Tips Cara Cepat dan Efektif Belajar Bahasa Jepang

Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang – Pada artikel kita kali ini akan mengulas beberapa cara tercepat agar kita dapat mahir bahasa jepang. Apakah dengan lahir di Jepang maka Anda otomatis akan cepat mahir bahasa Jepang Ternyata tidak demikian kenyataannya.

Memang cara termudah untuk dapat mahir bahasa jepang adalah dengan dilahirkan di jepang. Tetapi tahukah Anda bahwa ini bukanlah cara tercepat agar dapat mahir berbahasa jepang?

Jika kita terlahir di Jepang, kemudian kita hitung berapa lamakah kita akan mengerti Bahasa Jepang?

Jawabannya bisa saja beragam, namun dapat kita ambil perkiraan sekitar umur 4 tahun baru bisa mengerti bahasa Jepang, meski cukup kesulitan dari segi kosakata. Itu pun belum bisa membaca dan menulis, karena kita mungkin baru masuk sekolah playgroup sekitar umur 5 atau 6 tahun.

Jadi perkiraan yang dapat kita hitung dari kasus di atas adalah seseorang yang terlahir di jepang baru bisa paham percakapan bahasa jepang termasuk membaca dan menulis huruf jepang dalam waktu secepat-cepatnya umur 5 tahun.

Cukup lama bukan? Lalu apakah seseorang yang hanya membaca buku atau blog saja kemudian berharap dalam satu tahun sudah bisa mahir bahasa jepang?

Pada dasarnya pembelajaran yang dilakukan sudah benar, sudah belajar dengan dimulai dengan mendengarkan, lalu berbicara kemudian menulis namun mengapa anak-anak kecil dari lahir hingga bisa berbicara bahasa jepang butuh waktu setidaknya 5 tahun?

Jawabannya hanya satu saja yang kurang, yaitu niat dengan sengaja untuk belajar menguasai bahasa Jepang.

Karena mereka masih tergolong kecil maka keinginan secara sadar untuk mempelajari bahasa Jepang masih minim. Dalam pikiran anak-anak yang paling besar adalah keinginan bermain dan bersenang-senang.

Dengan demikian cara tercepat untuk dapat mahir berbicara bahasa jepang bukan karena terlahir di Jepang. Kita sebenarnya memiliki potensi bisa mahir bahasa Jepang lebih cepat dengan mengikuti urutan cara belajar bahasa Jepang sebagai berikut.

Cara Cepat Belajar dan Mahir Bahasa Jepang

1. Niat

Niat adalah syarat utama, niat untuk belajar ini perlu dimiliki sehingga tidak mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan dalam mengingat berbagai materi pelajaran bahasa Jepang.

Inilah yang seringkali tidak dimiliki anak kecil yang terlahir di Jepang. Inilah yang membedakan mengapa Anda bisa saja mahir lebih bahasa jepang lebih cepat daripada balita yang baru lahir.

2. Sering Mendengarkan dan Mengucapkan Dalam Bahasa Jepang

Ini adalah syarat penting kedua yang membuat Anda bisa berbicara bahasa Jepang. Seperti halnya belajar bahasa lainnya, dengan membiasakan diri mendengarkan dan mengucapkan dalam bahasa Jepang dapat mempercepat Anda mahir bahasa Jepang.

 

3. Melatih Membaca dan Menulis Huruf Jepang

Membaca dan menulis huruf jepang lebih baik dilakukan pada tahap terakhir. Semakin lancar kita berbicara semakin mudah dalam menguasa baca tulis huruf jepang.

Itulah 3 langkah cepat mahir bahasa Jepang dimana lahir di jepang bukan menjamin seseorang lebih cepat mahir berbicara bahasa jepang.

Dibawah ini ada penjelasan mengenai sebuah pertanyaan “Bisakah Lancar Berbahasa Jepang Hanya Dengan Belajar dari Baca Buku?”

Mempelajari Bahasa Jepang memang tidak harus ke tempat kursus atau les. Bahkan tidak hanya Bahasa Jepang saja, bahasa-bahasa yang lain pun tidak selamanya harus dipelajari di tempat kursus.

Duduk manis kemudian mendengarkan hingga jam pengajaran selesai, di rumah Anda langsung membuka buku pelajaran bahasa Jepang. Mengerjakan tugas-tugas, menulis jawabannya kemudian menunggu hingga jadwal kursus berikutnya.

Di lain pihak, mungkin banyak pecinta Bahasa Jepang mencoba untuk belajar Bahasa Jepang dari Internet. Membaca blog atau ebook setiap hari bahkan bergabung dengan group facebook untuk belajar bersama.

Dengan hanya membaca dan menulis seperti ini hanya akan membuat Anda sedikit memahami bahasa Jepang dari tulisan.

Anda tahu, kecepatan seseorang dalam menulis dalam sebuah group belajar bahasa Jepang di facebook tentu jauh berbeda dengan kecepatan seseorang berbicara.

Hal ini sama saja Anda mengejar pesawat terbang dengan menggunakan mobil. Orang Jepang berbicara cepat, sedangkan kemampuan Anda menulis hanya sebatas “iseng” belajar bahasa jepang.

Apakah dengan cara ini Anda yakin bisa berbicara Bahasa Jepang dengan lancar?

Nah, kemampuan setiap orang berbeda antara satu dengan yang lain, mungkin ada sebagian orang bisa belajar hanya dengan membaca buku namun sebagian besar pasti akan sulit untuk menggunakan cara ini.

Salah satu cara lain adalah dengan “Home Stay”

Home Stay dapat diartikan belajar bahasa dengan cara tinggal di negara asal bahasa tersebut. Cara ini jauh lebih baik daripada kursus bahasa jepang maupun hanya sekedar belajar dari buku atau mengikuti group-group belajar bahasa Jepang.

Jika Anda memang bersungguh-sungguh ingin bisa lancar berbahasa Jepang maka membiasakan diri untuk mendengarkan orang jepang kemudian melatih meniru ucapan mereka adalah jalan satu-satunya, bukan dari membaca buku dalam bentuk tulisan.

Jika Anda mencari tempat kursus pilihlah tempat kursus intensive yang isinya lebih banyak berbicara Bahasa Jepang. Jika Anda kursus hanya 2 jam dalam seminggu jangan berharap Bahasa Jepang Anda bisa lancar.

Anda membutuhkan materi tambahan yang secara otodidak dapat digunakan untuk melatih kemampuan Bahasa Jepang Anda setiap saat melalui melalui audio yang dapat diputar kapan saja.

Cobalah setelah belajar materi otodidak kursus bahasa jepang selama 3 tahun, kemudian bandingkan dengan mereka yang terlahir di jepang dan berusia 3 tahun. Saya yakin Anda lebih lancar dan mahir berbicara bahasa Jepang.

Setiap metode belajar sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut adalah KKlebihan Kekurangan Kursus Bahasa Jepang Dibanding Belajar Secara Otodidak.

Kursus Bahasa Jepang memang bisa menjadi pilihan jika Anda tidak dapat mengambil paket home stay pergi ke negeri Sakura beberapa bulan atau beberapa tahun.

Dengan kursus bahasa jepang Anda tentu akan diajarkan lebih banyak belajar tata bahasa dan penulisan ketimbang percakapan. Hal ini tentu dapat memberikan pemahaman tata bahasa Jepang lebih baik daripada sekedar belajar dari buku.

Disamping kursus di lembaga pendidikan, pilihan lain adalah belajar otodidak atau kursus otodidak belajar bahasa jepang yang dapat dilakukan sendiri tanpa dibatasi tempat dan jadwal tertentu.

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan apakah harus kursus bahasa Jepang di tempat kursus ataukah membeli paket kursus otodidak bahasa jepang dapat membaca perbandingan kelebihan dan kekurangannya pada artikel kali ini.

Kelebihan dan Kekurangan Kursus Bahasa Jepang Dibanding Belajar Otodidak

Kursus Bahasa Jepang sangat cocok bagi mereka yang memiliki cukup banyak waktu untuk pergi ke tempat kursus pada jadwal yang telah ditentukan.

Dengan mengikuti kursus akan merasakan masa-masa pendidikan selama sekolah, harus berangkat sesuai jadwal, diberi pertanyaan oleh pengajar, disuruh mengerjakan tugas-tugas bahasa Jepang dan lain sebagainya.

Sehingga jenis kursus ini sangat cocok untuk mereka yang harus “dipaksa” secara disiplin belajar bahasa Jepang sesuai jadwal yang telah ditentukan.

#Kursus Bahasa Jepang

Kelebihan 

Dengan metode kursus siswa akan merasa punya tanggung jawab untuk mengikuti kelas kursus yang telah dijadwalkan. Bisa seminggu dua kali atau seminggu tiga kali.

Metode ini juga akan membuat siswa kursus semakin memiliki tingkat disiplin tinggi.

Selain itu dengan adanya teman kursus yang banyak dapat membuat siswa kursus menjadi termotivasi untuk belajar bahasa Jepang.

Kekurangan

Dengan mengikuti Jadwal yang ketat biasanya metode belajar bahasa jepang ini tidak cocok bagi mereka yang sibuk bekerja atau mereka yang sering keluar kota untuk tugas kerja.

Memang dengan jadwal ketat telah ditentukannya waktu kursus dapat meningkatkan disiplin siswa kursus, namun ini seperti dua pedang bermata dua. Sisi buruk pengaturan waktu kursus yang telah dijadwal oleh pihak kursusan dapat menjadikan siswa menjadi bosan.

Walaupun seseorang itu tidak merasa bosan, sebenarnya jika seseorang telah terbiasa dengan mengikuti jadwal yang telah diatur juga akan menjadikan seseorang secara tidak sadar “harus diatur orang lain”. Mental psikologi ini sebenarnya dapat berakibat buruk jika terus menerus dibiasakan.

#Belajar Otodidak Bahasa Jepang

Kelebihan

Dengan memiliki paket belajar otodidak atau kursus otodidak bahasa jepang tidak lagi tergantung pada jadwal belajar. Anda dapat belajar bahasa Jepang kapan saja dan dimana saja.

Dengan memiliki paket kursus otodidak bahasa Jepang, waktu belajar lebih intensif dan bisa dilakukan setiap hari bahkan dapat diulangi berkali-kali jika dalam satu hari belum juga mampu menghafal satu materi pelajarannya.

Tak ada biaya tambahan jika Anda harus mengulang materi. Karena tingkat kecepatan seseorang dalam memahami bahasa jepang tentulah tidak sama, tergantung tingkat kecerdasan seseorang.

Jika Anda bisa belajar Bahasa Indonesia dan mengerti bahasa Indonesia tanpa harus pergi ke tempat kursus, seharusnya Anda juga bisa dengan cepat belajar Bahasa Jepang secara otodidak.

Kekurangan

Kekurangan kursus otodidak yaitu Anda tidak dapat bertemu langsung dengan mereka yang sedang kursus bahasa Jepang. Dengan kata lain, sosialisasi akan berkurang karena belajar mendengarkan dan berbicara bahasa Jepang sudah dapat dilakan melalui ponsel Android.

Selain itu, bagi mereka yang tidak memiliki niat dan semangat juang tinggi untuk belajar bahasa jepang biasanya akan mengalami penurunan semangat karena tidak ada seorang pun yang memaksa dengan keras seperti halnya pada tempat kursus yang telah memiliki jadwal pada jam tertentu.

Meski sebenarnya semangat ini dapat ditumbuhkan dengan cara menyenangi hal-hal tentang jepang, sebagai contoh dengan mendengarkan musik Jepang atau film-film Jepang yang disukai.

Leave a Comment