5 Reptil Terbang Menakutkan dan Menyeramkan yang Sudah Punah

Reptil Terbang yang Menakutkan Reptil terbang tentu saja menjadi suatu hal yang sangat menakutkan dan menyeramkan. Mereka terlihat sangat berbahaya dan kuat.

Untungnya reptil-reptil ini sudah punah, bayangkan jika masih hidup sampai sekarang tentu akan membuat manusia ketakutan sebagaimana manusia takut kepada hewan-hewan buas lainnya seperti macan, singa dan buaya.

Berikut ini informasi tentang reptil-reptil terbang menyeramkan yang sudah punah.

1. Dimorphodon Macronyx

Kumpulan Dimorphodon pertama kali ditemukan pada abad ke19 di daerah Inggris dan dikenal sebagai Jurassic Coast. Walaupun para peneliti tidak begitu yakin mengenai apa yang dimakan oleh mereka, mereka cukup yakin bahwa Dimorphodon memakan serangga, ikan, bahkan juga hewan yang lebih kecil.

Selain dapat terbang, mereka juga bisa memanjat dengan sangat lincah. Hal ini yang membuat mereka sangat terampil sebagai predator pemburu. Mereka mempunyai panjang badan yang mencapai 3.3 kaki dengan total panjang sayap 4.6 kaki.

2. Pterodactyl

Sebagai salah satu hewan yang sangat kental dengan masa Jurassic, Pterodactyl memangsa ikan dan juga hewan kecil lainnya. Dilengkapi dengan gigi tajam sebagai senjata utamanya, Pterodactyl bisa dengan mudah menyapu mangsanya dari ketinggian, tidak peduli apakah mangsanya berada di darat ataupun di dalam air.

Di luar fakta bahwa lebar sayapnya hanya mencapai 5 kaki, tetapi Pterodactyl dipercaya sebagai salah satu predator pemburu yang sangat terampil.

3. Quetzalcoatlus Northropi

Membandingkan semua kemungkinan yang ada, mereka bisa dikatakan sebagai makhluk terbesar yang pernah menjelajah langit. Dengan lebar sayap yang mencapai 30 kaki dan berat yang mencapai 400 pound, makhluk raksasa ini menguasai langit di daerah yang saat ini bernama Amerika Utara.

Para ilmuwan percaya bahwa mereka mengintai mangsanya terlebih dahulu dan dengan ukuran tubuh dan kecepatan yang mereka miliki, maka akan semakin sulit bagi mangsanya untuk kabur.

4. Ikrandraco Avatar

Reptil yang sudah punah ini baru saja ditemukan pada tahun 2014. Karena kemiripan mereka dengan reptil Ikran yang ada pada film Avatar, maka nama Ikrandraco diberikan kepada mereka. Sekitar 120 juta tahun yang lalu, dataran yang saat ini bernama Cina adalah rumah bagi spesies ini.

Mereka memiliki tenggorokkan yang bisa melebar sehingga memungkinkan mereka untuk menelan ikan yang besar. Selain itu mereka juga mempunyai gigi yang tajam yang bisa menahan mangsa mereka di dalam rahang.

5. Pteranodon Longiceps

Reptil terbang raksasa ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang paling besar yang pernah ada. Para peneliti percaya bahwa lebar sayap Petranodon bisa mencapai 20 kaki.

Mereka hidup dengan memakan ikan, mungkin dengan melakukan manuver menukik ke bawah air dan menangkap mangsanya dengan menggunakan rahang mereka.

Para peneliti juga percaya bahwa mereka bisa mulai terbang dari permukaan air. Itu berarti Petranodon merupakan reptil terbang yang kuat dan juga lincah.

Dengan punahnya reptil-reptil tersebut diatas, sekarang ini kita hanya bisa melihat fosil-fosilnya saja yang bisa diliat dibeberapa museum purbakala terutama dinegara-negara barat, dan juga animasinya di film-film seperti Jurassic Park, Jurassic World dan Avatar.

Manakah diantara reptil-reptil terbang menyeramkan yang sudah punah diatas yang paling kawan-kawan takuti silahkan berikan komentarnya untuk artikel ini.

Leave a Comment