Pengertian dan Jenis-jenis Jin Menurut Islam Beserta Videonya

Jin Sebagai umat Islam, meyakini tentang adanya hal-hal dan makhluk-makhluk gaib termasuk ke dalam tanda-tanda orang yang bertakwa kepada Allah SWT.

Hal itu sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 2 sampai 4 yang mana di dalamnya dijelaskan tentang tanda-tanda orang yang bertakwa dan salah satu tandanya adalah dengan percaya bahwa sesuatu yang gaib itu ada.

Salah satu dari sesuatu yang gaib itu adalah jin. Dengan kata lain dengan mempercayai bahwa jin itu ada berarti kita telah melakukan langkah pertama dari banyak langkah untuk menjadi orang bertakwa. Dan pada kesempatan ini kami akan membahas tentang jin dan golongan-golongannya.

Pengertian Jin

Jin adalah salah satu makhluk gaib yang juga termasuk hamba Allah SWT yang mempunyai tugas yang sama dengan manusia yaitu menyembah dan beribadah kepada Allah SWT.

Hal itu sesuai dengan salah satu firman Allah dalam Al-Quran yang menjelaskan bahwa Allah tidak menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah (menyembah) kepada-Nya.

Dalam kosakata Bahasa Arab, jin mempunyai arti tersembunyi atau disembunyikan. Salah satu Ulama menjelaskan bahwa makhluk tersebut dinamakan jin karena ketertutupannya dari penglihatan manusia.

Salah satu yang membedakan jin dengan manusia adalah asal penciptaannya. Kalau manusia diciptakan dari tanah sedangkan jin Allah ciptakan dari api yang amat panas sebagaimana firman-Nya dalam surat Al Hijr ayat 27 yang artinya, “Dan kami ciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang amat panas”.

Sebagaimana halnya dengan manusia, bangsa jin juga terbagi ke dalam dua golongan, yaitu jin yang memiliki sifat baik dan jin yang memiliki sifat jahat.

Hal tersebut sesuai dengan penuturan jin yang Allah abadikan dalam Al-Qur’an pada surat Al Jin ayat 11 yang artinya, “Dan sungguh diantara kami (bangsa jin) ada yang shaleh dan ada pula yang tidak demikian halnya. Adanya kami mengambil jalan yang berbeda – beda”.

Dan dalam ayat 14, “Dan sungguh diantara kami (bangsa jin) ada yang taat dan ada juga yang menyimpang dari kebenaran. Barang siapa yang taat maka sungguh mereka itu telah memilih jalan yang lurus”.

Jenis-jenis Jin

Sebagaimana dengan manusia, jin juga diberi hawa nafsu oleh Allah SWT sehingga memungkinkan mereka untuk memilih sendiri jalan yang mana yang akan ditempuh semasa hidupnya.

Karena hal itu pulalah bangsa jin terbagi ke dalam beberapa golongan. Apa saja golongan-golongan jin tersebut? Berikut rinciannya:

1. Al Jan

Golongan jin yang pertama adalah al jan. Golongan ini merupakan golongan jin yang mempunyai berbagai kebutuhan layaknya manusia.

Seperti ada jin laki-laki dan perempuan, ada jin muslim dan jin kafir, ada jin yang butuh makan, minum, tidur dan lain sebagainya sebagaimana yang dibutuhkan oleh manusia.

2. Al A’mir

Jin yang masuk ke dalam golongan ini adalah jin yang selalu berupaya meniru kebiasaan atau perbuatan manusia dengan tujuan untuk menakut-nakuti manusia.

3. Al Ifrit

Al Ifrit adalah golongan jin yang sering membantu manusia. Namun dalam hal ini Al Ifrit terbagi dua yaitu ifrit yang muslim dan baik yang biasanya membantu manusia muslim dan baik juga, dan ifrit yang kafir dan jahat yang biasanya membantu para dukun atau tukang sihir.

4. Al Arwah

Jin yang masuk ke dalam golongan Al Arwah adalah jin yang suka mengganggu dan menggoda manusia untuk selalu berbuat jahat dan maksiat.

5. Asy Syaiton

Jin jenis ini adalah golongan jin yang selalu menggoda keimanan, dan jiwa manusia agar berpaling dari jalan Allah yang lurus dan selalu membisikkan kekafiran dan keraguan ke dalam hati dan jiwa manusia.

Video Jenis-jenis Jin yang Ada di Dunia

Itulah sedikit pembahasan mengenai jin dan golongan-golongannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply