Inilah 12 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaik dan Keren yang Tersembunyi

Tempat Wisata di Sidoarjo Siapa coba yang ndak kenal Sidoarjo? Semuanya kenal pastinya, kenal kalau Sidoarjo itu kota lumpur. Iya, just lumpur lapindo.

Bagi kamu orang Sidoarjo yang merantau atau berada di daerah lain pasti sering mengalami hal ini, ketika memperkenalkan diri dan bilang berasal dari Sidoarjo, tanggapannya pasti “Oh yang lumpur lapindo itu ya?”

Benar apa benar? Padahal mereka ndak tahu saja kalau Sidoarjo bukan hanya tentang lumpur lapindo ataupun bandeng dan udang saja.

Sidoarjo itu terkenal dengan kota industri karena terdapat banyak industri baik kecil, menegah maupun besar yang berkembang dan menjadi sumber kemapanan masyarakat. Selain kota industri, Sidoarjo juga memiliki destinasi wisata menarik yang sangat layak untuk dikunjungi.

Penasaran dengan destinasi wisata kota ini? Oke, berikut beberapa destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Sidoarjo.

1. Alun-alun Sidoarjo

tempat wisata di sidoarjo

instagram.com

Setiap kota pastinya mempunyai alu-alun dengan segala keindahannya, begitupun dengan kota Sidoarjo yang mempunyai alun-alun indah dengan dikelilingi pohon-pohon besar yang meneduhkan.

Di alun-alun ini terdapat sebuah bangunan tugu yang berbentuk patung udang dan bandeng raksasa yang menjadi ciri khas dari kota Sidoarjo.

Landmark dari kota Sidoarjo menjadi lebih lengkap dengan adanya Masjid Agung Sidoarjo dan beberapa bangunan kuno di dekat alun-alun yang masih berfungsi sebagai kantor pemerintahan dan bank.

Biasanya, alun-alun Sidoarjo ini digunakan untuk tempat jogging, bersepeda dan refreshing bagi masyarakat sekitar.

2. Candi Pari

wisata sidoarjo

instagram.com

Di Sidoarjo juga menawarkan wisata sejarah berupa sebuah candi kuno, yaitu wisata Candi Pari yang memiliki nuansa agama Hindu yang kental.

Candi Pari adalah candi yang terbuat dari batu bata dan berbentuk segi empat yang merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit saat kepemimpinan Hayam Wuruk.

Candi Pari ini terletak di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo yang letaknya berdekatan dengan pusat semburan Lumpur Lapindo.

3. Kampung Batik Jetis Sidoarjo

wisata keren sidoarjo

instagram.com

Kota Sidoarjo juga memiliki sentra batik yang terletak di Kampung Batik Jetis, berada di pusat kota tepatnya di jalan Diponegoro, Sidoarjo.

Salah satu motif batik khas dari kampong ini adalah batik tulis bermotif burung merak. Untuk menemukan tempat ini sangat mudah karena memang terletak di pusat kota. Selain itu, terdapat tulisan “Kampung Batik Jetis” di gapura masuk desanya.

Di kawasan ini banyak warga yang menjual batik dengan harga yang bervariasi. Selain itu, Anda juga bisa melihat secara langsung bagaiman melukis batik di atas kain.

4. Kampung Sepatu Krian Sidoarjo

wisata indah sidoarjo

wisatakatem.blogspot.com

Di Sidoarjo juga memiliki kawasan yang banyak menyediakan sepatu, yaitu kampong sepatu Krian. Di tempat ini, Anda dapat membeli berbagai macam sepatu dan sandal yang bervariasi dengan harga yang terjangkau.

Kampung ini terletak di Kelurahan Masangan, Krian, Kabupaten Sidoarjo. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang suka berbelanja, dengan membeli oleh-oleh untuk saudara di rumah. Kualitas sepatu dan sandalnya juga baik, tidak kalah dengan Cibaduyut yang ada di Bandung.

5. Lumpur Lapindo

tempat wisata di sidoarjo

www.voaindonesia.com

Awalnya Lumpur Lapindo adalah sebuah bencana alam menyemburnya lumpur panas, sejak tanggal 29 Mei 2006 di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.

Semburan lumpur panas tersebut semakin meluas seiring berjalannya waktu, sehingga menenggelamkan beberapa kawasan pemukiman dan perinustrian di beberapa wilayah di tiga kemacatan sekitar.

Akan tetapi seiring perkembangannya, saat ini lumpur lapindo menjadi areal wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Sidoarjo.

Semburan lumpur panas dengan asapnya yang mengepul menjadi daya tariknya sendiri. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, tiap harinya selalu saja ada wisatawan yang berkunjung, kebanyakan karena penasaran.

Tempat ini biasa juga disebut dengan “waduk berasap”, walau demikian, Anda tetap harus berhati-hati agar tidak sampai tercebur atau menghirup gasnya.

6. Makam Putri Ayu Sekar Dadu

tempat wisata kota sidoarjo

Sportourism.id

Makam Putri Ayu Sekar Dadu terletak di Dusun Kepentingan, Desa Sawoan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Wisata ini termasuk wisata ziarah yang sakral.

Putri Ayu Sekar Dadu adalah putrid dari raja Blambangan dan dipercaya sebagai ibu dari Sunan Giri. Biasanya banyak warga yang mengi=unjungi makam ini, setelah selesai nyadran.

7. Museum Mpu Tantular

wisata di sidoarjo

KresnaBayuTour.com

Kota Sidoarjo juga menyediakan wisata sejarah yang menarik, yaitu Museum Mpu Tantular. Museum ini berlokasi di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo.

Museum Mpu Tantular berdiri di lahan seluas 3,28 hektar. Di museum ini tersimpan banyak sekali peninggalan sejarah, seperti emas dan lukisan yang dibuat pada abad ke 14.

Museum Mpu Tantular ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga, untuk memperkenalkan anak-anak pada sejarah yang pernah terjadi di Nusantara.

8. Pantai Kepetingan

tempat wisata kota sidoarjo

iwantantomi.WordPress.com

Selain wisata religi dan sejarah, di kota Sidoarjo juga menyediakan wisata pantai, yaitu pantai Kepetingan. Pantai ini adalah salah satu objek wisata alam di Sidoarjo.

Pantai Kepetingan terletak di Desa Sawoan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Pantai ini terletak di wilayah pedalaman kota Sidoarjo dan memang tidak banyak yang tahu kalau Sidoarjo juga mempunyai wisata bernuansa alam.

Untuk sampai di pantai ini, harus lewat perjalanan laut. Di sepanjang jalan menuju pantai ini, akan disguhkan dengan hijaunya hutan bakau dan merdunya suara burung yang bertengger di pepohonan.

Pantai Kepetingan akan selalu ramai di akhir pecan, apalagi ketika diadakan acara upacara Nyadran, yaitu ritual sedekah laut yang biasa dilakukan sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

9. Pemancingan Delta Fishing

wisata keren sidoarjo

deltafishingclub.com

Jika Anda suka memancing, maka tempat ini sangat cocok untuk Anda. Delta Fishing adalah wahana pemancingan yang juga sangat cocok untuk tempat rekresasi bersama keluarga.

Pemancingan Delta Fishing terletak di Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Selain pemancingan, ditempat ini juga tersedia berbagai permainan yang bisa dinikmati, seperti outbound, flying fox, sepeda air, kolam renang dan berbagai wahana permainan lainnya.

10. Pulau Sarinah

wisata gokil di sidoarjo

instagram.com

Kota Sidoarjo tidak hanya mempunyai pantai Kepetingan saja, tapi ada juga Pulau Sarinah, yaitu sebuah pulau yang terbentuk karena adanya proses sedimentasi dari Lumpur Lapindo.

Sangat tidak disangka bahwa pulau Sarinah ini akan menarik banyak perhatian wisatawan. Pulau Sarinah terletak di Desa Kedugpandan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo.

11. Sentra Tas Tanggulangin

wisata di sidoarjo

Tribunnews.com

Ini dia salah satu tempat yang terkenal dan wajib di kunjungi jika Anda berada di kota Sidoarjo. Tempat ini juga sangat cocok untuk Anda yang suka berbelanja tas. Yap, namanya adalah sentra tas Tanggulangin.

Sentra tas ini berada di sepanjang jalan Kludan. Sentra tas Tanggulangin ini adalah pusat penjualan tas-tas berkualitas dan sering di impor ke luar negeri.

Di sini akan Anda temui banyak sekali rumah dan toko yang berjualan tas berkualitas dengan harga yang sangat bersahabat.

12. Wisata Bahari Tlocor

wisata sidoarjo

disporabudpar.sidoarjokab.go.id

Wisata Bahari Tlocor lokasinya sama dengan pulau Sarinah yaitu di Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo.

Suasana hutan bakaunya yang hijau dan sejuk menjadi daya tarik tersendiri. Anda juga bisa menggunakan perahu untuk menyusuri pantai Tlocor.

Desiran ombak yang terkadang membuat perahu yang Anda naiki bergoyang juga menjadi salah satu tantangan tersendiri yang wajib di coba.

Disini juga terdapat dermaga buatan yang berfungsi untuk memudahkan perahu merapat, karena memamng kawasan pantai Tlocor sangat luas.

Demikian beberapa tempat wisata yang ada di Sidoarjo. Bagaimana? Sidoarjo bukan hanya tentang lumpur Lapindo saja kan?

Sudah tertarik mau ke Sidoarjo? Semoga bermanfaat

One Response

  1. rudi 1 Desember 2016

Leave a Reply