Inilah Jenis-jenis Sayuran Sehat yang Baik Untuk Bayi

Sayuran Sehat Untuk Bayi Masa pertumbuhan keemasan seorang manusia terletak di usia 0 sampai 5 tahun. Di masa keemasan, seorang bayi membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang.

Keseimbangan gizi bisa diberikan dengan memperhatikan jenis makanan yang diberikan, baik dari makanan utama ataupun makanan tambahan.

Buah-buahan dan sayuran sehat untuk bayi merupakan jenis makanan yang bisa mencukupi kebutuhan gizi pada bayi Anda.

Berbagai jenis sayuran kadang sangat sulit untuk disukai oleh bayi. Padahal jika ini terjadi, bisa saja kebiasaan tidak menyukai sayuran akan bertahan sampai masa dewasanya.

Padahal sayuran merupakan jenis makanan yang banyak mengandung nutrisi dan gizi yang akan membantu tumbuh kembangnya.

Untuk mengatasi masalah bayi tidak menyukai sayuran, orang tua diharapkan mengenalkan berbagai jenis sayuran sehat untuk bayi ketika berusia 6 bulan.

Dahulukan mengenalkan sayuran daripada buah-buahan, karena rasa sayuran yang hambar akan diingat bayi dan dia tidak akan menyukainya jika sudah dikenalkan dengan buah-buahan yang memiliki rasa manis.

Sayuran Sehat untuk Bayi

jenis-jenis sayuran sehat yang baik untuk bayi

www.infoginekologi.web.id

Ada beragam sayuran yang telah dianugerahkan oleh Tuhan untuk diambil manfaatnya. Kecerdasan dan ketelitian seorang ibu sangatlah diperlukan dalam memilih sayuran sehat untuk bayi.

Dengan pilihan sayuran yang tepat dan sehat untuk bayi serta kepandaian mengolahnya, akan memperkecil anak tidak doyan dengan sayuran.

Untuk membantu ibu mengetahui apa saja sayuran sehat untuk bayi, dalam artikel ini akan dibahas beberapa jenis sayuran sehat untuk bayi.

Jenis Sayuran Sehat untuk Bayi

1. Bayam

Bayam bisa dijadikan pilihan sayuran yang akan dikenalkan kepada bayi di usia 6 bulan. Bayam mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi serta kandungan mineral kalsium.

Fungsi bayam sangatlah penting dalam pertumbuhan bayi karena berperan membantu pembentukan otak bayi. Bayam bisa disajikan dalam campuran sop bayi.

2. Tomat

Tomat juga keluarga sayur-mayur yang berguna untuk tumbuh kembang bayi. Kandungan tomat meliputi vitamin C dan juga zat likopen yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan bayi dari serangan penyakit.

3. Wortel

Wortel juga tidak kalah penting dari sayuran di atas. Wortel dengan kandungan vitamin A-nya sangat berguna membantu perkembangan dan menjaga kesehatan mata bayi Anda.

4. Brokoli

Brokoli juga bisa dipilih untuk asupan sayur-mayur untuk bayi Anda. Brokoli mengandung vitamin C dan termasuk sumber serat larut.

Serat larut ini yang akan membantu melancarkan sistem pencernaan dan juga buang air besar pada bayi Anda.

5. Seledri

Seledri yang biasanya hanya digunakan untuk menambah rasa pada sup, rupanya juga bisa dijadikan sebagai sayuran sehat untuk bayi. Seledri mengandung kalsium dan fosfor yang baik bagi pertumbuhan bayi.

6. Kacang Hijau

Kacang hijau dengan kandungan serat tingginya, akan memperkuat sistem antibodi tubuh bayi dan akan membuatnya tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

Tepat memilih sayuran sehat untuk bayi memang menjadi tanggung jawab para orang tua.

Anak merupakan harta berharga bagi Anda, jadi berikanlah yang terbaik untuknya mulai dari janin, bayi sampai dewasa agar anak menjadi kebanggaan keluarga, agama, bangsa dan negara.

Demikian jenis-jenis sayuran sehat yang baik untuk bayi. Jika ada saran, kritik atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply