Inilah 3 Hal Utama yang Menyebabkan AC Ruangan Anda Bocor

Penyebab AC Bocor AC (Air Conditioner) atau yang biasa disebut dengan pendingin ruangan, saat ini menjadi salah satu benda elektronik yang sangat sering digunakan, baik digunakan di kantor, di rumah, di masjid dan di tempat-tempat lainnya. Terutama di tempat yang memiliki suhu panas ataupun lembab.

Hampir sama dengan benda elektronik yang lainnya, AC juga akan sering mengalami gangguan atau masalah. Baik masalah itu karea adanya kesalahan dari si pengguna atau terjadi karena adalanya kerusakan teknis.

Jika AC mengalami masalah, pastinya ruangan yang dipasangi AC tersebut akan terasa lebih pengap dan panas. Permasalahan yang biasa dialami oleh AC ada banyak sekali, salah satunya yang paling sering adalah kebocoran air pada AC atau pendingin ruangan.

Saat AC mengalami kebocoran, seringkali kita tidak mengetahuinya. Sehingga kebocoran terjadi selama berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun.

Kebocoran memang merupakan permasalahan yang sangat wajar terjadi pada AC, apalagi jika kita lupa tidak menservisnya selama lebih dari 6 bulan.

Permaslaahan kebocoran AC umumnya akan terjadi setelah lewat lebih dari 6 bulan sejak AC pertama kali dibeli serta 3 bulan sekali apabila kita tidak secara rutin meakukan perbaikan (service).

Apabila AC yang Anda miliki sedikit mengeluarkan air, sebenarnya hal tersebut merupakan hal yang normal terjadi. Namun, jika kebocoran yang terjadi sudah melebihi batas kewajaran, apalagi sampai membasahi ruangan dan perabotan, maka hal tersebut adalah masalah yang besar.

Ada banyak penyebab kebocoran air pada AC, berikut 3 penyebab utamanya:

1. Pemasangan AC yang Kurang Tepat

Dalam pemasangannya, AC harus dipasang agakmiring kea rah luar, sehingga memungkinkan air akan mengalir menuju saluran pembuangan.

Karena jika AC tidak dipasang dengan benar, maka air dapat menetes keluar mesin sehingga dapat membasahi ruangan.

2. Keluarnya Air Bagian dari Proses

Salah satu ciri AC yang bekerja dengan normal adalah keluarnya air. Proses AC secara normal adalah system AC akan menghilangkan kelembaban udara yang berada di dlaam rumah.

Kelembaban tersebut akan mengembun, lalu mengalir turun dan keluar melewati lubang atau saluran pembuangan yang berada di bawah mesin. Biasanya, selalu ada cara agar air dapat mengalir keluar dari mesin.

Apabila kita melihat ada sedikit air yang keluar dari dalam AC ketika alat tersebut sedang bekerja, maka kita tidak pelu khawatir karena hal tersebut merupakan suatu kondensasi yang sangat normal.

Akan tetapi, jika jumlah air yang keluar sudah melebihi batas normal, maka inilah waktu bagi kita untuk memanggil dan membayar jasa service AC, karena hal yang terjadi tersebut adalah tanda bahwa AC sedang rusak/dalam masalah.

3. Adanya Penumpukan Debu dan Pertumbuhan Jamur

Nah, inilah hal yang paling sering menjadi penyebab kebocoran AC yaitu adanya jamur, debu, kotoran dan benda-benda lain yang dapat menghambat atau menyumbat saluran pembuangan.

Saluran pembuangan yang tersumbat dapat membuat air keluar dari AC melewati lubang lain di mesin AC, sehingga membuat adanya kebocoran air melewati jalur/saluran yang tidak normal.

Kita tidak boleh menganggap remeh dengan adanya penumpukan debu dan pertumbuhan jamur pada unit AC.

Karena jika jamur pada AC tidak dibersihkan dengan benar, maka jamur dapat tumbuh dan menyebar. Lalu, dapat menyebarkan udara kotor yang tidak sehat. Hal inilah yang akan menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan.

Sudah pasti Anda tidak menginginkan ketiga hal tersebut mengganggu kehidupan Anda kan? Solusi terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebocoran air pada AC adalah segera memanggil jasa servis AC Jogja agar segera melakukan perbaikan.

Karena apabila keadaan tersebut dibiarkan terus menerus, maka AC Anda tidak akan bisa bekerja dengan optimal, bahkan bisa menjadi rusak. Ingat, Jangan abaikan efek dari AC yang kotor dan berdebu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply