Inilah 5 Program Penelitian yang Mempelajari Tentang UFO

Program Penelitian yang Mempelajari UFO Unidentified Flying Object atau yang biasa di singkat dengan UFO merupakan salah satu fenomena langit yang sampai saat ini belum terpecahkan misterinya.

Karena itu beberapa negara mencoba membuat program yang bertujuan untuk mempelajari UFO ini, apa saja nama-nama program yang meneliti UFO ini simak informasinya dipostingan berikut. .

1. Proyek Sign

Diciptakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat pada tahun 1947, proyek ini melakukan investigasi terhadap penampakan UFO yang terjadi selama 1948.

Banyak orang yang terlibat pada program ini percaya bahwa kebanyakan penampakan UFO yang mereka lihat adalah alien, walaupun pada saat proyek ini berhenti, secara resmi dinyatakan bahwa mereka tidak mempunyai data yang cukup untuk membuat sebuah kesimpulan terkait dengan UFO.

2. Proyek Grudge

Ingat bagaimana kondisi yang terjadi pada Proyek Sign? Tidak lama setelah proyek tersebut dihentikan, Angkatan Udara membuat proyek baru yang dikenal dengan nama “Grudge” pada tahun 1949.

Mereka memulai semuanya dari posisi yang pernah ditinggalkan Proyek Sign dan melanjutkan untuk melakukan investigasi pada penampakan UFO. “Grudge” mencatat semua penampakan yang ada mulai dari objek yang salah identifikasi, fenomena alam, atau juga pesawat terbang buatan manusia yang biasa terbang bebas.

Walau begitu, investigasi lebih lanjut menunjukkan bahwa “Grudge” mungkin sudah menyembunyikan informasi mengenai UFO yang mengarah kepada keberadaan alien.

3. Proyek Blue Book

Pada akhirnya, Proyek Sign dan juga Proyek Grudge mengarah pada proyek ketiga yang dikenal dengan nama “Operation Blue Book” atau “Operasi Buku Biru.”

Operasi ini dimulai pada tahun 1952 dan melanjutkan investigasi terhadap UFO untuk mengetahui apakah keberadaan mereka dapat mengancam keamanan nasional.

Angkatan Udara menyusun banyak sekali data ilmiah yang akhirnya terangkum dalam sebuah laporan yang bernama “Laporan Condon”. Laporan ini merangkum semua temuan pada Operation Blue Book.

Secara garis besar, laporan ini menyatakan bahwa sebanyak lebih dari 12.000 penampakan yang sudah dirangkum, tidak ada satu pun yang merupakan alien dan tidak ada bahaya apapun yang mungkin dapat dialami oleh masyarakat.

4. Proyek Magnet

Kanada juga mempunyai program mereka sendiri. Proyek Magnet dimulai pada tahun 1950 yang dipimpin oleh Wilbert B. Smith, seorang insinyur radio yang bekerja di Departemen Perhubungan.

Program ini ditujukan untuk mempelajari UFO dengan tujuan untuk meniru teknologi yang mereka miliki. Pada akhirnya, Smith mengeluarkan buku dengan judul “A New Science” atau “Ilmu Baru” yang bercerita tentang penelitiannya.

5. Kelompok Kerja Piring Terbang

Di Kerajaan Inggris, Kelompok Kerja Piring Terbang diciptakan untuk mengumpulkan informasi mengenai UFO. Pada tahun 1950, kelompok ini mulai bekerja sama dengan CIA dan setelah mengumpulkan ribuan data dan menyelidiki lebih dari 10.000 laporan, mereka memberikan kesimpulan bahwa kebanyakan dari penampakan yang terjadi merupakan ilusi optik belaka.

Kabarnya, mereka yang terlibat, mendesak pemerintah untuk mengabaikan penampakan yang terjadi dan bahkan merekomendasikan untuk membuang informasi dan pengetahuan mengenai penampakan yang tidak bisa dijelaskan. Hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan di kalangan ahli teori konspirasi.

Itulah beberapa program penelitian yang mempelajari UFO, nah sekarang pertanyaan untuk pembaca sekalian adalah apakah kalian percaya UFO itu ada, apakah kalian pernah melihat UFO itu dengan mata kepala sendiri? Silahkan sharing pengalamannya dengan memberikan komentar di postingan ini.

Leave a Comment