Sejarah Nintendo dan Perkembangan Konsol Game nya dari Waktu ke Waktu

Sejarah Nintendo Bagi Anda anak 90-an yang suka bermain game dari kecil, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah nintendo kan? Atau banyak dari Anda yang suka bermain nintendo ini.

Tapi tahukah Anda sejarah dari Nintendo dan perkembangannya dari waktu ke waktu? Jika belum, maka pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap.

Sejarah Nintendo

Nintendo adalah sebuah perusahaan multinasional yang didirikan Fusajiro Yamauchi pada tanggal 23 September 1889 di Kyoto, Jepang.

Nintendo awalnya memproduksi kartu-kartu buatan tangan hanafuda, yang digunakan untuk permainan kartu Jepang.

Awal berdirinya Nintendo mencoba bergerak di beberapa bisnis yang kecil, seperti sebuah penginapan asrama dan sebuah perusahaan taksi.

Namun setelah beberapa tahun, Nintendo berubah menjadi sebuah perusahaan permainan video, dan tumbuh menjadi salah satu yang terbesar di industri ini.

Baca juga: Konsol game terbaik era 70an-90an

Di samping permainan video, Nintendo adalah pemilik mayoritas Seattle Mariners, sebuah tim Major League Baseball di Seattle, Washington.

Pada tahun 2001, Nintendo juga membeli sebagian besar saham Gyration Inc., yaitu sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri pada gyro dan sensor gerak.

Saat ini, saingan utama Nintendo dalam bidang permainan adalah Sony dan Microsoft.

Konsol Nintendo dari Masa ke Masa

1. Nintendo Entertainment System

sejarah nintendo dan perkembangan konsol game nya

www.htbackdrops.org

Nintendo Entertainment System atau NES, adalah sebuah konsol permainan video 8-bit, yang pertama kali dirilis pada tahun 1985.

Dirilis oleh Nintendo di Amerika Utara, Brasil, Eropa, Asia dan Australia. Versi Jepangnya dikenal dengan nama Nintendo Family Computer atau Famicom.

NES menjadi konsol permainan paling populer saat itu di Asia dan Amerika Utara, NES membantu menghidupkan kembali industri permainan video setelah keruntuhan permainan video pada tahun 1983.

Dengan game Mario Bros yang meledak dipasaran, NES menjadi konsol game yang sangat diminati pada saat itu.

2. Game Boy

sejarah nintendo dan perkembangan konsol game nya

www.giantbomb.com

Game Boy merupakan konsol permainan video yang diedarkan pada tahun 1989 seharga 8.000 yen (Jepang) atau US $89,95. Perancangnya adalah Gunpei Yokoi dan tim Nintendo Research & Development 1.

Jika dijumlahkan, Game Boy dan Game Boy Color telah terjual sebanyak 118,69 juta unit di seluruh dunia. Game Boy awalnya digabung dengan permainan puzzle Tetris. 

3. Super NES

sejarah nintendo dan perkembangan konsol game nya

en.wikipedia.org

Super Nintendo Entertainment System, dikenal juga dengan Super Nintendo dirilis pada tahun 1991. Super NES atau SNES, adalah konsol permainan video 16-bit yang dirilis oleh Nintendo di Amerika Utara, Brasil, Eropa dan Australia.

Di Jepang ia dikenal dengan nama Super Famicom (Family Computer). Di Korea Selatan ia dikenal dengan nama Super Comboy dan didistribusikan oleh Hyundai Elecronics.

4. Nintendo 64

sejarah nintendo dan perkembangan konsol game nya

www.hngn.com

Nintendo 64 atau dikenal juga N64 merupakan konsol game generasi ke lima Nintendo yang dirilis pada tahun 1996. N64 bekerja sama dengan produsen workstation Silicon Graphics Inc.

Nintendo 64 sangat revolusioner di masanya dengan memperkenalkan teknologi-teknologi baru yang kemudian diikuti oleh para pesaingnya seperti Sony PlayStation dan Sega Saturn.

Teknologi tersebut antara lain teknologi getar Rumble Pak (yang kemudian dikenal dalam PlayStation sebagai DualShock) serta memperkenalkan stik analog yang memungkinkan pemain menjelajahi ruang 3-D dengan lancar.

Teknologi stik analog membuka babak baru dalam pengontrolan dari ruang 2-D ke ruang 3-D, dan sangat sukses sehingga kompetitor lain seperti Sony PlayStation dan Sega Saturn mengikuti Nintendo dengan menyertakan stik analog dalam konsol game buatan mereka.

Nintendo 64 juga merupakan konsol game pertama yang menyertakan fungsi Anti-Aliasing dengan filter bilinear secara real-time.

Selain itu, Nintendo 64 juga mendapat posisi pertama dan terpilih sebagai console game terbaik dalam G4 baru baru ini dalam acara ‘Top 10 Games Consoles.

Nintendo 64 kurang dikenal luas di Indonesia, salah satu penyebabnya karena Nintendo 64 menggunakan medium cartridge/kaset untuk menyimpan data, yang lebih mahal dan lebih susah dicopy/dibajak dibandingkan dengan medium CD yang digunakan oleh PlayStation dan Sega Saturn.

Pengembangan software Nintendo 64 berakhir pada tahun 2001 setelah rilis sekitar 350 judul game dan 40 juta unit Nintendo 64 terjual.

5. Game Boy Color

sejarah nintendo dan perkembangan konsol game nya

rosecoloredgaming.wordpress.com

Game Boy Color yang disingkat menjadi GBC adalah Game Boy keluaran terbaru dari Nintendo dan dirilis pada 21 Oktober 1998 di Jepang, 19 November 1998 di Amerika Utara dan 23 November 1998 di Eropa.

Layar berwarna menjadi andalan Game Boy ini. Game Boy Color lebih tebal dan panjang daripada Game Boy Pocket, tetapi lebih kecil daripada Game Boy asli.

6. Game Boy Advance

sejarah nintendo dan perkembangan konsol game nya

en.wikipedia.org

Game Boy Advance (sering disingkat GBA) adalah salah satu dari konsol-konsol terakhir seri Game Boy, dan penerus Game Boy Color yang populer.

GBA dirilis di Jepang pada 21 Maret 2001, di Amerika Utara pada 11 Juni 2001 dan di Eropa pada 22 Juni 2001. Nama sandinya saat masa pengembangan adalah Project Atlantis. 

7. Gamecube

sejarah nintendo dan perkembangan konsol game nya

supersmashbros.wikia.com

GameCube dirilis pada 14 September 2001 di Jepang, 18 November 2001 di Amerika Utara, 3 Mei 2002 di Eropa, dan 17 Mei 2002 di Australia. 

Saat pengembangan, Nintendo GameCube awalnya bernama sandi Dolphin. Lalu, Nintendo GameCube resmi disingkat menjadi GCN oleh Nintendo Amerika.

GCN merupakan konsol permainan permainan video generasi keenam, satu generasi dengan Sega Dreamcast, Sony PlayStation 2 dan Microsoft Xbox.

8. Game Boy Advance SP

sejarah nintendo dan perkembangan konsol game nya

www.retro-games-discount.fr

Game Boy Advance SP adalah konsol permainan genggam yang merupakan model terbaru dari Game Boy Advance. Game Boy Advance SP dirilis pada Februari tahun 2003. “SP” adalah singkatan dari “Special”.

Peluncuran Game Boy Advance SP diikuti dengan dirilisnya Nintendo DS (yang dirilis pada November 2004) dan Game Boy Micro (dirilis pada September 2005).

9. Nintendo DS

sejarah nintendo dan perkembangan konsol game nya

www.graingergames.co.uk

Nintendo DS adalah konsol permainan genggam dirilis pada tahun 2004. Ia mudah dikenali dengan desain lipat horizontalnya, mirip dengan Game Boy Advance SP, dan adanya dua jenis layar di mana layar bawahnya bekerja sebagai layar sentuh.

Di dalamnya juga tertanam sebuah mikrofon dan mendukung standar nirkabel 802.11b (Wi-Fi) yang memungkinkan pemain saling berinteraksi dalam jarak dekat (30-100 kaki, tergantung kondisi), melalui layanan Nintendo Wi-Fi Connection.

Nama “DS” merupakan singkatan dari “Dual Screen”. Selain itu ia juga merupakan singkatan dari “Developers System”, merujuk pada fitur-fitur dalam alat genggam ini yang didesain untuk memancing ide-ide sistem permainan yang inovatif di antara para pengembang. Selama masa pengembangan, sistem ini dikenal dengan Project Nitro.

Pada 11 Juni 2006, Nintendo merilis DS dengan model yang didesain ulang, bernama Nintendo DS Lite. Nintendo DS Lite telah dilepas ke pasaran ke Amerika Utara, Eropa, and Australia pada Juni 2006.

Model yang didesain ulang dari Nintendo DS ini lebih tipis, ringan, dan memiliki layar yang lebih cerah daripada Nintendo DS. 

10. Nintendo Wii

sejarah nintendo dan perkembangan konsol game nya

www.nintendoworldreport.com

Wii adalah konsol permainan video kelima Nintendo yang merupakan penerus Nintendo GameCube. Inovasi utamanya adalah kontroler (joystick) yang merespon terhadap letaknya dalam ruang fisik tiga dimensi yang terletak di depan televisi. Pada tahap awal pengembangan, konsol ini diberi nama Revolution.

Konsol game ini diperkenalkan dalam Tokyo Game Show 2005 pada 16 September 2005. Konsol ini dirilis pada November 2006 di AS dan Desember di Jepang dan beberapa wilayah lainnya.

Berbeda dari Xbox 360 dan PlayStation3, Wii lebih menitik beratkan pada keasyikan bermain dibandingkan tampilan grafik beresolusi tinggi seperti yang dimiliki kedua konsol tersebut.

Wiimote merupakan kontroler baru yang unik (yang dilengkapi sebuah Nunchuk sebagai kontroler tambahan untuk beberapa jenis game), bentuknya yang kecil, serta harga yang murah merupakan hal-hal yang menjadi keunggulan konsol ini dibandingkan kedua konsol saingannya.

11. Nintendo 3DS

sejarah nintendo dan perkembangan konsol game nya

uncrate.com

Nintendo 3DS dirilis di Jepang pada 26 Februari 2011, di Eropa pada 25 Maret 2011, di Amerika Utara pada 27 Maret 2011, dan di Australia pada 31 Maret 2011.

Nintendo 3DS adalah konsol game portabel dengan perangkat autostereoscopic dan menghasilkan efek tiga dimensi tanpa persyaratan aksesoris tambahan.

12. Nintendo Wii U

sejarah nintendo dan perkembangan konsol game nya

www.ilovetablette.com

Wii U merupakan konsol game yang merupakan penerus Nintendo Wii. Wii dirilis pada tahun 2012 dan diresmikan pada konferensi pers Nintendo di Electronic Entertainment Expo 2011 pada 7 Juni 2011. Konsol ini telah digambarkan sebagai generasi kedelapan yang baru.

Wii U adalah konsol Nintendo Home keenam dan konsol Nintendo pertama dalam menghasilkan grafis resolusi 1080p dan fitur pengendali baru dengan layar sentuh.

Kontroler ini memungkinkan pemain untuk melanjutkan sesi game dengan menampilkan permainan bahkan ketika televisi dimatikan.

Sistem ini akan sepenuhnya kompatibel dengan Wii, dan Wii U game dapat mendukung kompatibilitas dengan peripheral Wii, seperti Wii Remote dan Wii Balance Board.

Demikian sejarah dan perkembangan dari konsol game Nintendo. Jika ada kritik, saran atau tambahan, bisa di tuliskan di kolom komentar. Terimakasih.

4 Comments

  1. RaisaHakim 21 April 2016
  2. Sagasano 12 Agustus 2016
    • IrulAziz7 12 Agustus 2016
      • Sagasano 16 Agustus 2016

Leave a Reply