Siapa Itu Dajjal? Berikut Asal Usul, Ciri, Awal Kemunculan Hingga Kematiannya

Siapa Itu Dajjal Banyak saat ini dari kalangan orang dewasa yang lalai tentang masalah Dajjal. Padahal Rosulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam telah memperingatkan umatnya dari 14 abad yang lalu tentang kemunculan Dajjal ini adalah fitnah yang paling besar sepanjang zaman yang akan menimpa umat manusia. Tidak ada fitnah yang lebih dahsyat dari pada fitnah Dajjal.

Nabi Shollallahu “Alaihi Wasallam juga telah mengisyaratkan bahwa kemunculan sosok Dajjal untuk menebar fitnah dan kerusakan justru bakal terjadi pada saat kebanyakan dari manusia awam telah lalai dan tidak peduli tentang akan kemunculan Dajjal.

Sehingga, apabila ada orang yang membicarakan tentang Dajjal, maka mereka cenderung akan menertawakannya dan menganggap itu hanyalah mitos atau sekedar legenda saja. Demikian pula terhadap orang-orang yang pintar pada saat itu.

Malahan para penceramah, Da’I, ustadz dan Imam yang berbicara di mimbar-mimbar tidak perlu mengangkat tema tentang bahayanya akan fitnah Dajjal.

Dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rosulullah Shollallahu “Alaihi Wasallam bersabda:

لَا يَخْرُجُ الدَّجَّالُ حَتَّى يَذْهَلَ النَّاسُ عَنْ ذِكْرِهِ وَحَتَّى تَتْرُكَ الْأَئِمَّةُ ذِكْرَهُ عَلَى الْمَنَابِرِ

Dajjal tidak akan keluar sehingga sekalian manusia telah lupa untuk mengingatnya dan sehingga para Imam tidak lagi menyebut-nyebutnya di atas mimbar-mimbar.” (HR. Ahmad 16073)

Pertanyaannya, siapakah sebenarnya Dajjal itu? Lalu apakah dia termasuk manusia keturunan nabi adam, atau ia termasuk mahluk dari kalangan Jin?

Dalam sebuah hadist yang panjang dijelaskan bahwa Dajjal merupakan keturunan nabi Adam dan termasuk dari golongan manusia. Namun, ia merupakan mahluk yang diberikan sebuah keistimewaan oleh Allah Ta’ala, tidak seperti manusia pada umumnya.

Diantara keistimewaan itu adalah bahwa Dajjal telah hadir di dunia ini semenjak zaman Rosulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam dan para sahabat, jadi umur Dajjal sampai saat ini telah mencapai 14 abad lamanya.

Tempat Tinggal Dajjal sekarang

Dalam sebuah riwayat sahih yang disebutkan di dalam kitab “Shahih Muslim”, bahwa Dajjal itu telah hadir sejak lama. Ia dirantai di sebuah pulau dan dis ana dijaga oleh seekor binatang yg bernama “Al-Jassasah”. Terdapat hadis mengenainya.

Dari penjelasan  Hadis tersebut  jelaslah bagi kita bahwa Dajjal itu telah ada di dunia ini dan ia menunggu masa yang dimana pada masa itu ia diizinkan oleh Allah swt untuk menampakkan diri untuk menjelajahi permukaan bumi ini dan tempat “transitnya” itu ialah disebelah Timur bukan di Barat untuk menebarkan fitnah dan kerusakan.

Fitnah Dajjal

Dajjal telah diberi izin oleh Allah untuk memberikan cobaan kepada umat ini. oleh sebab itu, Allah memberikan kepadanya beberapa kemampuan yang di luar nalar manusia. Diantara keistimewaan Dajjal itu adalah sebagai berikut:

Dajjal yang membawa kebohongan dan fitnah tidak datang begitu saja, namun, telah diawali dengan kemunculan orang-orang yang diberi amanah namun ia berkhianat. Sehingga pada waktu itu orang sudah terbiasa berinteraksi terhadap para penipu dan terus saja mempercayainya.

Fitnah Dajjal akan sangat mengerikan karena ia membawa kebohongan yang bisa memasukkan orang yang beriman lemah menjadi kafir. Di awal kemunculan Dajjal, ia hanya akan mengaku sebagai nabi atau utusan Tuhan, dengan menunjukan beberapa keistimewaannya di depan umum dan mengatakan itu adalah mu’jizat padahal itu hanya tipu daya semata atau sihir.

Pada saat Dajjal berkelana ke penjuru dunia, ia akan mengatakan, “akulah Tuhan seluruh alam, dan matahari itu berjalan atas kehendakku.

Leave a Reply