Inilah 7 Cara Merawat Kura-kura Brazil yang Baik dan Benar

Posted on

Cara Merawat Kura-kura Brazil Kura-kura Brazil boleh jadi tak asing lagi bagi para pencinta hewan disebabkan bentuknya yang kecil dan khas.

Karena bentuknya yang kecil dan tergolong hewan yang jinak, jenis kura-kura ini cukup populer sebagai hewan peliharaan. Cara merawat kura kura Brazil sebenarnya lumayan gampang dan tidak terlalu memerlukan perawatan yang ribet.

Bagi Anda yang tertarik dengan hewan lucu yang satu ini, berikut ini 7 tips cara merawat kura kura Brazil :

1. Siapkan Akuarium atau Kolam yang Sesuai Ukuran

Siapkan akuarium atau kolam yang sesuai ukuran kura kura yang akan dipelihara. Temperatur air yang bagus bagi kura kura ialah antara 20 – 28 derajat Celcius. Suhu air yang terlampau dingin bisa menyebabkan si kura-kura terjangkit sakit paru-paru. Perlu diketahui, bila sudah terkena penyakit ini mengobatinya lumayan susah.

2. Jaga kebersihan air akuarium

Fungsikan filter dalam akuarium supaya kebersihan air selalu terjaga. Jika Anda tak memakai filter, sering-seringlah membersihkan air akuarium. Jika air dalam akuarium terlalu kotor bisa mengakibatkan sejumlah penyakit.

3. Beri pakan yang beragam

Jangan hanya memberikan pakan berupa pelet saja setiap harinya. Anda pun boleh memberinya sayuran, buah-buahan maupun binatang lunak seperti ikan kecil dan cacing tanah.

Sebelum pakan diberikan, terlebih dahulu bersihkan pakan tersebut. Khusus untuk anak kura-kura, hendaknya diberikan pakan dalam air yang sebelumnya telah dipotong menjadi ukuran kecil.

Beri pakan dengan jumlah seperlunya saja. Bila berlebihan akan mengakibatkan kura-kura kegemukan dan timbul gangguan pencernaan.

Hendaknya berikan pakan dua hari sekali. Untuk bayi kura-kura boleh diberikan pakan setiap hari namun porsinya sedikit dikurangi.

4. Jaga kebersihan badan kura-kura

Bersihkan cangkang kura-kura menggunakan sikat halus setidaknya dua minggu sekali untuk menghindari tumbuhnya lumut.

5. Beri Suplemen Khusus

Berikan suplemen khusus untuk kura-kura. Pemberian suplemen bertujuan untuk memperkuat imunitas tubuh kura kura.

6. Letakkan di Lokasi yang Terpapar Cahaya Matahari

Letakkan kura kura pada lokasi yang terpapar cahaya matahari, jika tak memungkinkan, anda boleh memanfaatkan lampu reflector.

Hal tersebut berguna supaya kura-kura memperoleh ultraviolet A dan ultraviolet B. Ultraviolet berperan dalam mekanisme pencernaan makanan dan sekaligus membuat hangat badan kura-kura.

7. Jangan Mengobok-obok Air Akuarium

Jangan sekali-kali mengobok-obok air dalam akuarium tempat tinggal kura-kura karena mereka sangat tidak menyukainya. Jika sering diobok-obok kura-kura akan menjadi stress dan bahkan tidak jarang menjadi mati.

Kura-kura pun bagian dari makhluk hidup sehingga Anda mesti memperlakukannya dengan hati. Tidak sedikit penyakit yang menyerang kura-kura yang muncul gara-gara kondisi air yang kotor, tak cukup penyinaran dan nutrisi yang jelek.

Cara merawat kura kura Brazil jika ia terkena penyakit adalah menjalankan seluruh tips di atas ditambah dengan memperbesar temperatur air hingga 30 derajat Celcius.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat memelihara kura-kura brazil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *