Inilah Tips Memandikan Kucing Kesayangan Dengan Baik dan Benar

Tips Memandikan Kucing dengan Benar Seperti kita ketahui kebersihan dari kucing kesayangan kita adalah hal yang utama, selain untuk mencegah kucing dari berbagai macam penyakit kebersihan tubuh kucing juga akan menambah keindahan penampilan si kucing.

Jamur dan kutu adalah musuh utama kucing yang dapat timbul akibat kurang terjaganya tubuh si kucing, selain itu jika kucing tidak terjaga kebersihannya juga akan mengundang penyakit bagi pemilik kucing. Hal tersebut tentu tidak diinginkan oleh kita sebagai pemilik kucing.

Maka dari itu, salah satu cara menjaga kebersihan kucing kesayangan kita adalah dengan memandikannya secara teratur yang tentunya memandikan kucing pun harus dengan cara yang tepat, waktu yang tepat serta peralatan yang tepat.

Sebelum memandikan kucing kesayangan kita pastikan terlebih dahulu bahwa kucing dalam keadaan sehat. Kucing yang sedang tidak sehat tidak disarankan untuk dimandikan, karena kondisi kucing yang basah akan membuat badan kucing menjadi tidak nyaman.

Sama seperti manusia, bila sedang sakit lebih baik tidak usah mandi. Bila dirasa kucing kesayangan kita dalam keadaan sehat tidak masalah untuk memandikannya.

Nah kali ini kami akan berbagi tips bagaimana memandikan kucing sendiri dirumah dengan cara yang benar. Manfaat dari memandikan kucing sendiri dirumah diantaranya kita dapat menghemat uang dan juga tentunya menghemat waktu.

Mengapa menghemat waktu? Karena tidak semua rumah tempat tinggal kita dekat dengan pet care. Jika pet care dengan rumah kita jauh tentunya ini akan menguras waktu sekaligus tenaga, ditambah lagi lamanya perjalanan yang akan membuat kucing kesayangan kita menjadi stres.

Jadi alangkah lebih baik apabila kita memandikan kucing dirumah sendiri. Selain menghemat waktu dan uang, memandikan kucing sendiri akan membuat kita sebagai pemilik kucing menjadi lebih dekat dengan kucing kesayangan kita.

Yang tentunya akan lebih menimbulkan perasaan sayang terhadap si kucing. Jadi akan lebih baik apabila kita memandikan kucing dirumah sendiri.

Pertama sebelum memandikan kucing dirumah, perlengkapan yang harus disiapkan diantaranya:

Air Hangat

Air hangat berguna untuk membuat rileks tubuh kucing kesayangan kita. Pastikan air yang digunakan untuk memandikan kucing bukan air panas, untuk memastikannya kita dapat mencelupkan telapak tangan bagian atas agar tahu tingkat kehangatan air yang digunakan.

Kain Handuk yang Lembut

Kain handuk yang lembut berguna untuk mengeringkan tubuh kucing. Kering disini bukan sampai benar-benar kering ya, setidaknya tubuh kucing tidak sampai basah kuyup.

Shampoo Khusus Buat Kucing

Shampoo khusus kucing berguna untuk membersihkan tubuh dan bulu kucing. Ada bermacam jenis shampoo untuk kucing, diantaranya yaitu shampoo untuk membasmi kutu, ada juga shampoo yang hanya untuk membersihkan bulu.

Bahkan ada shampoo yang membuat bulu kucing yang berwarna putih menjadi lebih cerah. Terserah kita ingin menggunakan shampoo kucing yang mana, gunakan sesuai dengan peruntukannya.

Kapas

Kapas berguna untuk menutup telinga kucing kesayangan kita agar tidak kemasukan air saat dimandikan. Kapas juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran pada telinga kucing.

Hair Dryer atau Blower

Hair dryer atau blower akan kita gunakan nanti untuk mengeringkan bulu-bulu kucing. Penggunaan hair dryer atau blower berguna agar bulu kucing dapat benar-benar kering, karena bulu kucing yang tidak kering akan menyebabkan lembab sehingga menjadi penyebab jamur pada kucing.

Sisir Khusus Untuk Kucing

Sisir khusus kucing ini berfungsi untuk merapikan bulu-bulu pada kucing. Selain merapikan bulu-bulu pada kucing, sisir ini juga berfungsi mengangkat bulu-bulu yang sudah mati.

Parfum Khusus Untuk Kucing

Tidak hanya manusia, sehabis mandi kucing kesayangan kita juga dapat menggunakan parfum. Parfum yang digunakan harus khusus untuk kucing, karena parfum khusus kucing ini mengandung zat-zat yang tidak berbahaya bagi kucing.

Ada baiknya beberapa jam sebelum dimandikan kita memotong kuku kucing kesayangan kita terlebih dahulu. Memotong kuku kucing kesayangan kita sebelum dimandikan berguna untuk antisipasi apabila si kucing berontak dan mencoba mencakar kita. Proses memandikan kucing setelah kucing merasanya tenang sehabis dipotong kukunya.

Mempersiapkan Kamar Mandi Tempat Memandikan Kucing

Bila persiapan diatas sudah siap, kita dapat menyiapkan kamar mandi yang akan digunakan untuk memandikan kucing kesayangan kita. Berikut langkah-langkah yang yang harus kita persiapkan sebelum memandikan kucing dikamar mandi.

Pastikan Pintu Kamar Mandi Tertutup

Kok sama ya kaya kita? Hehehe. Jika manusia menutup pintu kamar mandi karena malu dilihat orang, berbeda dengan kucing. Menutup pintu kamar mandi saat memandikan kucing berguna agar kucing yang dimandikan tidak kabur atau melarikan diri.

Pastikan Bak Mandi Aman untuk Kucing

Ini cukup penting. Agar bak mandi tidak licin saat digunakan untuk memandikan kucing, ada baiknya pada alas bak diberikan handuk atau karpet.

Gunakan Air Hangat

Air yang akan kita gunakan untuk memandikan kucing sebaiknya menggunakan air hangat. Seperti pembahasan diatas, air hangat akan membuat kucing merasa rileks dan tenang saat dimandikan.

Yang harus diperhatikan, jangan memandikan kucing kesayangan kita dengan menggunakan air langsung mengucur dari kran. Air yang mengucur deras dari kran akan membuat kucing takut sehingga tidak nyaman bagi kucing, bisa-bisa malah kucing akan berontak karena takut.

Lindungi Tangan dengan Sarung Tangan atau Gunakan Pakaian Lengan Panjang

Terkadang kucing yang dimandikan akan berontak atau mencakar. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kita menggunakan sarung tangan atau bisa juga menggunakan pakaian lengan panjang.

Proses Memandikan Kucing

Periksa bagian tubuh kucing kesayangan kita apakah terdapat jamur, bila ditubuh kucing terdapat jamur maka harus dipastikan dibagian tersebut harus terkena shampoo dan sikat saat dimandikan.

Selanjutnya basahi tubuh kucing dengan air hangat yang telah kita siapkan. Pastikan air yang disiram merata ditubuh kucing, usahakan air sampai mengenai kulit kucing. Karena akan kurang efektif apabila kulit kucing tidak sampai terkena air.

Bila tubuh kucing sudah basah dengan rata maka kita dapat memberikan shampoo khusus kucing. Pijat-pijat tubuh kucing hingga busa shampoo merata. Bila shampoo sudah merata, sikat bulu kucing.

Perlu diperhatikan, shampoo jangan sampai mengenai wajah kucing terutama mata dan hidung. Diamkan shampoo sekitar 5 sampai dengan 10 menit, ini berguna untuk menghilangkan jamur dan kutu yang mungkin bersarang ditubuh kucing. Jika sudah lalu bilas dengan air bersih.

Pastikan sudah tidak ada lagi busa shampoo yang menempel ditubuh kucing. Kemudian kita dapat mengeringkan bulu kucing dengan hair dryer atau blower.

Saat mengeringkan dengan hair dryer atau blower jangan lupa untuk menyisir bulu-bulu kucing. Hal ini akan membuat bulu kucing terlihat rapi dan tidak kusut.

Menyisir bulu kucing juga berguna untuk mengangkat bulu-bulu yang mungkin sudah mati. Pastikan bulu kucing harus benar-benar kering karena bulu yang dibiarkan basah akan menimbulkan jamur yang tentunya ini tidak baik untuk kucing kesayangan kita.

Demikian sedikit informasi tentang tips dan cara memandikan kucing kesayangan kita dengan benar. Terkadang memandikan kucing kita sendiri dirumah akan membuat hubungan antara kita dengan si kucing akan lebih terikat, yang tentunya akan membuat kita lebih sayang dengan hewan peliharaan yang satu ini.

Leave a Comment