7 Pantai Terindah di Maluku yang Jangan Sampai Terlewatkan

Pantai Terindah di Maluku – Sebagai wilayah Kepulauan, Maluku memiliki kekayaan alam berupa pantai dan perairan yang kaya dengan sumber ikan dan terumbu karang. bahkan menteri kelautan dan perikanan menobatkan provinsi ini sebagai lumbung ikan nasional 2030.

Pantai Terindah di Maluku

Mari telusuri bersama kekayaan pantai dan laut yang ada di Maluku.

Bagi para pengunjung yang datang dari luar Provinsi Maluku, dapat Mencapai Provinsi ini melalui dua jalur.

  • Jalur Udara

Jalur transportasi udara dapat dilakukan melalui kota – kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

  • Jalur Laut

Jalur Transportasi laut dapat dilakukan dengan menggunakan kapal dari kota – kota besar seperti jakarta dan Surabaya.

Teluk Ambon

Kota Ambon terletak di pulau Ambon. kota ini merupakan ibukota provinsi maluku. Kota Ambon merupakan pintu masuk bagi para pengunjung yang datang dari luar provinsi Maluku.

Teluk Ambon adalah tempat dimana pelabuhan Yos Sudarso berada. semua pengunjung Kota Ambon yang berasal dari luar Provinsi Maluku mendarat di pelabuhan ini.

Teluk Ambon juga berfungsi sebagai wilayah konservasi pantai yang di tandai oleh tumbuhnya hutan bakau di sekitar teluk tersebut.

Letak Teluk Ambon adalah sejauh 3 Km dari pusat kota Ambon, dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor atau angkutan umum.

Pantai Pintu Kota

Terletak 15 – 16 Km dari kota Ambon, dapat dicapai dengan kendaraan bermotor selama 30 menit. terdapat dinding batu karang yang berlubang di tepi pantai tersebut.

Pantai Indah di Kabupaten Maluku Tengah

Kabupaten Maluku Tengah menempati wilayah pulau Seram (kecamatan Amahai dan tehoru, serta kota Masohi), wilayah Pulau Ambon (kecamatan Leihitu dan Salahutu) dan kepulauan Banda. Ibukota kabupaten Maluku Tengah adalah Masohi.

Pantai Natsepa

Pantai Natsepa terletak di teluk Baguala, Pulau Ambon. Tepatnya di Desa Suli, Kecamtan Salahutu, kabupaten Maluku Tengah.

Pantai yang lebar dan Landai serta pasirnya yang putih, merupakan sarana warga Kota Ambon untuk berlibur.

Jarak Pantai Natsepa dari pusat kota Ambon adalah sejauh 18 Km yang dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan bermotor baik angkutan umum maupun pribadi.

terdapat Penjaja makanan khas maluku, yaitu Rujak Natsepa atau rujak suli yang dijual dengan harga Rp. 5.000 per porsi.

Pantai Hunimua atau Pantai Liang

Pantai Hunimua terletak di desa liang, kabupaten Maluku Tengah. Pantai ini dinobatkan sebagai peringkat pertama pantai – pantai indah di Indonesia versi badan PBB, UNDP di tahun 1990.

Keindahan pantai ini terletak pada kekayaan potensi bawah lautnya, yaitu terumbu karang yang berlokasi 50 m dari tepi pantai.

Pantai Hunimua atau pantai Liang berjarak 56 Km dari kota Ambon, atau 10 – 12 Km dari pantai Natsepa. Pantai tersebut dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan bermotor.

perjalanan memakan waktu 1,5 jam dari kota Ambon atau 15 menit dari pantai Natsepa. jalan yang dilewati cukup berkelok – kelok, namun keadaan badan jalan berada dalam kondisi baik.

Pantai Pombo atau Pulau Burung

Pulau Pombo terletak di antara Pulau Ambon dan Pulau Haruku. secara administratif, pulau Pombo termasuk dalam kecamatan Salahutu, kabupaten Maluku Tengah.

Pantai ini di tetapkan oleh pemerintah sebagai wilayah konversi atau cagar alam disebabkan oleh potensi kekayaan biodiversitas fauna dan flora yang terdapat di pulau ini, mulai dari terumbu karang hingga tumbuhan dan satwa yang ada. Di pulau ini terdapat spesies burung yang endemik hanya menepati pulau ini, yaitu burung Pombo (Ducula bicolor).

Untuk mencapai pulau ini dapat menggunakan speedboat dari pantai Hunimua, desa liang atau Tulehu atau dari desa waai, dengan biaya sewa Rp. 250.000. waktu tempuh dengan speedboat sekitar 15 – 30 menit, tergantung pada kondisi cuaca.

Pantai Kuako

Pantai Kuako terletak di desa Soahuku, kecamatan Amahai di Pulau Seram. Pantai yang berair jernih dan berpasir putih ini memiliki keindahan bawah laut yang mengagumkan.

Bagi mereka yang senang menyelam, tentu tak akan melewatkan untuk mengeksplorasi keindahan hamparan terumbu karang di perairan Pantai Kuako.

Untuk mencapai pantai ini, dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat dari pelabuhan Tulehu di pulau amabon menuju pelabuhan Amahai selama 2 jam. dari kota Ambon menuju Tulehu memakan waktu selama 30 menit.

Pantai di Kabupaten Buru

Wilayah Kabupaten Buru terletak sebagian besar di Pulau Buru. Mendengar kata – kata Pulau Buru, mengingatkan kita kepada sebuah tempat pengasingan sastrawan terkenal Pramoedya Ananta Toer.

sebagai pulau yang kerap dijuluki sebagai tempat pengasingan tahanan politik pada Zaman Orde Lama, pulau ini memiliki kekayaan alam yang sangat mengagumkan.

Salah satu kekayaan alam yang menarik di pulau ini adalah pantai – pantainya yang masih sangat alami.

Pantai Jikumarasa

Dalam perjalanan menuju pantai ini, Anda dapat menyaksikan pemandangan rumah – rumah tradisional masyarakat pulau buru yang diselingi oleh pohon – pohon kelapa yang melambai kala tertiup angin, seakan mengucapkan selamat datang kepada pengunjung.

Pantai Jikumarasa merupakan pantai berpasir puth yang terletak di kecamatan Namlea. pantai terindah di Pulau Buru ini memiliki garis pantai sejauh 3 Km, dihiasi dengan jajaran bukit hijau dan perkampungan nelayan sebagai latar belakangnya.

Di tengah laut, Anda dapat menyaksikan perahu – perahu nelayan yang melaut atau bagan – bagan tempat nelayan bermalam untuk memancing ikan.

Anda juga dapat melakukan snorkling untuk menyaksikan keindahan bawah laut Pantai Jikumarasa. Namun, tidak ada tempat persewaan snorkling, sehingga Anda harus membawa perlengkapan snorkling sendiri.

Untuk menuju pantai ini, dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor dari pusat kota Namlea. tepatnya, sejauh 15 Km ke sebelah barat kota Namlea, dengan waktu tempuh selama 30 menit.

Sedangkan untuk mencapai Namlea, Anda dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan kapal laut dari Kota Ambon, Maluku dengan waktu selam 6 jam.

Terdapat naungan terbuat dari kayu dan beratapkan pelepah daun sebagai tempat duduk dan bersantai. Juga terdapat beberapa penjaja makanan, yaitu rujak dan air kelapa muda.

Pulau Tumaho

Pulau Tumaho terletak sejauh 160 Km ke arah Baratdari pusat kota Namlea, tepatnya di desa Nanali, kecamatan kepala Madan.

pulau ini di kelilingi oleh pasir putih serta keindahan terumbu karang di perairan sekitar. pengunjung dapat melakukan olahraga selam di wilayah perairan Pulau Tumaho ini.

Pantai ini juga cocok bagi mereka yang senang menikmati pemandangan matahari terbenam.

Anda juga dapat melihat Gunung Kapalamadan dengan ketinggian 2490 mdpl di tengah laut, dan merupakan pulau tertinggi di wilayah Pulau Buru.

Untuk mencapai Pulau Tumaho, terdapat dua cara :

  1. Rute Namlea – desa air Buaya – Pulau Tumaho, yaitu menggunakan kendaraan bermotor menuju desa air buaya yang terletak 90 Km dari kota Namlea. waktu 2 jam. setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menyewa speedboat masyarakat lokal dengan harga Rp 700.000 (pp). dengan melalui rute ini, Anda bisa mampir ke pantai Jikumarasa dan telaga Namniwei di desa Waeperang.
  2. Rute Namlea – Pulau Tumaho, yaitu menggunakan speedboat langsung dari pelabuhan Namlea menuju Pulau Tumaho dengan jarak tempuh 6 jam, serta biaya Rp. 100.000 sekali jalan.

Kabupaten Maluku Tenggara

Kabupaten Maluku Tenggara beribu kota di Tual. Kabupaten Maluku Tenggara terdiri dari kepulauan kei kecil dan pulau kei besar.

Pulau Ngurbloat

Pantai Ngurbloat adalah pantai yang terletak di desa Ngilngof, kecamatan Langgur, kabupaten Maluku Tenggara. Posisinya berada disisi barat pulau kei kecil.

Kata Ngurbloat yang berarti pasir panjang dalam bahasa kei, adalah nama yang cocok diberikan pada pantai berpasir putih dengan garis pantai yang panjangnya sejauh 5 Km itu.

Pantai ini memberikan ketenangan tersendiri bagi para pengunjungnya, terutama dalam menikmati siluet matahari terbenam di sore hari.

Pantai ini berjarak 17 Km dari Bandara Dumatubun, kota Langgur atau 20 Km dari pelabuhan kapal laut, kota Tual. Untuk menuju pantai Ngilngof dapat di capai dengan cara :

  • Transportasi Udara

Jalur transportasi udara untuk menuju kota langgur adalah menggunakan penerbangan menuju bandara Dumatubun di langgur.

pernerbangan Ambon – Langgur memakan waktu 1,5 jam. perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan bermotor menuju pantai ngilngof selama 15 menit.

  • Transportasi Laut

Jalur transportasi laut dicapai dengan menggunakan kapal laut dari Ambon menuju Tual dengan total waktu perjalanan selama 20 jam, termasuk 2 jam singgah di pulau Bandaneira.

Perjalanan dengan kapal dari Ambon ke Tual danya dilakukan selama 1 kali dalam seminggu. dari Tual, Anda dapat menggunakan kendaraan langsung menuju Pantai Ngilngof melewati kota Langgur.

Gimana Anda Pantai Terindah di Maluku ? Menarik kan ! Jika Anda berlibur ke Maluku jangan lewatkan pantai – pantai yang indah dan sayang untuk dilewatkan.

Leave a Comment