Internet Anda Lelet? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Penyebab dan Cara Mengatasi Internet Lelet Internet merupakan salah satu kebutuhan kita yang tidak dapat digantikan jaman sekarang. Dengan Internet kita dapat mengakses miliaran informasi pada world wide web.

Semakin mudah untuk mempelajari sesuatu lewat search engine seperti Google, karena banyak sekali website di Google yang memberikan informasi ilmu pengetahuan, tutorial, ataupun tips dan trik.

Sehingga dalam memecahkan suatu masalah atau saat ingin mempelajari sesuatu kemungkinan besar kita mencari solusinya online.

Komunikasi jarak jauhpun semakin mudah dengan adanya aplikasi aplikasi seperti Whatsapp, Line, Facebook Messenger dan Skype misalnya.

Kita tidak lagi sering menggunakan telepon, SMS, apalagi surat menyurat. Cukup dengan Whatsapp, kita bisa melakukan telepon dan SMS hanya dengan bayar quota internet. Sedangkan untuk surat menyurat, para profesional kerap menggunakan email.

Terlebih dengan adanya berbagai sosial media, video streaming web, online marketplace, online games dan lain-lain. Semua hal ini telah merubah hidup kita menjadi lebih praktis dan mudah.

Kebutuhan akan semua fasilitas ini membuat internet menjadi salah satu kebutuhan utama setelah sandang pangan dan papan.

Nah apa jadinya, kalau internet yang sangat berjasa dalam kehidupan kita sehari-hari ini bekerja dengan koneksi yang sangat lelet? Mau buka Google aja susah, mau buka Facebook udah ngga mungkin, apalagi streaming Youtube.

Mau pesen ojek online ngga bisa karena internet super lelet! Pasti pernah kan ngerasain? Nah inilah penyebab koneksi internet tidak sesuai ekspektasi!

Penyebab Internet Lelet dan Cara Mengatasinya

1. Sinyal Wi-Fi/4G Anda lemah

mengatasi internet lelet
www.merdeka.com

Walaupun anda memiliki koneksi internet yang cepat dengan Bandwidth yang besar, namun dengan resepsi sinyal Wi-Fi/4G yang buruk, kecepatan Internet anda akan berkurang drastis dan tidak stabil. Bahkan menggunakan aplikasi chatting saja bisa tidak terkirim sama sekali.

Cara mengatasinya : Jika sedang benar-benar membutuhkan internet, selalu pastikan gadget anda berada dalam cakupan sinyal.

Bagi pengguna Wi-Fi carilah posisi yang paling baik untuk router dan letakkan disana, agar menjangkau sebagian tempat anda beraktifitas.

Begitu juga dengan handphone, pastikan anda tidak berada didalam bangunan dengan beton yang terlalu tebal, atau terlalu jauh dari BTS provider.

2. Anda Belum Tahu Apa itu Contention Ratio

mengatasi internet lelet
www.macrolan.co.za

Contention Ratio merupakan sebuah istilah yang menggambarkan jumlah pelanggan yang berbagi satu pipa atau bandwidth. Contohnya contention ratio 1/10 brarti 1 pipa bandwidth dibagi dengan 10 orang pengguna lain.

Semakin besar perbandingan Contention Ratio, akan semakin pelan internet anda (1/10 jauh lebih cepat dari 1/100).

Sayangnya, contention ratio tidak pernah disuarakan oleh provider internet untuk mendidik pelanggan.

Oleh karena itu, walau sulit untuk diketahui berapa perbandingannya, namun anda wajib tahu tentang ini. Bila berlangganan paket internet 10 Mbps misalnya, dengan contention ratio 1/10 maka internet anda seharusnya stabil pada 1 Mbps atau bahkan lebih cepat dari itu.

Agar anda mengerti, silahkan lihat Apa Itu Contention Ratio?

3. Anda Tidak Tahu Adanya Perbedaan Antara Bit dan Byte (Mbps dan MBps)

penyebab dan cara mengatasi internet lemot
kiranablossom.blogspot.com

Mungkin anda pernah berasumsi, dengan kecepatan 1 Mbps anda bisa mendownload lagu sebesar 1 MB hanya dalam 1 detik saja.

Bila benar, maka saya beritahu sekarang Mbps dan MBps itu berbeda. Yes bit dan byte itu adalah sesuatu yang serupa tapi tak sama.

Cara membedakannya yang termudah adalah dengan melihat huruf “B”-nya. Bit itu b kecil, sedangkan Byte itu B besar. Nilainya pun begitu, bit lebih kecil dari Byte. Lebih tepatnya 8x lebih kecil.

Sehingga kalau anda punya kecepatan interenet 8 Mbps (bit), aslinya itu cuma 1 MBps (byte). Belum lagi ditambah perbandingan contention rationya. Jadi makin lelet, lebih lelet dari ekspektasi.

Agar anda paham, saya sarankan untuk membaca Perbedaan Bit dan Byte.

4. Komputer Atau Gadget Anda Penyebabnya

internet lemot
www.infodantutorial.com

Setelah dicoba-coba ternyata menggunakan komputer lain, atau pake handphone lain kok internetnya tetap cepet? Nah berarti masalah ini ada di komputer anda.

Penyebabnya bisa beberapa hal seperti virus atau malware yang membuat komputer anda sangat lambat, ini tentunya juga berpengaruh ke browsing speed anda.

Atau karena perangkat anda memang sudah tua, dan sudah waktunya ganti perangkat. Jujur saja, komputer dan handphone-pun sama halnya seperti mobil.

Setelah beberapa tahun performanya tidak mungkin sebaik saat baru beli dan makin menurun.

Terutama bila gadget anda tidak pernah diservice/maintain sama sekali. Kemungkinan lain adalah memori anda yang penuh, ini kerap membuat sebuah perangkat (laptop atau handphone) menjadi lebih lelet.

Cara mengatasinya : Jika memang komputer anda sudah berumur diatas 5 tahun, saya sarankan untuk menjualnya dan menggantinya dengan perangkat baru, namun jika itu tidak memungkinkan saya sarankan untuk setidaknya menginstalasi ulang semuanya, upgrade HDD dan RAM anda agar proses bisa lebih lancar. Agar performa tetap baik, jangan lupa manfaatkan tools seperti CCleaner, Malwarebyte dan lain-lain.

5. Anda Nonton Youtube 1080p Sambil Download Film

penyebab dan cara mengatasi internet lelet dan lemot
www.hitper.com

Download pada umumnya selalu memerlukan bandwidth yang tinggi. Nonton video Youtube dengan kualitas terbagus juga memerlukan bandwidth yang cukup tinggi.

Bila dikombinasikan keduanya akan memerlukan bandwidth yang sangat besar. Karena kedua proses ini berebutan bandwidth, maka keduanya jadi terhambat dan terasa lelet.

Cara mengatasinya : Ada dua cara anda bisa mengatasi ini. Bila anda punya dananya, silahkan upgrade ke paket provider internet yang lebih tinggi.

Mungkin 30 Mbps–60 Mbps sudah sangat bagus. Tapi kalau tidak ada, maka anda harus mengorbankan salah satu proses tersebut dan membuat antrian.

6. Jenis Koneksi Anda

mengatasi internet lelet dan lemot
www.pintarkomputer.com

Jenis koneksi anda merupakan salah satu faktor yang paling mempengaruhi kecepatan internet anda. Mari kita tinjau masing-masing kecepatan jenis jaringan yang umum digunakan.

  • Dial-Up. Kecepatannya 56 Kbps. Lelet sekali ya sekarang. Jadi ingat jaman dulu waktu 100 Kbps itu rasanya sudah cepat sekali.
  • ADSL. Kecepatannya sekitar 1.5–9 Mbps.
  • Internet Kabel. Menggunakan saluran yang sama dengan TV kabel, berkecepatan 512 Kbps–20 Mbps.
  • Fiber optik. Kecepatannya sekitar 155 Mbps, merupakan jenis koneksi yang tercepat.
  • Internet Satelit/VSAT. Koneksi melalui satelit memiliki delay. Kecepatannya 128 Kbps–25 Mbps. Kalau belum pernah dengar, saya rasa akan cukup berguna bila anda membaca tentang pengertian VSAT.

Nah bisa dilihat kan kalau jenis koneksi yang digunakan juga turut berpengaruh. Kalau anda masih menggunakan koneksi yang lambat, sebaiknya cepat-cepat upgrade koneksi anda menjadi yang lebih cepat.

7. Ada Masalah Pada Jaringan Internet Provider Anda

internet lemot dan lelet?
www.yangcanggih.com

Sering kali kita langsung mengambil kesimpulan kalau ISP kitalah yang salah dan bertanggung jawab. Namun menurut saya tidak selalu begitu, sebelum anda mulai komplain anda, sebaiknya anda sudah memastikan masalahnya bukan pada perangkat anda maupun pemahaman anda tentang koneksi internet.

Cara mengatasinya : Kalau sudah yakin masalah bukan pada anda, saya rekomendasikan untuk mematikan modem selama minimal 20 detik, lalu nyalakan kembali modemnya.

Mematikan modem adalah salah satu cara yang akan direkomendasikan oleh si customer service/teknisi nantinya. Jadi mendingan anda lakukan duluan.

Kalau masih ada masalah, nah anda langsung saja telpon ke ISP anda dan komplain. Bila sudah matikan modem, dan masalah tetap muncul. Minta pertanggung jawaban mereka, karena itu memang hak anda.

Sebenarnya masih banyak lagi permasalahan yang dapat mempengaruhi kecepatan internet anda. Tapi saya rasa ketujuh masalah ini merupakan yang paling sering ditemui oleh kebanyakan orang. Sehingga saya merasa ini penting untuk dibahas dan diberikan solusinya.

Apakah anda salah satu pengguna internet yang kesal karena internet lelet? Kalau iya, semoga artikel ini dapat membantu anda. Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *