Inilah 5 Penemuan Sains Unik Mengganti Bagian Tubuh

Penemuan Sains Untuk Menggantikan Bagian Tubuh Dengan pesatnya perkembangan science, kini beberapa bagian tubuh manusia bisa digantikan dengan bantuan penemuan-penemuan science atau ilmu pengetahuan, sehingga mereka yang dulu kehilangan bagian tubuh tidak perlu lagi hidup dengan kondisi demikian. Berikut ini informasi mengenai beberapa penemuan sains untuk menggantikan tubuh manusia.

1. Telinga Buatan

Pada tahun 2012, seorang pasien kanker bernama Sherrie Walter mendapatkan telinga baru atas usaha yang dilakukan oleh tim dokter di Johns Hopkins.

Telinga baru itu dibuat dari jaringan elastik tulang rusuk si pasien untuk kemudian ditanam di sekitar daerah lengan. Telinga buatan tersebut tumbuh dalam waktu 4 bulan sampai tim dokter memutuskan untuk memindahkan telinga buatan itu ke kepala pasien.

Pasien dan suamianya, Damien, membuat candaan lucu, dengan mengangkat tanganya tinggi ke udara dan berkata ‘ aku tidak bisa mendengar’. Dia berharap telinga barunya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Tangan Buatan (Portable Hands)

Prosthetic hands sudah sejak lama digunakan hingga saat ini, ya, jenis tangan pengganti ini bisa melakukan beberapa gerakan yang biasa dilakukan oleh tangan manusia seperti mengenggam dan lain sebagainya.

Namun, penelitian yang dilakukan oleh para tim peneliti universitas Chicago melakukan sesuatu luar biasa dengan menciptakan portable hands yang bisa merasakan sentuhan karena adanya sinyal elektrik yang dikirimkan ke bagian otak manusia, yang memberitahukan bahwa portable hands merupakan bagian dari tubuh. Dan bagi mereka yang menggunakan portable hands, ini merupakan sesuatu yang luar biasa.

3. Mata Artifisial

Kita sudah lama menemukan cara bagi tuna rungu untuk kembali mendapatkan pendengaran mereka, namun memberikan penglihatan untuk mereka yang buta hampir mustahil bagi para ilmuwan.

Namun, tim ilmuwan Cornell Medical School menemukan cara untuk mengembalikan penglihatan mereka yang mengalami kebutaan menggunakan retina buatan dengan lebih dulu mengujinya pada tikus.

Mereka juga berharap agar penelitian mereka bisa memberikan hasil untuk tahap berikutnya yaitu dengan menggunakan monyet. Hal ini dikarenakan kedua retina monyet dan manusia memiliki persamaan.

4. Petri Dish untuk Jantung

Sekitar lebih dari 50 tahun setelah kasus transplantasi pertama berhasil, tim peneliti University of Pittsburgh menemukan cara untuk meniru jaringan jantung yang bisa berdetak sendiri.

Mereka membuat sel spesial yang bertindak sebagai precursor atau materi bagi jaringan jantung; jaringan ini dibuat dengan bantuan 3D model dari jantung tikus.

Sel spesial tersebut mampu berkembang didalam otot jantung dalam waktu 20 hari, dengan detakan sekitar 40-50 detakan per menit.

5. Miniature Otak

Sci-fi novel, itu yang bisa menggambarkan penemuan-penemuan luar biasa yang disebutkan sebelumnya, termasuk penemuan yang satu ini. Pada tahun 2013 lalu, para peniliti Austria menciptakan otak manusia dengan menanamkan sejenis cell yang sama seperti yang ditemukan pada otak bayi berusia 9 minggu.

Sayangnya, otak buatan tersebut hanya bertahan selama dua bulan dikarenakan kurangnya supply darah. Ditambah sel otak yang dibentuk belum bisa sepenuhnya.menjalankan fungsinya sebagai otak, namun penemuan ini sangat membantu para peniliti untuk mempelajari penyakit langka.

Walaupun penemuan-penemuan tersebut diatas masih belum mampu menggantikan fungsinya secara sempurna namun setidaknya dengan adanya penemuan bagian-bagian tubuh buatan tersebut setidaknya membantu orang-orang yang kehilangan anggota tubuh untuk menjalani hidupnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment