Pengertian, Jenis dan Cara Mengobati Jerawat Secara Alami

Obat Jerawat Alami Mempunyai kulit yang sehat, halus, bersih dan bebas dari jerawat adalah salah satu idaman dari setiap wanita saat ini. Kulit yang sehat akan membuat seorang wanita menjadi lebih cantik. Namun, untuk mendapatkan kecantikan tersebut banyak wanita yang memilih untuk menggunakan kosmetik yang mahal.

Padahal faktor dari dalam (internal) sangat mempengaruhi kecantikan seorang wanita. Kecantikan bisa didapat dengan menjaga kesehatan kulit ditambah dengan sifat-sifat baik, seperti senyum, riang dan menghindari setres, maka secara otomatis kecantikan seorang wanita akan terpancar dari wajahnya.

Kulit yang dianggap sehat oleh wanita adalah keadaan kulit yang bebas dari masalah. Masalah pada kulit biasanya karena terdapat flek hitam dan yang paling sering adalah jerawat. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian jerawat dan cara mengatasinya menggunakan obat alami.

Pengertian Jerawat

Jerawat adalah sebuah kata yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat luas. Bahkan, mungkin sebagian besar orang pernah mengalami masalah jerawat pada kulitnya. Ada yang bilang bahwa jerawat merupakan tanda kalau seseorang sudah memasuki usia remaja/puber, atau ada juga yang bilang kalau jerawat adalah tanda kalau seseorang sedang jatuh cinta #eaa. Tapi apa sih sebebnarnya jerawat itu?

Jerawat adalah suatu kondisi dimana pori-pori kulit tersumbat, sehingga menyebabkan timbulnya kantung nanah yang meradang. Penderita dari masalah jerawat ini sangat banyak. Bahkan menurut seorang peneliti yang bernama Kligmann, tidak ada seorangpun di dunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.

Jerawat di sebabkan karena adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Beberapa perubahan hormonal lain yang menyebabkan jerwat adalah masa menstruasi, masa kehamilan, setres dan pemakaian pil KB.

Penyebab lain dari jerawat adalah produksi minyak berlebih, adanya sel kulit mati, bakteri, obat-obatan, pemakaian kosmetik, dan penggunaan telepon genggam.

Jenis-jenis Jerawat

Jerawat mempunyai beberapa jenis, antara lain komedo, jerawat biasa, dan jerawat batu (cystic acne). Berikut sedikit ulasannya.

Komedo

Komedo adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh sekresi berlebih dari kelenjar minyak pada kulit dan disebabkan oleh sel-sel kulit mati. Komedo ini sebenarnya merupakan pori-pori yang tersumbat, dapat terbuka juga dapat tertutup.

Komedo yang terbuka atau blackhead terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Sedangkan komedo tertutup atau whitehead mempunyai kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat, sehingga terlihat seperti sebuah tonjolan kecil berwarna putih.

Jerawat Biasa

Jerawat biasa adalah jenis jerawat yang mudah sekali dikenali, ia nampak seperti sebuah tonjolan kecil berwarna kemerahan atau pink. Jerawat biasa muncul karena pori-pori kulit terinfeksi sebuah bakteri jenis Propionibacterium acne. Bakteri ini dapat menginfeksi kulit melewati kuas make up, waslap, telepon genggam, dan jari tangan.

Jerawat Batu (Crstic acne)

Jerawat batu ini merupakan jenis jerawat yang memiliki ukuran besar dengan peradangan yang hebat dan berkumpul di deluruh muka. Penderita jerawat batu umumnya juga mempunyai keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini.

Obat Jerawat Alami

Adanya jerawat pada wajah seseorang dapat menurunkan tingkat percaya diri dari penderitanya. Oleh karena itu, jerawat dianggap sangat mengganggu dan harus segera diatasi. Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat pada kulit, diantaranya menggunakan sabun pembersih muka, cream penghilang jerawat, atau menggunakan bahan alami.

Saat ini banyak sekali produk-produk penghilang jerawat yang beredar di pasaran, namun terkadang banyak juga diataranya yang menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya, sehingga jerawat tidak sembuh tapi malah semakin parah.

Namun ada juga produk yang aman untuk mengobati jerawat, salah satunya adalah Kangen Water. Obat jerawat alami menggunakan air kangen ini dianggap sangat aman untuk digunakan karena terbuat dari bahan yang tidak berbahaya.

Selain air kangen ada banyak obat-obat alami untuk mengatasi jerawat. Berikut akan dijelaskan tentang obat alami apa saja yang dapat digunakan untuk mengobati dan mengatasi jerawat.

1. Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu obat alami yang manjur untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Cuka apel ini dapat membunuh bakteri penyebab infeksi pada wajah. Sifat basa pada cuk apel sangat baik untuk menyeimbangkan kadar pH pada kulit sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

2. Putih Telur

Putih telur adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat pada kulit. Pada putih telur terkandung protein dan vitamin yang tinggi sehingga bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel kulit mati dengan cepat.

Putih telur juga dipercaya dapat menyerap minyak yang berlebihan, sehingga bakteri menjadi sulit untuk berkembang biak. Untuk mencegah kulit menjadi kering saat pemakaian putih telur, maka usahakan untuk menggunakan pelembab setelahnya.

3. Pepaya

Pepaya adalah salah satu jenis buah yang sangat populer dijadikan sebagai bahan produk-produk kecantikan saat ini. Pepaya dapat diolah sendiri untuk dijadikan sebagai obat alami pencegah jerawat. Pepaya mampu menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit wajah, sehingga dapat membuatnya semakin halus.

Dalam papaya terkandung sebuah enzim yang bernama papain. Papain ini sangat berguna untuk mengurangi peradangan dan mencegah terbentuknya nanah.

4. Kulit Pisang

Kulit pusing termasuk bahan alami yang baik untuk menghilangkan jerawat. Didalam kulit pisang terdapat bahan yang dinamakan luitien, yaitu sebuah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan serta mendorong regenerasi sel-sel kulit baru.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai bahan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya mempunyai sifat antibakteri dan bersifat anti inflamasi. Gel lidah buaya mampu mengatasi dan mengurangi jerawat kemerahan yang sudah membengkak.

6. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat alami. Bawang putih mempunyai sifat antibakteri, sehingga cocok untuk digunakan sebagai obat jerawat.

Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian, jenis-jenis dan cara mengobati jerawat secara alami. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply