Penyebab dan Cara Mengobati Mencret Atau Diare Pada Kucing Kesayangan

Posted on

Penyebab dan Cara Mengobati Diare Pada Kucing Sama seperti manusia, kucing kesayangan kita juga ternyata bisa mengalami gangguan pencernaan seperti mencret atau diare.

Bila hal itu terjadi kita sebagai pemilik kucing mungkin akan sedikit panik dan langsung merespon apa yang terjadi. Pertama kita akan khawatir dengan kesehatan si kucing, karena kita tahu bila si kucing kesayangan kita mencret pasti ada yang salah dengan sistem pencernaannya.

Wajar bila kita menjadi panik, tetapi tidak perlu panik yang berlebihan. Kita hanya perlu tahu penyebab mencret pada si kucing dan memberikan perawatan yang tepat.

Penyebab Diare Pada Kucing Kesayangan

Ada beberapa penyebab mencret atau diare pada kucing kesayangan kita, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Makanan Kucing yang Berbeda dari Makanan yang Biasa Dikonsumsi

Ini masalah yang umum dialami pecinta kucing. Karena sesuatu hal terkadang pemilik kucing mengganti merk makanan yang biasa dimakan kucing secara langsung dan keseluruhan, tanpa melalui tahap-tahap yang tepat.

Untuk mengganti makanan kucing dengan merk yang baru kita tidak boleh langsung menggantinya begitu saja, tetapi harus mencampur makanan lamanya dengan makanan barunya sedikit demi sedikit.

Misal hari ini kita mencampur 20% makanan merk baru dengan 80% makanan lama, besok ditingkatkan menjadi 30% makanan merk baru dengan makanan lama, begitu seterusnya ditambah komposisinya sampai kucing menerima 100% makanan merk baru.

2. Memberikan Susu Sembarangan pada Kucing

Salah satu kemungkinan penyebab kucing mengalami mencret atau diare adalah pemberian sembarang susu, hal ini disebabkan karena perut kucing tidak dapat mencerna laktosa.

Sedangkan kebanyakan susu yang beredar saat ini mengandung laktosa, yang memang tidak baik untuk pencernaan kucing . Selain susu makanan lain yang banyak mengandung laktosa antara lain keju, es krim dan yoghurt.

3. Meminum Air Sembarangan yang Tidak Higienis

Saat kucing berada diluar rumah kita tidak tau apa yang diminum kucing. Terkadang kucing meminum sembarang air, dan air ini mungkin tidak higienis sehingga dapat menyebabkan mencret atau diare pada kucing kesayangan kita.

4. Memakan Mangsa Buruannya

Jangan heran bila kucing bermain dan menemukan mangsa buruannya seperti kadal, tikus, cicak dan kecoa. Biasanya kucing akan memakan mangsa buruannya tersebut, walaupun ada juga kucing yang hanya senang bermain dengan buruannya tanpa memakannya.

Mangsa buruan yang dimakan kucing kesayangan kita bisa menjadi salah satu penyebab kucing mengalami mencret atau diare.

Cara Mengobati Diare atau Mencret Pada Kucing Kesayangan

Selain 4 penyebab mencret atau diare pada kucing diatas, masih ada penyebab lainnya seperti virus, makanan sisa, sayuran yang belum dicuci dan lainnya.

Untuk itu kita harus menjaga asupan makanan untuk kucing kesayangan kita, karena apabila kita salah memberikan makanan maka kucing tersebut beresiko terkena diare atau mencret.

Dan kucing yang mengalami mencret atau diare biasanya tidak nafsu makan dan badannya menjadi lemas. Tetapi jangan panik, berikut beberapa tips untuk mengatasi kucing yang mengalami mencret atau diare.

1. Memberikan Cairan Oralit Khusus untuk Hewan

Cairan oralit untuk kucing ini dapat dibeli di petshop terdekat. Fungsi dari cairan oralit yang kita berikan pada kucing kesayangan kita sebenarnya bukan untuk menghentikan buang air besar pada si kucing, tetapi lebih berfungsi untuk meredakan dehidrasi.

Hal ini disebabkan karena saat diare kucing akan lemas dan membuang banyak cairan, sedangkan oralit ini dapat berfungsi menggantikan cairan yang hilang dari tubuh kucing.

2. Memberikan Obat Diare Khusus Kucing

Saat ini banyak obat diare atau mencret pada kucing yang bisa kita dapatkan di petshop-petshop terdekat. Obat diare ini berfungsi untuk membuang racun yang ada di pencernaan kucing.

Disarankan menggunakan obat diare khusus kucing sesuai dengan aturan yang tertera dan jangan diberikan terus-menerus bila dirasa kucing kesayangan kita telah sembuh diarenya.

3. Memberikan Multivitamin Khusus Kucing

Selain obat memberikan obat diare sebaiknya kucing juga diberikan multivitamin agar tubuhnya tidak lemas dan mengembalikan nafsu makan pada kucing kesayangan kita.

4. Menjaga Kebersihan Kandang Kucing

Menjaga kebersihan kandang kucing merupakan hal yang utama untuk mencegah berbagai macam penyakit kucing, tidak hanya diare. Banyak penyakit yang ditimbulkan akibat tidak terjaganya kebersihan kandang maupun perlengkapan makan minum kucing kesayangan kita.

5. Bawa ke Dokter Hewan

Cara yang paling ampuh dan mujarab mengobati mencret atau diare pada kucing kesayangan kita adalah membawanya ke dokter hewan.

Karena diagnosa yang tepat dari dokter hewan akan memberikan solusi penanganan yang tepat pula. Dokter hewan akan tahu apakah kucing kita terkena diare akut atau hanya diare ringan, karena ada beberapa kasus feses si kucing seperti mengeluarkan darah.

Dari pemeriksaan itu maka dokter hewan juga akan memberikan obat dan penanganan serta perawatan yang tepat untuk si kucing kesayangan kita.

Penanganan awal saat kucing kita mengalami diare atau mencret merupakan hal yang sangat penting, karena diare atau mencret yang berkelanjutan akan berbahaya bagi kucing kesayangan kita, apalagi tanpa penanganan yang tepat.

Kita tahu apabila kucing kesayangan kita diare atau mencret maka tubuh kucing akan terasa lemas, hal itu disebabkan berkurangnya cairan yang berada didalam tubuh kucing yang menyebabkan dehidrasi.

Ditambah lagi dengan nafsu makan kucing yang menurun tentu akan berpengaruh pada kesehatan organ tubuh lainnya.

Sama seperti halnya kita sebagai manusia yang membutuhkan perhatian saat sedang sakit, kucing kesayangan kita juga membutuhkan perhatian oleh pemiliknya.

Ada baiknya saat si kucing sedang sakit maka kita sebagai pemiliknya harus rajin mengelus-elusnya dan sering-sering berada disampingnya.

Hal ini akan memberikan rasa nyaman dan menghilangkan rasa gelisah pada kucing kesayangan kita. Selain itu keberadaan kita disamping si kucing akan menambah ikatan batin antara kita dengan si kucing kesayangan.

Karena kita sudah tahu bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang dapat menjadi sahabat manusia dan mengenal dengan baik pemiliknya.

Bahkan saat si pemilik sakit, kucing sering berada didekat pemiliknya seakan-akan tahu bahwa pemiliknya sedang sakit dan butuh dihibur.

Demikian sedikit informasi tentang mengobati mencret atau diare pada kucing kesayangan kita serta berbagai macam penyebabnya yang mungkin dapat berguna bagi para pecinta kucing.

Ingat selain pemberian makan yang tepat, kebersihan kandang dan lingkungan merupakan faktor utama kesehatan kucing kesayangan kita.

Maka sebab itu perhatikan asupan makanan untuk si kucing, jangan memberikan makanan sembarangan, ke-higienis-an air minum untuk kucing juga perlu diperhatikan, kebersihan perlengkapan bermain kucing, kebersihan sisir dan perlengkapan grooming kucing, kebersihan tempat makan dan minum kucing, serta kebersihan keseluruhan kandang kucing juga harus terus terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *