hasil yang memuaskan semua pihak, baik kamu, orang tua, maupun sekolahan kamu. SEMANGAT!!!!!

Leave a Reply