Inilah 5 Pesawat Terbang Unik, Aneh dan Keren yang Pernah Diciptakan

Pesawat Terbang Unik Pesawat-pesawat terbang berikut ini adalah pesawat terbang yang paling aneh dan juga unik di dunia. Pesawat-pesawat ini merupakan sekumpulan pesawat yang sebagian besar di antaranya merupakan produk gagal.

Untungnya, tidak ada kecelakaan serius yang pernah terjadi diakibatkan oleh pesawat-pesawat ini. Apa saja nama-nama pesawat unik dan aneh tersebut, simak artikel berikut:

1. Vought V-173

Pesawat Terbang Unik, Aneh dan Keren yang Pernah Diciptakan
airandspace.si.edu

Walaupun pesawat ini dijuluki “The Flying Flapjack” karena desainnya yang aneh, pesawat ini pernah ditugaskan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1942.

Ide utama pembuatan pesawat ini adalah untuk membuat pesawat terbang yang bisa mendarat dan meluncur dalam posisi vertikal. Sayangnya, setelah semua itu berhasil dan pesawat ini mampu melakukan hal tersebut dengan mudah, permintaan terhadap pesawat ini cukup rendah.

Penerbangan terakhir V-173 dilakukan pada tahun 1947, tetapi pesawat terbang ini masih sering ditemukan di beberapa museum di Amerika Serikat.

2. Convair XFY Pogo

Pesawat Terbang Unik, Aneh dan Keren yang Pernah Diciptakan
Pinterest.com

Convair_XFY_PogoConvair Pogo pada awalnya dibuat sebagai pesawat tempur dengan kemampuan mendarat dan meluncur secara vertikal.

Angkatan Laut berharap bahwa pesawat ini bisa meluncur dari kapal perang, tetapi sayangnya hanya tiga buah pesawat ini yang diproduksi dan hanya ada satu yang berhasil terbang.

Satu hal yang sangat aneh dari pesawat ini adalah posisi peluncuran yang memosisikan hidung pesawat di paling atas sehingga mirip dengan roket.

Dari beberapa tes penerbangan yang dilakukan terhadap Pogo, pesawat ini terbukti sangat sulit untuk melakukan manuver, tentu saja dengan tingkat kesuksesan yang sangat beragam. Pada akhirnya, proyek ini dibatalkan pada tahun 1956.

3. The Transaereo Noviplano

Pesawat Terbang Unik, Aneh dan Keren yang Pernah Diciptakan
Wikiwand.com

Sebagian rumah, sebagian lainnya kapal, tetapi sebagian besar merupakan pesawat, mungkin ini cocok dikatakan kepada pesawat yang satu ini, adalah Caproni Ca.60 Noviplano yang dilengkapi dengan sembilan pasang sayap, delapan buah mesin, dan juga tiga set sayap triple.

Pesawat ini di desain oleh Gianni Caproni pada tahun 1921, merupakan pesawat penumpang yang juga merangkap sebagai kapal jika memang dibutuhkan.

Noviplano pertama yang diluncurkan bernama Transaereo dan memang pesawat ini terbukti bisa terbang pada saat percobaan terbang pertamanya. Sayangnya, pesawat ini mengalami kecelakaan pada penerbangan keduanya.

Walaupun Caproni berniat untuk membangun Noviplano kembali, tetapi proyek pembuatan pesawat ini dibatalkan karena biaya pembuatan pesawat yang terlalu besar.

4. Pesawat Karet Goodyear

Pesawat Terbang Unik, Aneh dan Keren yang Pernah Diciptakan
wikipedia.org

Pada tahun 1956, Goodyear membuat sebuah pesawat eksperimen untuk Angkatan Darat Amerika Serikat yang diberi nama “Inflatoplane”. Sama seperti namanya, pesawat ini bisa mengembang dan mengempis.

Tujuan utama diciptakannya pesawat ini adalah untuk digunakan dalam misi penyelamatan dan juga meletakkan boks berukuran 44 kaki tepat di depan garis lawan. Permukaan pesawat ini akan secara otomatis mengembang jika bersentuhan dengan udara.

Tetapi sayangnya, Angkatan Darat membatalkan proyek pembuatan pesawat ini dengan mengatakan bahwa “pesawat yang bisa dijatuhkan hanya dengan busur dan panah merupakan pesawat yang tidak berguna bagi kegiatan militer apapun.” Cukup masuk akal.

 

5. Pesawat Roket X-15

Pesawat Terbang Unik, Aneh dan Keren yang Pernah Diciptakan
Avsim.com

Pesawat Roket X-15 bisa dikatakan sebagai suatu terobosan yang dilakukan oleh McDonnel Douglas sebagai pelopor di dunia penerbangan.

Pesawat ini bisa dikatakan cukup aneh karena mempunyai panjang badan yang mencapai 51 kaki sedangkan sayapnya cukup kecil dengan ukuran 9 kaki.

Namun begitu, pesawat ini ternyata bisa bergerak lebih cepat dari kecepatan suara dan mengudara setinggi lebih dari 50 mil. Bahkan secara teknis, pesawat ini sudah mencapai luar angkasa saat mengudara.

Pada tahun 2015, X-15 mendapatkan anugerah resmi sebagai pemegang rekor pesawat terbang dengan kecepatan tertinggi yang diterbangkan oleh seorang pilot pada kecepatan 4520 mil per jam.

Diantara ke 5 pesawat-pesawat unik diatas manakah yang menurut kalian pesawat yang paling unik, aneh dan keren, silahkan berikan komentarnya untuk postingan ini.

Leave a Comment