pondok pesantren tahfidz al quran
Wajibbaca.com

Ingin Hafal Al Qur’an? Inilah 7 Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Terbaik di Indonesia yang Bisa Menjadi Rujukan

Posted on

Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Terbaik di Indonesia Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk memasukkan para putra dan putrinya ke lembaga pendidikan yang terbaik.

Akan tetapi, jika kita berbicara mengenai lembaga pendidikan, maka di Indonesia banyak sekali pilihan dan pastinya masing-masing pilihan tersebut memiliki ukuran dan keunggulannya sendiri.

Sudah bukan rahasia lagi jika pondok pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai sistem dan kurikulum terbaik.

Di pondok pesantren, para santri-santrinya tidak hanya dibekali dengan ilmu-ilmu ukhrawi tetapi juga ilmu yang berhubungan dengan hal duniawi.

Setiap pesantren pasti berusaha memberikan yang terbaik untuk para santrinya, dengan cara yang bervariasi sesuai dengan sistem yang dijalankan masing-masing.

Diantara pondok pesantren tersebut ada yang berfokus pada sisi fiqih, akhlak, ilmu nahwu, tahfidz dan lain sebagainya.

Sehingga para orang tua yang ingin memasukkan anaknya ke pesantren bisa memilih ingin menjadi apakah anaknya kelak.

Baca Juga:

Pesantren tahfidz merupakan pesantren yang fokus pada hafalan Al Quran, sehingga akan memberikan alokasi waktu paling banyak untuk menghafal Al Qur’an setiap harinya.

Harapannya adalah agar para santri benar-benar mampu menguasai hafalan Al Quran dalam jangka waktu yang sudah di tentukan.

Nah, bagi Anda para orang tua yang benar-benar ingin menjadikan anaknya seorang hafidz Quran, maka berikut adalah 7 pondok pesantren Tahfidz Qur’an terbaik di Indonesia yang bisa menjadi rujukan.

1. Yanbu’ul Qur’an, Kudus

pesantren tahfidz terbaik
arwaniyyah.com

Kota Kudus memang dikenal sebagai salah satu rujukan oleh para santri yang mempunyai niat untuk menghafal Al Qur’an.

Kota Kudus juga dikenal sebagai Madinatu Tahfidz karena di kota ini terdapat banyak sekali pondok Tahfidznya. Lingkungan disana juga secara keseluruhan sangat mendukung untuk melaksanakan program Tahfidz Al Qur’an.

Nah, salah satu pondok pesantren Tahfidz yang termahsyur adalah Yanbu’ul Qur’an yang diasuh oleh KH. Arwani Amin.

Di pesantren ini, para santri tidak hanya belajar untuk menghafal Al Qur’an, akan tetapi juga belajar tentang Qira’at Sab’ah.

Pada hakekatnya, memang tidak ada metode yang paten untuk menghafal Al Qur’an, yang paling penting adalah para santri mampu menghafalnya.

Salah satu yang menjadikan pesantren ini terkenal adalah ketatnya standar yang diberlakukan, para santri tidak boleh menyetorkan hafalan sebelum bacaannya sesuai dengan standar yang diberlakukan di pesantren ini.

Oleh karenanya, dari pondok manapun mereka berasal, tetap harus mengulang menghafal dan ini bisa berjalan sampai 1-2 bulan.

Diawali dengan pelafadzan huruf hijaiyah, lalu ta’awudz, al fatihah dan lain-lain. Jika Anda sering mendengar belajar membaca Al Fatihah saja sampai berbulan-bulan, mungkin itu berasal dari pesantren ini. Namun itulah yang menjadikan hafaln pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus dikenal yang terbaik.

Untuk lama menyelesaikan hafalan tidak ada target, tapi kesadaran dari masing-masing santri. Jelas, bagi yang malas menghafal bisa lama, dan sebaliknya bagi yang rajin menghafal insyaallah bisa cepat selesai hafalannya.

2. Muqoddasah, Ponorogo

pesantren tahfidz terbaik di indonesia
muqoddasah.sch.id

Pondok pesantren Tahfidz Muqoddasah ini diasuh oleh salah satu dari tiga pimpinan pondok Gontor. Yaitu KH. Hasan Abdullah Sahal.

Walau demikian, pondok pesantren ini sangat berbeda dengan kurikulum pondok Gontor, bahkan hingga sekarang belum memakai program KMI.

Namun, justru karena inilah pondok Tahfidz Muqoddasah menjadi istimewa, sebab kegiatan kegiatan tahfidz di jalankan dengan sistem yang baku.

Kalau dari segi tempat, pondok ini sebenarnya biasa saja tetapi semua sudah dikondisikan untuk menghafal Al Qur’an.

3. Darul Huffadh 77, Bone

pesantren tahfidz al quran terbaik di indonesia
photobucket.com

Di Bone terdapat pondok yang murni untuk Tahfidz Al Qur’an dengan disertai pendidikan KMI, yaitu Darul Huffadh 77.

Pondok ini juga terkenal dengan sebutan tuju-tuju, nama tersebut merujuk pada nama tempat berdirinya pondok tersebut.

Darul Huffadh juga tidak terlepas dari peran kyai nya yang karismatik, yaitu KH. Lanre Said. Beliau mendirikan pondok tahfidz ini tanpa meminta bantuan atau sumbangan.

Pondok Darul Huffadh 77 sangat menjunjung tinggi kebebasan dalam bermadzhab, oleh karenanya pondok ini sangat menerima bantuan akan tetapi dengan syarat tidak mengikat dan tidak bersyarat.

Jika dilihat dari kurikulum KMI, maka mirip dengan pondok pesantren Gontor, baik dari segi pelajaran dan isi muatan.

Akan tetapi, luar biasanya adalah pondok ini mempunyai inti kegiatan yaitu menghafalkan dalam hal menghafal Al Qur’an.

4. Daarul Qur’an, Tangerang

pesantren tahfidz terbaik di indonesia
timesindonesia.co.id

Daarul Qur,an merupakan pondok Tahfidz yang diasuh oleh Ustadz Yusuf Mansur. Pondok Tahfidz ini memadukan kurikulum diknas dan juga pesantren.

Pondok ini bisa dikatakan belum lama berdiri, tetapi kiprahnya dan relasinya dengan dunia internasional sudah sangat fenomenal.

Salah satu bukti kiprah luar biasanya adalah sudah mendapatkan penghargaan Tahfidz Award sebagai Lembaga Tahfidz Terbaik yang ada di dunia.

Seperti yang telah dilansir Republika, “Saya sekalian umrah, diundang oleh Khoodimul Haroomain asy-Syariifain, ke kota suci Makkah untuk menghadiri penghargaan Daarul Qur’an untuk mewakili Indonesia.” Tuturnya.

Penghargaan tersebut juga menyisihkan 65 negara lain, dan alhamdulillah dipilih oleh Allah swt sebagai Lembaga Tahfidz Terbaik sedunia,” tambahnya.

5. Wadi Mubarak, Bogor

pesantren tahfidz terbaik di indonesia yang bisa menjadi rujukan
ar1efmift4h.files.wordpress.com

Pondok Pesantren Tahfidz Wadi Mubarak atau yang juga dikenal dengan nama LKID (Lembaga Kaderisasi Imam dan Da’i) merupakan lembaga yang mempunyai tujuan untuk megkader para santrinya untuk bisa menjadi imam dan Da’I di lingkungan tempat asalnya masing-masing.

Pesantren ini dikatakan sebagai pesantren Tahfidz terbaik di Indonesia karena para lulusannya untuk bisa menyelesaikan hafalan Al Qur’an dalam waktu 1 tahun saja, wow sangat menantang kan?

Keunggulan lain dari pesantren Wadi Mubarak ini adalah para santrinya tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Akan tetapi dengan syarat hasrus bisa lulus ujian seleksi pendaftarannya, yaitu bisa menghafal Al Qur’an 3 halaman atau 1 ½ lembar per hari.

Di pesantren ini tidak hanya ikhwan saja tapi juga ada akhwatnya. Jadi setelah selesai menghafal Al Qura’an dan lulus, kamu yang mau nikah bisa langsung ngajuin deh ke pimpinan pondok buat ngelamar calon pasanganmu yang hafidz ataupun hafidzoh-nya. Tertarik? 🙂

6. Isy Karima, Solo

pesantren tahfidz terbaik di indonesia
haidarmujadidi.blogspot.com

Pondok pesantren Isy Karima ini pondok yang mengkhusukan dalam hafalan Al Qur’an. Pondok ini terletak di kaki Gunung Lawu, sehingga mempunyai suasana yang nyaman, sejuk, bahkan romantis.

Lingkungan pondok ini betul-betul dijaga dengan bersih, serta di beragam sudutnya dilengkapi dengan kamera CCTV.

Salah satu keistimewaannya ialah pondok ini menyiapkan para ilmuwan yang hafidz Al Qur’an. Terbukti, ada salah satu program setingkat SLTA yang dikhususkan untuk laki-laki dengan syarat mempunyai kemampuan di bidang IPA dan Matematika.

Ada target khusus yang harus dicapai untuk nilai IPA dan Matematika serta diikuti dengan tuntutan menghafal Al Qur’an. Tidak heran jika alumni dari pesantren ini tergolong orang-orang yang cerdas dalam bidang ilmu pengetahuan.

Pondok pesantren ini menerapkan apa yang dianjurkan dalam Al Qur’an dan As Sunnah, sehingga beberapa olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah seperti memanah dan berkuda pun tersedia.

7. Darul Qur’an Mulia, Bogor

pesantren tahfidz al quran terbaik di indonesia
Sekolahsekolahfavorit.blogspot.com

Pesantren Darul Qur’an Mulia juga bisa menjadi rujukan untuk kamu yang ingin menghafal Al Qur’an. Letak pesantren ini adalah perbatasan antara kota Serpong dan Bogor.

Di pondok pesantren Tahfidz ini para santrinya tidak hanya dituntut dalam hal hafalan Al Qur’an tetapi juga akademiknya.

Jadi tidak heran apabila alumni dari pondok pesantren tahfidz ini bisa unggul dalam hal agama (khususnya hafalan Al Qur’an) dan juga dalam akademiknya.

Demikian penjelasan mengenai 7 pondok pesantren Tahfidz terbaik di Indonesia yang bisa menjadi rujukan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Catatan: Di Indonesia ada banyak sekali pesantren tahfidz terbaik, namun untuk saat ini “penulis” hanya mencantumkan 7 pondok pesantren ini, karena memang sudah populer dan sudah banyak informasinya. Jika Anda mengetahui informasi pondok tahfidz terbaik yang lainnya, mohon untuk di informasikan dengan menuliskannya di kolom komentar, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *