Pengertian, Asal Usul dan Macam-macam Iblis Terkuat

Pengertian, Asal Usul dan Macam-macam Iblis Terkuat – Apa yang ada di benak Anda, jika mendengar kata iblis? Sesosok yang menakutkan? atau dalang penyebab manusia melakukan banyak dosa? Definisi tentang iblis berbeda antara satu keyakinan dengan yang lainnya.

Pengertian Iblis

Iblis merupakan julukan untuk nenek moyang bangsa jin. Nama aslinya adalah Azazil, dia adalah makhluk pertama yang membangkang perintah Allah, yaitu untuk bersujud didepan Adam.

Asal Usul Iblis

Sejak penciptaan manusia pertama, yaitu Adam, Iblis diperintahkan Allah untuk bersujud dihadapannya, akan tetapi Iblis tidak mau bersujud karena dia menganngap dirinya lebih baik dari Adam.

Oleh sebab itu, Iblis di keluarkan oleh Allah dari Surga dan menjadi mahluk yang terkutuk.

Allah SWT berfirman dalam Surat Shaad ayat 71-78:

(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: “Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah“. (Surat Shaad ayat 71)

Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan) Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya“. (Surat Shaad ayat 72)

Lalu seluruh malaikat itu bersujud semuanya“. (Surat Shaad ayat 73)

Kecuali Iblis; dia menyombongkan diri dan adalah dia termasuk orang-orang yang kafir“. (Surat Shaad ayat 74)

Allah berfirman, “Hai Iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?” (Surat Shaad ayat 75)

Iblis berkata: “Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah“. (Surat Shaad ayat 76)

Allah berfirman: “Maka keluarlah kamu dari surga; sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk“. (Surat Shaad ayat 77)

Sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan“. (Surat Shaad ayat 78)

Macam-macam Iblis Terkuat

Berikut ini macam-macam iblis yang harus kamu ketahui:

1. Asmodeus

Asmodeus atau bisa disebut dalam bahasa Hebrew Ashmedai merupakan raja para iblis yang telah disebutkan di dalam Buku Tobit.

Ashmedai juga sempat dibahas di berbagai legenda ajaran Talmud antara lain dalam kisah pembangunan Kuil Sulaiman.

Sedangkan dalam ajaran Kristen Protestan, dia dikenal sebagai King dari 9 Neraka. Ia juga menduduki posisi sebagai salah satu dari 7 Pangeran Neraka.

Asmodeus sering kali dilukiskan sebagai bentuk dari hawa nafsu birahi (yaitu salah satu dari ke-7 dosa yang berbahaya).

2. Astaroth

Astaroth merupakan perwujudan bentuk pria dari iblis Astareth. Iblis ini seringkali dilukiskan sebagai iblis yang memakai mahkota dan sedang menaiki seekor binatang, di tangannya ia selalu membawa seekor ular beracun.

Astaroth juga memiliki julukan Pangeran Bermahkota yang berasal dari Neraka. Suku Phoenician menganggapnya sebagai dewa gairah sang legendaris.

3. Azazel

Azazel banyak sekali disebut di beberapa halaman Hebrew. Azazel memiliki arti “yang memperkuat Tuhan”. Azazel itu sendiri merupakan nama lain untuk syeitan.

Ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa Azazel merupakan nama lain atau asli dari Lucifer. Ia dahulunya adalah golongan malaikat yang terkuat di Surga.

Saat Tuhan menciptakan manusia (Nabi Adam As), Azazel tidak mematuhi perintah Tuhan untuk mengasihi manusia hingga akhirnya ia diusir dari Surga.

Lalu ia bersumpah untuk selalu menyesatkan manusia agar jatuh ke dalam dosa sampai hari kiamat tiba. Azazel dilambangkan sebagai simbol dari kesombongan.

4. Baal

Baal atau sering juga disebut Bael merupakan salah satu dari tubuh sang Pangeran Neraka. Suku Phoenician sering memujanya sebagai dewa utama. Ia juga sering digambarkan sebagai simbol ketamakan.

5. Behemoth

Behemoth merupakan makhluk mitologi yang sangat terkenal karena biasanya sering digunakan sebagai tokoh dalam sebuah cerita.

Behemoth memiliki arti “sesuatu yang sangat kuat”. Di dalam ajaran Yahudi, Iblis ini merupakan monster yang menguasai wilayah daratan (sedangkan Leviathan menguasai air begitu juga Ziz menguasai udara).

Ia menetap di sebuah gurun yang tidak terlihat, tepatnya di sebelah timur Taman Eden. Pada hari akhir nanti, Behemoth akan keluar beserta pasukanya yang percaya untuk berperang melawan Tuhan.

6. Beelzebub

Beelzebub sebenarnya berasal dari bahasa Arab yaitu Ba’al az-Zubab yang berarti “Raja para Lalet”. Beelzebub sangat populer di berbagai ajaran dimana ia merupakan salah satu dari 7 Pangeran Neraka.

Beelzebub adalah sosok yang sering digambarkan sebagai simbol kerakusan.

7. Bile

Meskipun sangat minim informasi tentang Bile. Akan tetapi Bile sangat terkenal, ia selalu dikaitkan sebagai dewa atau raja neraka yang berasal dari suku Celtic. Mungkin saja Bile merupakan nama lain dari Syaitan.

8. Cimeries

Cimeries mempunyai nama lain Kimaris yaitu iblis sang penguasa benua Afrika. Ia dilukiskan sebagai ksatria yang sedang menaiki kuda hitam.

Berdasarkan sebuah cerita dia memiliki kekuatan untuk menemukan harta karun yang tersembunyi. Ia juga bisa mengubah orang biasa menjadi seorang prajurit, yang bertujuan untuk melayaninya.

9. Coyote

Coyote merupakan iblis yang paling ditakuti oleh masyarakat kuno Afrika. Ia digambarkan seperti manusia yang mempunyai kepala meyerupai seekor anjing.

Kemungkinan Coyote adalah yang orang barat sebut sebagai Werewolf. Coyote dipercaya membawa musibah.

Di masa yang sekarang ini Coyote selalu disimbolkan berbentuk binatang berupa anjing asli Afrika yang sangat rakus dengan makanan.

10. Dammballa

Dammballa merupakan iblis sejenis ular yang ada dalam ajaran Voodoo. Dammballa dipercaya sebagai Dewa Langit yang memunculkan kehidupan.

Ia sangat dihormati dan disegani oleh para penyihir voodoo yang sudah populer sebagai ahli menciptakan boneka hidup atau zombie.

Di dalam keyakinan agama Katholik, dibeberapa referensi menyatakan bahwa ia adalah ular perwujudan dari tongkat Nabi Musa.

Leave a Comment