Pengertian dan Macam-macam Kerupuk yang Enak dan Populer di Indonesia

Pengertian dan Macam Kerupuk Siapa coba yang tidak kenal dengan makanan satu ini? Kerupuk. Makanan ini begitu populer di nusantara sebagai pelengkap lauk atau bahkan lauk itu sendiri.

Selain itu, juga populer dilombakan dalam lomba makan kerupuk di acara agustusan. 

Agar Anda lebih mengenal tentang kerupuk, maka dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian dan macam-macam kerupuk yang ada di Indonesia.

Pengertian Kerupuk

Kerupuk ialah makanan yang umumnya terbuat dari tepung tapioka, kemudian ditambahkan dengan perasa ikan atau udang.

Kerupuk biasanya dibuat dari kukusan adonan yang mata kemudian dipotong tipis-tipis. Setelah itu dikeringkan dengan dijemur sampai benar-benar kering. Setelah kering, kerupuk digoreng dengan minyak yang banyak dan panas.

Macam-macam Kerupuk yang Enak, Lezat dan Populer di Indonesia

Indonesia juga disebut-sebut sebagai gudangnya kerupuk, karena memang di Indonesia terdapat banyak sekali jenis kerupuk. Berikut adalah beberapa aneka jenis kerupuk yang kita bahas:

1. Kerupuk Blek

Kerupuk blek atau juga bisa disebut kerupuk mawar, adalah kerupuk yang sering kita temui di warung-warung makan.

Meski sering sekali kita menemuinya, banyak yang belum tahu kalau namanya kerupuk blek, atau malah mungkin Anda sendiri belum. Bahkan mungkin penjualnya juga tidak tahu kalau namanya.

Kerupuk ini begitu melegenda, karena sudah ada sejak dahulu kala. Kerupuk ini menjadi ikon bahkan ambbasador dari para kerupuk se-Indonesia.

Kerupuk blek memiliki rasa yang gurih dan renyah. Sehingga membuat kerupuk ini cocok dimakan bersama nasi sebagai pelengkap lauk.

Kerupuk ini akan membuat nafsu makan kita bertambah, dan pengen lagi-lagi. Kerupuk ini memiliki varian dan sebutan yang berbeda di beberapa daerah.

Seperti ada yang menyebutnya dengan kerupuk uyel dan ada yang menyebutnya kerupuk putih.

2. Kerupuk Kulit Pisang

Kulit pisang seringkali dibuang. Karena memang kulit pisang sudah tidak bisa dimakan lagi. Tapi siapa kira ternyata kulit pisang ini bisa dijadikan kerupuk. Kulit pisang ini juga memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi manusia.

3. Kerupuk Orong-orang

Kerupuk orong-orong ialah kerupuk yang berasal dari Medan. Kerupuk ini memiliki lubang di tengahnya. Rasa dari kerupuk ini renyah dan gurih.

4. Kerupuk Daun Bambu

Kerupuk ini memiliki bahan dasar dari daun bambu. Daum bambu tersebut dicampur dengan adonan kerupuk dan bumbu untuk kemudian digoreng dalam suhu yang panas. Kerupuk daun bambu ini renyah dan gurih.

5. Kerupuk Pangsit

Kerupuk pangsit ini seringkali kita temukan dalam hidangan bakso atau mie ayam. Kerupuk pangsit juga nikmat untuk dijadikan cemilan ketika menikmati waktu santai, seperti sambil menonton tv misalkan. Rasa kerupuk pangsit yang renyah dan gurih ini membuatnya menjadi favorit banyak orang.

6. Kerupuk Tette

Kerupuk ini menjadi jajanan kerupuk favorit warga madura. Tapi sekarang kerupuk tette juga menjadi favorit mereka yang di luar madura, khususnya masyarakat Jawa. Kerupuk ini memiliki nama tette karena pembuatannya dipipihkan atau ditette.

7. Kerupuk Jawen Nanggerang

Kerupuk Jawen Naggerang merupakan favorit khas tasikmalaya. Pembuatan dari kerupuk Jawen Nanggeran ini lumayan susah, sehingga tidak semua orang bisa membuatnya.

8. Kerupuk Getas

Kerupuk yang disebut getas ini memili bahan dasar berupa ikan tenggiri. Pertama ikan tenggiri dihaluskan terlebih dahulu, lalu dicampur dengan telur dan tepung.

Kerupuk getas berbentuk bulat-bulat. Kerupuk ini juga sering disebut dengan sebutan kerupuk atom.

9. Kerupuk Bawang

Kerupuk yang disebut kerupuk bawang ini begitu populer dan sering ditemukan di masyarakat. Kerupuk ini memiliki rasa yang gurih, enak, dan renyah. Harga kerupuk bawang juga termasuk murah dan meriah.

10. Kerupuk Jengkol

Kerupuk jengkol ini sudah tak asing di masyarakat. Kerupuk ini, seperti namanya, terbuat dari bahan dasar jengkol.  

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan macam-macam kerupuk yang enak, lezat dan populer di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply