9 Jenis Olahraga Paling Ekstrim dan Berbahaya Di Dunia

Posted on

Olahraga Ekstrim Definisi olahraga secara umum adalah salah satu kegiatan fisik maupun psikis yang dilakukan seseorang dengan tujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh orang tersebut.

Olahraga memiliki banyak sekali jenisnya, ada yang dilakukan berkelompok, ada yang dilakukan sendiri. Setiap jenis olahraga yang dilakukan sebenarnya memiliki resiko, tergantung dari seberapa ekstrim jenis olahraga yang dilakukan.

Ada banyak olahraga ekstrim dan keras yang sangat menguji nyali siapa saja yang melakukannya.

Meskipun ekstrim dan memiliki resiko tinggi mengalami kecelakaan dan cidera, namun banyak yang berminat melakukannya. Berikut beberapa olahraga ekstrim tersebut.

1. Elevator Surfing

jenis olahraga paling ekstrim dan berbahaya di dunia
www.vocativ.com

Elevator surfing merupakan olahraga yang tergolong ilegal dan tidak sedikit orang yang menjadi korban. Olahraga ini biasa dilakukan di lift gedung yang tinggi, seperti gedung pencakar langit.

Dalam olahraga ini tidak ada perlengkapan khusus, yang dibutuhkan hanya kekuatan fisik, sepatu olahraga biasa dan kenekatan.

Cara melakukan olahraga ini adalah dengan melompat dari atas ruang lift ke atas ruang lift lainnya ketika 2 lift sedang bergerak.

Saat lift mulai berjalan naik-turun, maka para surfer melakukan aksinya dengan melompat diantara kedua lift tersebut.

Resiko olahraga ini sangat tinggi, para surfer bisa saja terjatuh dari lift atau tertabrak lift yang sedang bergerak.

2. Panjat Tebing

jenis olahraga paling ekstrim dan berbahaya di dunia
www.therockclimber.org

Panjat tebing atau rock climbing adalah salah satu olahraga alam bebas dan termasuk dalam olahraga ekstrim.

Olahraga ini termasuk bagian dari mendaki gunung, namun tidak bisa dilakukan dengan berjalan kaki melainkan harus menggunakan perlengkapan dan teknik-teknik khusus dalam melewatinya.

Olahraga ini menuntut kekuatan fisik, mental dan konsentrasi yang tingg. Selain itu dalam olahraga ini, kekuatan tangan dan kaki, kelincahan, daya tahan, keseimbangan, dan perhitungan dari pemanjat tebing akan sangat diuji.

Seorang pemanjat tebing dituntut untuk membekali diri dengan fisik yang baik dan pengetahuan yang mumpuni tentang teknik-teknik memanjat dan penggunaan peralatan yang tepat dan sesuai.

Sangat banyak rute panjat tebing yang bisa dipilih di seluruh dunia, dan setiap rute tersebut memiliki tingkat kesulitan dan tingkat resikonya masing-masing.

Resiko dari olahraga ini sangat banyak, mulai dari luka gores hingga kematian akibat terjatuh.

3. Base Jumping

jenis olahraga paling ekstrim dan berbahaya di dunia
www.wisegeek.org

Base jumping merupakan salah satu olahraga paling berbahaya di dunia. Di beberapa Negara, base jumping dianggap sebagai olahraga yang ilegal untuk dilakukan.

Olahraga ini, pada dasarnya hampir mirip dengan terjun payung. Namun yang membedakannya adalah waktu pendaratannya.

Pada olahraga base jumping memiliki waktu pendaratan yang lebih singkat, sehingga resiko gagal menjadi lebih besar.

Jumper adalah sebutan untuk atlet base jumping. Dalam pelaksanaannya, jumper menjatuhkan diri dari salah satu struktur base (building, antenna, span, earth).

Saat jumper menjatuhkan diri, maka dia harus membentangkan parasutnya dengan sempurna sebelum mendarat agar pendaratannya aman. Resiko dari olahraga ini adalah kematian.

4. Slacklining

jenis olahraga paling ekstrim dan berbahaya di dunia
play.google.com

Slicklining termasuk dalam olahraga yang menantang dan ekstrim. Olahraga ini sangat menuntut konsentrasi yang tinggi, slackliner (atlet yang melakukan olahraga slacklining) harus berjalan diatas seutas tali niwon webbing yang terikat pada dua tiang tancap.

Tali niwon webbing merupakan tali yang biasa digunakan pada olahraga panjat tebing, dan tali nilon webbing yang dipakai dalam slacklining biasanya berukuran 1 inci.

Olahraga ini bisa dilakukan dimana saja, cukup ikatkan tali nilon webbing pada dua sisi tiang yang bisa berupa apapun di sekitar anda, seperti tiang bendera, batang pohon, tebing dan lain-lain.

Tidak ada batasan tinggi dalam olahraga ini, untuk pemula sebaiknya atur ketinggian sesuai kemampuan.

Namun bagi yang sudah professional biasanya akan mengatur dengan ketinggian yang luar biasa tinggi, sehingga akan semakin menantang. Resiko dari olahraga ini adalah cidera ringan hingga kematian.

5. Street Luging

jenis olahraga paling ekstrim dan berbahaya di dunia
oppositelock.kinja.com

Street luging biasanya dilakukan di jalanan yang rata dan menurun. Olahraga ini menggunakan teknik luncur bebas dari papan street luge yang memiliki bentuk hamper mirip dengan papan olahraga longboard.

Perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga ini adalah papan (biasanya terbuat dari bahan besi, kayu, aluminium, atau serat karbon), baju balap dan sarung tangan yang berbahan dasar kulit.

Dalam pelaksanaannya, luger akan meluncur dijalanan yang menurun dengan kecepatan mencapai 115 km/jam. Resiko dari olahraga ini mulai dari lecet, patah tulang hingga kematian karena terhempas dengan kecepatan 115 km/jam.

6. Bull Riding (Rodeo)

jenis olahraga paling ekstrim dan berbahaya di dunia
www.wallpaperup.com

Olahraga ini sangat berbahaya karena yang akan dijadikan tunggangan adalah seekor banteng besar yang mengamuk.

Dalam Bull Riding atau biasa disebut Rodeo, para bull rider harus bertahan diatas punggung sang banteng yang mengamuk selama mungkin.

Banteng tersebut pastinya akan terus mencoba untuk melontarkan dan menghempaskan bull rider dari punggungnya, sementara bull rider harus berpegangan pada tali kendali hanya dengan satu tangan.

Resiko dari olahraga berbahaya ini adalah cidera ringan maupun berat akibar serudukan dan injakan dari banteng. Bahkan jika tidak beruntung maka resikonya adalah berujung pada kematian.

7. Parkour

jenis olahraga paling ekstrim dan berbahaya di dunia
www.scmp.com

Olahraga parkour termasuk berbahaya namun sangat banyak peminatnya. Tujuan dari parkour adalah berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara efektif, efisien dan cepat dengan menggunakan kemampuan tubuh atau badan manusia.

Dalam melakukan aksinya, para atlet parkour harus berlari, salto, melompat, berguling dan berbagai macam gerakan lainnya. Resiko dari olahraga ini sangat banyak dari luka ringan, gegar tak, patah tulang hingga kematian.

8. Wingsuit Flying

jenis olahraga paling ekstrim dan berbahaya di dunia
wallpapercave.com

Manusia tidak bisa terbang secara alami, sehingga diciptakanlah olahraga wingsuit flying yang bisa membuat manusia terbang dari ketinggian dengan menggunakan wingsuit.

Wingsuit adalah sayap buatan yang berbahan dasar parasut, dirancang untuk membuat manusia terbang melayang diudara.

Dalam pelaksanaannya, para penerbang harus berada dalam ketinggian tertentu, lalu menerjunkan diri dan membentangkan sayapnya seperti seekor burung yang melayang di udara.

Wingsuit flying hanya boleh dilakukan oleh skydiver yang sudah melakukan terjun di udara minimal 200 kali. Resiko dari olahraga ini sudah jelas, jika melakukan sedikit kesalahan saja maka akibatnya adalah kematian.

9. Surfing

jenis olahraga paling ekstrim dan berbahaya di dunia
www.surfingindia.net

Surfing atau berselancar termasuk dalam golongan olahraga berbahaya dan ekstrim di dunia karena harus berhadapan dengan dahsyatnya gulungan ombak.

Pada dasarnya, olahraga ini adalah mengayuh kedalam gulungan ombak besar dengan ketinggian minimal 20 meter dan yang biasa dicari oleh para peselancar adalah ombak dengan ketinggian mencapai 100 meter.

Banyak sekali perlombaan atau kompetisi surfing dengan hadiah yang besar. Hadiah besar juga mengundang resiko yang besar dan berbahaya, seperti tenggelam di laut, menabrak karang di dasar laut, terbentur papan seluncur bahkan bisa juga menyebabkan kematian.

Demikian beberapa olahraga paling ekstrim, menantang dan berbahaya di dunia. Dalam melakukan olahraga-olahraga tersebut dibutuhkan perlengkapan khusus, teknik dan kemampuan khusus, serta pengalaman.

Jika ada saran, kritik atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *